BIGBANG debut tahun 2006 dengan 5 member yakni, G-Dragon. T.O.P, Taeyang, Daesung, dan Seungri. Dengan lagu berjudul Lies, BIGBANG berhasil meraih kesuksesan mereka dan merajai tangga lagu Korea pada saat itu.
source: http://www.koreaboo.com
Setelah cukup lama vakum, BIGBANG akhirnya merilis album bertajuk Made yang dijadwalkan rilis pada tanggal 1 September. Namun sebelum itu, ada proyek khusus untuk album ini. BIGBANG akan merilis single setiap awal bulan. Dimulai sejak 1 Mei, single akan bertajuk M, diikuti dengan A, lalu D, dan terakhir E.Single Loser dan Bae Bae dari album single M duduk di posisi 1 dan 2 tanggal lagu Billiboard Korea dan mendapat 4,3 juta view dalam sehari.
Selain BIGBANG, SHINee dan EXO pun merilis album di tanggal yang berdekatan. Hasilnya, tiga grup idola ini saling bersaing di acara tangga lagu Korea. Dalam satu kesempatan, BIGBANG, SHINee dan EXO saling berkejaran peringkat di acara musik SBS Inkigayo.
source: http://www.koreaboo.com
Dari segi konsep, BIGBANG, SHINee dan EXO memiliki "taste" yang berbeda. Warna musik mereka pun memiliki ciri khas masing-masing yang tak bisa disamakan satu sama lain. Dalam acara JTBC News Room, GD berkomentar secara jujur mengenai perbedaan antara BIGBANG, SHINee, dan EXO.
source: http://www.sbs.com.au/popasia/blog/2015/06/19/g-dragon-explains-true-difference-between-bigbang-exo-shinee
Pembawa acara menanyakan, "Apa perbedaan antara BIGBANG dan pesaingnya, EXO dan SHINee?" Mendengar pertanyaan ini, GD pun menjawab tanpa ragu, "Kami membuat musik kami sendiri dan lagunya muncul di publik dan mereka menyukainya."
Lalu pembawa acara mengajukan pertanyaan lain, "Tidakkah kamu pikir penggemar grup lain akan marah atas pernyataan ini?" GD pun menjawab, "Mereka bisa saja marah, tapi aku tidak bisa melakukan apa-apa karena itu yang sebenarnya." Ketika pembawa acara mengatakan bahwa GD begitu percaya diri, GD menambahkan "Kami membuat musik kami sendiri."
source: http://www.sbs.com.au
Lalu pembawa acara berkomentar, "Itu terdengar sangat penting, bukan?" Mendengar komentar ini, GD menjawab, "Tidak bisa tidak penting. Aku sebagai musisi, aku tidak akan percaya diri jika aku menerima lagu dari komposer lain karena aku memilih untuk mengekspresikan diriku melalui musik yang aku buat."