1. Urat Nadi

Cek pergelangan tangan Minasan di bawah sinar lampu yang terang atau sinar matahari, apakah berwarna hijau atau biru? Jika hijau, maka undertone Minasan adalah 'warm'. Jika biru, maka undertone Minasan adalah 'cool'. Akan tetapi, jika nadi Minasan memiliki percampuran warna hijau dan biru, maka undertone Minasan adalah 'neutral'.
source: https://corporate.target.com/article/2014/04/picking-the-best-foundation-for-your-skin-tone
Beberapa sumber memasukkan warna zaitun sebagai kategori keempat yang terpisah, tetapi sebagian besar menganggap neutral karena memiliki campuran warm dan cool tone.
source: http://multiculturalbeauty.about.com/od/Makeup/a/How-To-Determine-Your-Skin-S-Undertone.htm

2. Warna Pakaian

Berdirilah di depan cermin! Cobalah beberapa warna dan tentukan warna apa saja yang sesuai dengan kulit Minasan. Jika warna yang sesuai adalah jewel tone seperti gold, emerald green, ungu, dan biru, maka undertone kulit Minasan adalah 'cool'. Jika yang sesuai adalah earth tone seperti warna merah, oranye, kuning, atau hijau zaitun, maka undertone kulit Minasan adalah 'warm'. Dan jika semua tone warna pakaian cocok, maka undertone kulit Minasan adalah 'neutral'.
source: http://getfabblog.com/tag/warm-colors/
Setiap warna, kecuali oranye, dapat memiliki tone warm atau cool dengan menambahkan kuning atau biru. INTENSITAS adalah properti akhir. Intensitas warna adalah semua tentang kejenuhan dan kecerahan itu. Mungkin murni dan cerah, dengan sedikit atau tanpa abu-abu yang ditambahkan atau tone. Semakin cerah warna, semakin cepat terlihat. Semakin pudar atau tone warna menurun, lebih lembut dan smokier dan lebih lambat terlihat. Jadi, ketika Anda memilih warna untuk dipakai, jika Anda menemukan properti warna Anda sendiri dan sesuai dengan warna tersebut, Anda akan menemukan bahwa warna itu selaras dengan Anda.
source: http://getfabblog.com/tag/warm-colors/

3. Kertas Putih

Berdirilah di depan cermin, tempelkan kertas putih pada wajah atau di area leher dan dada Minasan. Jika ada tone kuning di wajah Minasan, maka undertone kulit adalah 'warm'. Sedangkan jika muncul tone biru, maka undertone kulit adalah 'cool'.
source: http://wikitiny.com/choose-colors-that-flatter-skin-tone/
Kulit wajah Anda sering memiliki tone kemerahan yang mungkin menyebabkan Anda untuk percaya bahwa tone kulit Anda adalah cool, tapi merah mungkin berasal dari hormon, jika Anda seorang wanita, atau akibat paparan sinar matahari. Karena itu, Anda ingin menggunakan kulit pada tenggorokan dan dada untuk tes ini, tidak di wajah Anda.
source: http://wikitiny.com/choose-colors-that-flatter-skin-tone/

4. Warna Perhiasan

Cara ini sedikit lebih mudah untuk menentukan tone warna apa yang sesuai dengan kulit Minasan. Ambilah perhiasan apapun dengan warna silver dan gold, pakailah, dan tentukan warna yang sesuai dengan kulit Minasan. Apakah warna silver, atau gold?
source: http://www.bustle.com/articles/36375-warm-or-cool-skin-tone-5-questions-to-help-you-determine-your-undertones-so-you-can
Jika Anda terlihat bagus dengan silver, Anda mungkin memiliki undertone 'cool'. Jika Anda terlihat lebih baik dengan warna emas, maka tone Anda adalah 'warm'. Jika Anda terlihat baik dengan keduanya, Anda agaknya 'neutral'.
source: http://multiculturalbeauty.about.com/od/Makeup/a/How-To-Determine-Your-Skin-S-Undertone.htm

5. Warna Mata dan Warna Rambut

Cobalah menentukan undertone kulit Minasan melalui warna mata dan warna rambut. Jika warna mata Minasan adalah cokelat atau warna hazel dengan rambut hitam dengan sedikit tone gold, maka undertone kulit Minasan adalah 'warm'. Jika warnanya biru, hijau, atau abu-abu dengan tone platinum atau silver, maka undertone Minasan adalah 'cool'. Jika warna mata Minasan sulit diidentifikasi, maka bisa jadi itu adalah 'neutral', yang artinya undertone 'warm' atau 'cool' bisa digunakan.
source: http://www.blog.buyhaircaredirect.com/guide-finding-hair-colour-you/
Pertama, kita lihat pada grafik untuk memahami perbedaan antara tone warna rambut cool, neutral dan warm. Hal ini penting ketika memilih warna yang tepat untuk Anda!
source: http://www.blog.buyhaircaredirect.com/guide-finding-hair-colour-you/
Jika Anda mewarnai rambut Anda, dan Anda memiliki warna abu atau platinum, itu adalah tone warna 'cool'. Jika memiliki tone emas atau mahoni, itu adalah tone warna yang 'warm'.
source: http://www.bustle.com/articles/36375-warm-or-cool-skin-tone-5-questions-to-help-you-determine-your-undertones-so-you-can

Daftar Warna-warna Undertone

Setelah melakukan tes sederhana, Minasan bisa memilih dengan mudah warna lipstik, makeup, hingga foundation yang sesuai dengan undertone Minasan. Perhatikan lipstick undertone chart berikut.
source: http://cindyrobsonstyling.com.au/your-colours-warm-cool/
Makeup undertone chart.
source: http://cindyrobsonstyling.com.au/your-colours-warm-cool/
Foundation undertone chart
source: http://www.fhclub.com.my/p/hnv-3ce00010-3ce-glossing-waterful-foundation-nude-beige-#.VXEdO9IirIU
Itulah beberapa cara menentukan undertone kulit Minasan dan menyesuaikan warna makeup dengan undertone. Dengan metode ini, akan membuat riasan Minasan tampak alami dengan warna yang sesuai. Selamat mencoba!