Pancake yang dijual di cafe langganan selalu terlihat lebih menarik, lebih lembut dan lebih cantik penampilannya. Bagaimana caranya bisa bikin pancake yang sempurna seperti di cafe, ya?
source: http://lecremedelacrumb.com/2014/12/greek-yogurt-pancakes.html
Tenang, dengan tips dan trik di bawah ini pancake ala cafe pun bisa Minasan bikin sendiri di rumah.

Aduk Adonan, Jatuhkan

Ada trik tersendiri dalam mengaduk adonan agar pancake bisa menjadi lembut. Minasan bisa langsung menggunakan adonan pancake instan yang bisa dibeli di supermarket untuk mempraktekkan trik ini. Hanya tinggal menambahkan susu atau telur sesuai resep yang ditulis pada kemasan.
Anda mungkin pernah mendengar kuncinya terletak pada cara mengaduk yang tidak berlebihan. Tapi orang cenderung mengaduk secara berlebihan. Bayangkan Anda sedang menjatuhkan adonan dari atas, bukan mengaduknya. Berhentilah di saat adonan masih mengental. Biarkan adonan jatuh dari sela-sela mixer.
source: http://cookpad.com/recipe/623417
source: http://cookpad.com/recipe/623417
Angkat, jatuhkan, angkat, jatuhkan. Ulangi proses ini hingga 10-15 kali sampai adonan mengental seperti ini.
source: http://cookpad.com/recipe/623417
Jika adonan yang mengandung tepung terigu diaduk terlalu banyak, kandungan gluten (protein) di dalamnya akan menempel satu sama lain dan membuat adonan tidak berkembang. Jika Minasan menginginkan pancake yang lembut, hindari mengaduk adonan terlalu banyak.

Tambahkan Bahan Rahasia

Tahukah kamu? Dengan menambahkan 1 bahan rahasia, tekstur pancake dapat menjadi lebih lembut dan lebih mengembang. Selain itu rasanya pun lebih enak!
1. Yoghurt
Dalam adonan pancake instan, biasanya sudah ditambahkan baking soda untuk mengembangkan adonan. Baking soda akan bereaksi terhadap asam yang terkandung dalam yoghurt dan menimbulkan busa, sehingga baking soda dapat bekerja lebih efektif dan adonan lebih mengembang.
source: http://www.fcg-r.co.jp/lab/foods/report/140919.html
source: http://www.fitness19.com/plain-yogurt-vs-greek-yogurt-whats-better/
Cukup tambahkan 3 sendok makan plain yoghurt ke dalam 1 bungkus adonan pancake instan. Minasan juga bisa menggunakan Greek yoghurt untuk hasil maksimal.

2. Mayonnaise
Emulsi minyak sayur, cuka dan gluten yang dikandung mayonnaise dapat membuat adonan lebih mudah mengembang dan lebih lembut teksturnya.
source: http://www.fcg-r.co.jp/lab/foods/report/140919.html
source: http://www.magimix.com/int/recipes/Mayonnaise/
Tambahkan 1 1/2 sendok makan mayonnaise ke dalam adonan. Sebaiknya Minasan menggunakan mayonnaise Jepang untuk sentuhan rasa manis yang terkandung di dalamnya.

Teknik Memasak

Selain bahan dan cara mengaduk adonan, teknik memasak pancake juga tidak kalah penting.
Panas yang merata adalah kunci dari teknik memasak pancake sehingga disarankan menggunakan wajan yang terbuat dari besi. Permukaan wajan teflon yang terkelupas akan membuat tekstur pancake menjadi tidak rata, sebaiknya hindari wajan teflon.
source: http://www9.nhk.or.jp/gatten/recipes/R20090318_03.html
source: http://tremani.blog.so-net.ne.jp/2015-03-24
1. Oleskan minyak tipis-tipis secara merata pada wajan. Minasan juga bisa menggunakan kuas atau kertas minyak yang telah dilipat untuk meratakan minyak di atas wajan. Hal ini penting agar warna kecokelatan pada permukaan pancake bisa merata.
source: http://news.livedoor.com/article/detail/7826724/
2. Panaskan wajan dengan api besar selama 1 menit hingga merata, matikan api dan letakkan wajan di atas lap basah untuk mendinginkan wajan.
Cukup dinginkan wajan di atas lap basah selama 1 detik. Gunakan lap berukuran besar yang dapat seluruh bagian bawah permukaan wajan.
source: http://www9.nhk.or.jp/gatten/recipes/R20090318_03.html
source: http://www.d-department.com/jp/shop/tokyo/blog/2013/05/nippon-vision-gallery-54.html
3. Kembalikan wajan dan nyalakan kompor pada api kecil. Tuang adonan sebanyak 1 sendok sayur ke atas wajan hingga dari ketinggian hingga berbentuk bulat. Biarkan selama 3 menit sebelum dibalik.
Saat adonan dibalik, tutup wajan dengan penutup panci untuk mencegah pancake menjadi kurang matang. Teknik ini juga bisa membuat tekstur pancake lebih lembut di bagian dalamnya.
source: http://www9.nhk.or.jp/gatten/recipes/R20090318_03.html
4. Balik dan masak sisi satunya hingga berwarna kecokelatan. Berhati-hatilah agar pancake tidak terlalu gosong saat dimasak. Angkat, pancake siap dihidangkan dengan maple syrup maupun topping kesukaanmu.
source: http://www.thebakerupstairs.com/2014/07/perfect-pancakes.html
Membuat pancake enak ala cafe tidak sulit, kan? Minasan bisa langsung mempraktekkannya untuk sarapan besok! Semoga berhasil.