13. Bajigur

Minuman khas Sunda ini memberikan sensasi hangat di tubuh dari jahe yang digunakan. Memiliki rasa dan aroma yang khas, bajigur banyak disukai oleh berbagai kalangan di seluruh Nusantara. Bahan yang digunakan antara lain jahe yang dibakar, cengkeh, kayu manis, kopi bubuk, serta santan kelapa.
source: https://www.pinterest.com/pin/361976888772417942/

14. Bandrek

Masih dari Sunda, minuman ini sekilas mirip bajigur. Akan tetapi bandrek lebih bening daripada bajigur. Kadang ada pula bandrek yang memiliki potongan kelapa muda dan warna pekat seperti bajigur, namun kepekatan itu berasal dari susu, bukan santan. Bandrek juga tidak menggunakan kopi bubuk seperti bajigur. Bandrek terbuat dari cengkeh, kayu manis, daun pandan, air jahe, dan gula aren.
source: http://www.dapursolo.com/content/menu/resto/minuman/133-bandrek-kelapa

15. Saraba

Beralih ke Sulawesi Selatan, wedang ini adalah minuman hangat khas daerah Makasar. Bahan untuk membuatnya yaitu menggunakan jahe merah, krimer, kuning telur, susu kental manis, dan gula aren.
source: http://hellomakassar.com/sarabba-pedis-yang-dicari-khas-bugis-sulawesi-selatan/
Saraba kerap kali jadi teman asyik ngobrol masyarakat Makassar di malam hari. Tidak hanya dikenal sebagai minuman hangat saja, namun konon katanya saraba dipercaya bisa membangkitkan stamina tubuh yang lesu dan menghilangkan masuk angin. Hmm, mungkin hal ini dikarenakan jahe dan telur yang dipakai saat meracik minuman hangat ini.
source: http://food.detik.com/read/2011/06/27/165718/1669764/482/saraba-yang-bikin-hangat-warga-makasar

16. Teh Talua

Di Padang, Sumatera Barat, juga memiliki minuman wedang khas yang disebut teh talua, lho. Tidak menggunakan bahan jahe, namun hanya berbahan teh, telur, dan sedikit perasan jeruk nipis sudah cukup membuat tubuh terasa hangat.
source: http://lifestyle.okezone.com/read/2013/01/10/488/744080/ke-padang-wajib-coba-teh-talua-balengge
Teh talua yang berkualitas tinggi itu berbentuk 3 (tiga) lenggek (tingkat/lapis) di dalam gelas, lenggek pertama buriah, lenggek kedua berwarna coklatan, dan yang lenggek terakhir warna putih, apa bila ditarok sendok almunium di tengahnya maka sendok itu akan berdiri/tegak menjulang. Di samping rasanya enak teh talua dari ranah minang juga memberikan khasiat untuk menabah energi dan fitalitas.
source: http://www.kompasiana.com/wempi/teh-talua-minuman-para-borjuis-minangkabau_5519b0148133111b7a9de0df

17. Es Wedang Lombok

Membaca namanya, Minasan pasti berpikir minuman ini pasti terasa pedas. Namun ternyata justru tidak pedas sama sekali karena justru hanya meninggalkan rasa plong di tenggorokan.
source: http://www.bebekgombong.com/menu-rumah-tempat-makan-enak-di-jakarta-bebek-goreng-puyuh-goreng/wedamg-jahe-ronde-uwuh-secang-bajigur-kopi-lombok-jakarta/73-wedang-lombok.html
Meski namanya es wedang lombok, minuman ini secara umum tidak terlalu pedas. Sekilas, bahkan kalah pedas dengan wedang jahe. Namun cabe yang menjadi sajian utamanya tentunya akan memberikan nuansa lain daripada minuman hangat dan pedas yang lain.
source: https://gudeg.net/id/news/2009/02/4313/Es-Wedang-Lombok-Hangat-dan-Tak-Pedas-.html#.VYTs7fkirIU

18. Wedang Cor

Di Jember, Jawa Timur, minuman hangat yang disebut wedang cor menjadi minuman hangat khas kota tersebut. Minuman hangat ini terbuat dari air jahe, susu, dan tambahan tape ketan yang legit. Hasilnya? Rasa asam dari tape ketan berkurang karena susunya dan memberikan sensasi hangat di tubuh dari jahe sehingga menjadi favorit saat cuaca dingin di malam hari.
source: http://www.andrelanjalan.com/2012/10/21/jember-itu-ya-wedang-cor/
Kata cor mengarah pada adukan semen dan batu untuk bahan bangunan. Lantas kenapa dinamakan wedang cor? Nama itu sebetulnya berasal dari para pembeli yang bercanda. Menurut mereka karena bahannya dicampur dan diaduk jadi satu seperti orang mengecor.
source: http://kabarinews.com/ngecor-yuk/37261
Itulah aneka ragam sajian minuman hangat atau wedang yang ada di Nusantara. Harganya sangat terjangkau dan memberikan sensasi hangat di tubuh kita. Jika Minasan berencana liburan di beberapa daerah di Indonesia, jangan lupa cicipi minuman hangat khas daerah tersebut, ya. Selamat menikmati!