Gunakan Skin Care Pada Wajah


Sebelum memulai tutorial make up, ada baiknya jika kamu menyiapkan wajah terlebih dahulu agar lebih proper. Pastikan wajahmu sudah bersih dan dilapisi dengan skin care. Skin care seperti serum, vitamin, dan moisturizer mampu membuat kulit lebih siap dan menjaga agar kulitmu tidak bermasalah setelah ditumpuk bermacam-macam make up dengan berbagai kandungan kimianya. Jangan lupa tunggu hingga skin care meresap ke dalam kulit sebelum mengaplikasikan make up, agar make up lebih menyatu dengan kulit!
source: http://www.precisionskininstitute.com



 

Tahap 1: Primer


Selesai menyiapkan wajahmu dengan rangkaian skin care, kamu bisa mulai tutorial make up yang anti cracking. Tahap pertama, kamu diharuskan menggunakan primer. Jika diperlukan, kamu bisa memakai dua primer sekaligus. Primer berfungsi untuk mengisi pori-pori dan mengontrol minyak berlebih di wajah. Primer juga yang membantu pengaplikasian foundation lebih mulus di wajah. Nah, jika kamu ingin foundation tahan lebih lama, kamu bisa menggunakan primer lainnya di atas primer pertama, namun dengan fungsi yang berbeda. Semisal penggunaan primer di layer pertama kamu menggunakan primer yang berfungsi untuk menciptakan pori-pori wajah lebih rapat dan halus, kemudian di layer kedua kamu menggunakan primer yang memiliki fungsi agar makeup menempel dengan sempurna di wajah.
source: https://www.glossybox.co.uk



 

baca juga

Tahap 2: Pilih Foundation yang Tepat!


Tutorial make up selanjutnya adalah memilih foundation yang tepat sebagai base make up. Ini adalah cara memakai make up yang benar. Jika kulitmu termasuk kulit yang berminyak maka pilih foundation dengan hasil matte dan oil free agar lebih tahan lama di wajah. Jika kamu menginginkan foundation yang tahan lama, jangan memakainya secara berlayer-layer. Foundation yang seperti ini nantinya malah akan cracking, terlebih di area bawah mata. Lebih baik pilih foundation dengan high coverage yang pastinya terkesan seperti make up natural. Sebaiknya, hindari banyak mengaplikasikan foundation di area yang mudah cracking termasuk bawah mata. 

source: https://diypick.com



 

Tahap 3: Concealer


Atau bisa juga kamu menutupi masalah-masalah di kulitmu dengan concealer. Jadi, gak perlu memakai foundation berlapis-lapis hingga kesannya bukan seperti make up natural. Kamu bisa memilih concealer yang shade-nya sedikit lebih terang untuk diaplikasikan di bawah mata. Oh ya, perhatikan juga cara mengaplikasikan concealer di bawah mata agar tidak cracking
  1. Pilih concealer liquid atau cair untuk area bawah mata. 
  2. Cara memakai make up concealer ini juga nggak sembarangan. Pakai concealer dengan cara membuat titik-titik berbentuk segitiga terbalik, kemudian baurkan perlahan dengan jari manis atau sponge.
  3. Jangan terlalu banyak mengaplikasikan concealer di area bawah mata yang banyak lipatan. Kamu bisa menggunakan sisa concealer di sponge untuk menutup area tersebut.
Cara ini tidak akan membuat make up cracking di bawah mata. 
source: https://www.cosmopolitan.com



 

baca juga

Tahap 4: Baking


Para pecinta make up pastinya udah gak asing dengan istilah ini. Baking merupakan teknik menumpuk bedak tabur di area yang rentan cracking dan berminyak, seperti T-zone, dagu, dan bawah mata. Biarkan tumpukan bedak tersebut selama 5-10 menit agar bedak meresap ke dalam kulit, kemudian hapus menggunakan powder brush. Baking bertujuan untuk mengunci foundation dan concealer agar lebih tahan lama dan matte. 

source: https://www.redbookmag.com



 

Tahap 5: Setting Spray


Jika kamu ragu teknik-teknik di atas akan ampuh menangkal crack, kamu bisa menyemprotkan setting spray ke wajahmu, lho! Setting spray ini yang akan menahan foundation, concealer, bedak, serta seluruh make up supaya lebih tahan lama. 
source: http://www.aryzauq.tv/