Sudah banyak makan di saat buka puasa dan sahur tapi masih sembelit? Bukan hanya dari makanan, metabolisme tubuh yang menurun juga menjadi sebab terjadi sembelit pada sebagian besar orang yang berpuasa.
source: http://www.womenshealthmag.com/health/when-its-a-constipation-emergency
SEMBELIT atau konstipasi sering dirasakan oleh mereka yang berpuasa. Gejala ini akan lebih meningkat di awal Ramadhan. Bukan tanpa sebab, jeda waktu antara makan sahur dan berbuka memicu organ dalam saluran pencernaan memiliki waktu istirahat yang sangat lama. Kondisi tersebut akan menyebabkan daerah usus tidak berkontraksi, sehingga menimbulkan sembelit atau gejala susah buang air besar.
source: https://rumahsehatbiohealth.wordpress.com/mengatasi-sembelit-atau-konstipasi-saat-puasa/
Jangan khawatir, Minasan bisa mengatasi sembelit di saat puasa dengan melakukan 5 hal di bawah ini:

1. Banyak Minum Air Putih

Di saat buka hingga sahur, Minasan mungkin lupa meminum banyak air putih karena merasa sudah kenyang dengan takjil dan makanan yang berlimpah. Tapi minum air putih 8-9 gelas setiap hari selama puasa adalah wajib!
Tetap perhatikan asupan air dalam tubuh Anda. Cukupnya konsumsi air, terlebih air putih akan membuat usus tetap berkontraksi dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.
source: https://rumahsehatbiohealth.wordpress.com/mengatasi-sembelit-atau-konstipasi-saat-puasa/
source: http://forum.detik.com/meninggal-karena-terlalu-banyak-minum-air-putih-t714266.html

2. Perbanyak Buah dan Sayuran Berserat

Penyebab sembelit yang utama adalah kurangnya serat. Walaupun minum air cukup, sembelit tetap akan datang jika Minasan tidak mengkonsumsi serat yang cukup selama berpuasa.
Makanan yang banyak mengandung serat akan sangat membantu Anda terhindar dari konstipasi. Serat banyak terdapat pada buah seperti kol, brokoli, jagung, kacang polong, kacang hijau, serta kacang-kacangan pada umumnya. So, mulai saat ini jangan hanya makan nasi dengan lauk pauk seperti daging atau ikan saja. Pilihlah makanan yang dapat memenuhi kebutuhan serat Anda.
source: https://www.facebook.com/notes/koran-fesbuk/penyebab-terjadinya-sembelit-saat-puasa/10150349327724532
source: http://complete-bodybuilding.com/fiber-for-weight-loss.html

3. Pilih Puding Atau Agar-Agar untuk Takjil

Puding merupkan takjil yang direkomendasikan untuk mencegah sembelit karena terbuat dari rumput laut. Tambahkan vla jika Minasan gemar menyantap puding dengan cara yang manis.
Kalau kurang suka sayuran atau buah, puding dan agar-agar bisa dijadikan solusi. Kebanyakan terbuat dari rumput laut yang selama ini dikenal sebagai sumber serat yang baik. Saat dimakan untuk menu berbuka puasa, makanan ini bisa mengembalikan fungsi pencernaan yang sebelumnya beristiahat.
source: http://sidomi.com/114251/cara-mencegah-sembelit-saat-puasa-ramadhan/
source: http://tvklan.al/puding-me-cokollate/

4. Hindari Kafein Saat Berbuka Maupun Sahur

Apakah Minasan gemar meminum kopi atau teh di saat buka puasa? Sebaiknya kebiasaan itu dihindari selama sembelit karena ternyata kedua minuman ini dapat memperparah sembelit!
Hindari minuman manis seperti teh dan kopi saat sahur. Kopi tersebut mengandung kafein yang bersifat diuretik (menyerap cairan tubuh). Begitu juga tanin yang terkandung pada teh dapat berpotensi memperburuk sembelit.
source: http://www.republika.co.id/berita/ramadhan/shaum-sehat/12/07/27/m7t5iy-sembelit-saat-berpuasa-inilah-tips-pencegahannya
source: https://www.yokeepo.com/2014/07/05/4080-minuman-segar-es-kopi-resep-mudah

5. Selingi Dengan Olahraga Ringan

Di bulan puasa orang-orang cenderung mengurangi bahkan menghapus kegiatan olahraga. Tapi hal itu justru mengakibatkan metabolisme tubuh menurun yang berujung pada sembelit.
Ada baiknya Anda melakukan beberapa gerakan olahraga pada saat menjelang berbuka puasa. Tak harus olahraga berat, beberapa olahraga ringan akan efektif menghindarkan Anda dari sembelit. Kalau Anda tipe orang yang mudah mengeluarkan cairan tubuh (berkeringat), berjalan kaki atau naik turun tangga selama beberapa menit cukup untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh.
source: https://www.facebook.com/notes/koran-fesbuk/penyebab-terjadinya-sembelit-saat-puasa/10150349327724532
source: http://infojakarta.net/olahraga-di-bulan-puasa/
Semoga cara ini dapat mengusir sembelit di saat puasa. Selamat menunaikan ibadah puasa!