Tahu nggak, ladies, jika sebenarnya ada dua jenis eksfoliator yang berbeda? Nggak hanya scrub biasa, eksfoliator terbagi menjadi physical exfoliator dan chemical exfoliator. Physical exfoliator adalah produk exfoliator yang memiliki butiran scrub halus untuk mengangkat sel kulit mati. Sedangkan chemical exfoliator adalah jenis skin care yang mengandung bahan chemical seperti AHAS dan BHAS (hydroxy acid) untuk mengeksfoliasi sel kulit mati di wajah. Well, nggak hanya jenis eksfoliasinya aja yang berbeda, penanganan untuk setiap jenis kulit juga berbeda, lho!

source: http://www.marieclaire.com/


 

Kulit Berminyak

Tipe kulit berminyak ada banyak, lho. Ada kulit berminyak dan berjerawat, kulit berminyak tanpa jerawat, maupun kulit berminyak yang membutuhkan perawatan muka anti-aging. Apapun jenisnya, kulit berminyak bisa menggunakan dua jenis eksfoliator dalam skin care routine. Juga aman memakai exfoliator yang mengandung salicylic, lactic, atau glycolic acid, serta facial scrub dengan butiran scrub kecil, bulat, dan non-plastic. Tapi, tetap harus perhatikan pemakaiannya dan nggak boleh memakai keduanya dalam hari yang sama. Gunakan exfoliator dua kali seminggu agar kulitmu tidak iritasi. 

source: http://www.beautifulskin.com/


 

baca juga

Kulit Normal

Sama seperti kulit berminyak, kulit normal juga sah-sah aja memakai skin care eksfoliator baik physical maupun chemical, terutama bagi kulit normal yang perlu perawatan muka anti aging. Gunakan facial scrub sebanyak dua kali dan chemical exfoliator sebanyak tiga kali seminggu. Sedangkan bagi kulit normal yang agak sensitif namun membutuhkan perawatan anti aging, chemical exfoliator dengan lactic acid sangat cocok dan digunakan tiga kali dalam seminggu. 

source: http://www.101beautysalon.com


 

Kulit Kering


Tipe kulit kering sangat membutuhkan produk skin care yang mengandung konsentrasi AHAS tinggi untuk mengencangkan kulit dari dalam. Nah, tipe kulit kering ini juga aman menggunakan dua jenis eksfoliator dalam skin care routine. Bagi kamu yang memiliki kulit kering serta membutuhkan perawatan anti-aging, bisa memilih chemical exfoliator yang mengandung malic, glycolic atau lactic, serta facial scrub yang memiliki butiran scrub kecil, bulat dan non-plastic. Dengan catatan pemakaian tidak berlangsung di hari yang sama. Aturan pakainya, facial scrub dua kali seminggu dan chemical exfoliator sebanyak tiga kali seminggu. Mudah, kan?

source: https://www.healthline.com/