1. Minum Secangkir Teh

Kandungan antioksidan dalam secangkir teh dapat membantu mengurangi dampak radikal bebas yang disebabkan oleh rokok. Sedangkan jenis teh yang memiliki kandungan antioksidan paling tinggi terdapat pada teh hijau dan teh hitam. Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa perokok yang tidak meminum teh hijau memiliki resiko lebih tinggi terhadap kanker paru-paru.
source: http://www.wellbeing.com.au/article/Features/Body-Health/Herbs-for-weight-loss_694
Anda seorang perokok? Maka catatlah ini. Salah satu manfaat kesehatan yang paling luar biasa dari minum teh adalah kemampuannya untuk mencegah kerusakan paru-paru akibat merokok. Jadi, bila memang Anda seorang perokok, alangkah baiknya bila Anda meningkatkan jumlah teh yang Anda minum setiap hari. Berhenti merokok adalah yang terbaik tetapi juga sulit tentu saja, jadi sementara ini jagalah diri Anda agar tidak sakit.
source: http://dariperempuan.com/7-manfaat-minum-teh/

2. Makanan Tinggi Vitamin C

Makanan tinggi kandungan vitamin C memiliki antioksidan yang tinggi yang baik untuk para perokok. Nikotin yang masuk di dalam tubuh dapat merusak vitamin C dalam tubuh, sehingga para perokok membutuhkan tambahan vitamin C 35 miligram lebih banyak daripada yang bukan perokok.
source: http://www.livestrong.com/article/371357-bodybuilding-breakfast-ideas/
Anda perokok aktif? Itu artinya Anda terus-terusan berhubungan dengan radikal bebas dari bahan yang terkandung dalam rokok. Banyak kemungkinan yang membuktikan jika perokok membutuhkan asupan vitamin C lebih banyak daripada orang normal. Hal ini disebabkan kerja tubuh yang membutuhkan lebih banyak vitamin C untuk terlindungi dari radikal bebas yang sangat besar.
source: https://www.dokterkamu.com/kesehatan/fakta-unik-vitamin-c-dan-kolagen-yang-menarik-untuk-diketahui
Makanan yang mengandung vitamin C tinggi terdapat pada buah-buah citrus (jeruk, lemon), berry (blueberry, cranberry, strawberry, goji berry, dsb), serta brokoli.

3. Makanan Tinggi Vitamin E

Kandungan vitamin E tidak hanya bagus untuk kulit, tapi juga mampu menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh asap rokok. Fungsi vitamin E untuk para perokok ini adalah untuk menyokong fungsi jantung yang rusak akibat nikotin. Makanan yang memiliki kandungan vitamin E tinggi terdapat pada gandum, minyak nabati (minyak gandum, minyak zaitun, minyak canola), buah kiwi, kacang-kacangan (pistachio, kacang mede) dan sayuran berdaun hijau,
source: http://www.worldhealth.net/news/essential-vitamin-brain-health/
Vitamin E menghentikan reaksi berantai radikal bebas dengan efisien. Hal ini karena vitamin E berinteraksi langsung dengan radikal peroksi lemak sehingga kehilangan hidrogennya.
source: http://www.medicinesia.com/kedokteran-dasar/sel-dan-biomolekuler/sistem-respirasi-asam-basa-bioenergetika-dan-toksisitas-oksigen/
Konsumsi vitamin E yang dibutuhkan para perokok adalah sebanyak 100-400 IU per hari.

4. Konsumsi Sayuran Lebih Banyak

Penelitian menunjukkan bahwa perokok seharusnya mengkonsumsi sayuran lebih banyak. Sayur yang mengandung isothiocyanates memiliki fungsi mencegah kanker paru-paru yang disebabkan oleh efek radikal bebas.
source: http://www.womenshealthmag.com/beauty/farm-to-bottle-beauty-products
Sayuran penting yang paling umum dikonsumsi dalam studi Tang adalah brokoli, kubis, dan kol bunga. Mengkonsumsi sayuran ini dalam keadaan mentah lebih baik, karena pemanasan merusak enzim dalam sayuran yang berfungsi mengaktifkan isothiocyanates, kata Tang.
source: http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/sehat_cetak/2008/12/08/232/Brokoli-Kurangi-Risiko-Kanker-Paru

5. Air Putih

Air putih memiliki peran sebagai detoksifikasi. Selain sebagai penghilang dahaga, air putih juga dijadikan sebagai terapi untuk menghilangkan racun-racun di dalam tubuh yang dapat mengakibatkan berbagai macam kanker dalam tubuh.
source: http://www.integrativehealthcare.com/all-about-water/
Air dapat membantu detoksifikasi paru-paru, lendir di paru-paru Anda dibuat sebagian besar dari air. Penggantian air di dalam tubuh menghasilkan selaput lendir yang sehat, konstan hidrasi juga membantu membersihkan tubuh dari racun dan membuat fungsi organ lebih baik. Minum minimal delapan sampai 10 gelas air setiap hari.
source: http://doktersehat.com/cara-membersihkan-paru-paru-perokok/#ixzz3dfeh8QOo
Meskipun para perokok rajin mengkonsumsi makanan dan minuman yang disebutkan di atas, bukan berarti bebas penyakit, lho. Hasil yang lebih efektif sudah pasti adalah dengan menghentikan kebiasaan itu disertai mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi yang akan membantu menghalangi sisa-sisa racun di dalam tubuh.