Menjadi seorang fresh graduate artinya kamu masuk ke dalam fase kehidupan baru. Kehidupan sebagai mahasiswa tentunya akan berbeda dengan kehidupan setelah lulus kuliah. Jika biasanya sebagai mahasiswa kita masih mengandalkan uang saku dengan orang tua, sekarang kita harus mengatur keuangan dari penghasilan sendiri. Dan sepeerti yang kita ketahui, hasil kerja dari seorang fresh graduater terkadang tidak sebesar yang dibayangkan.

Mencari kerja memang bukan merupakan hal mudah. Sebagai fresh graduate terkadang kamu harus menjalani pekerjaan dengan upah yang belum terlalu tinggi atau bahkan kamu harus bekerja sebagai seorang freelance yang belum memiliki pekerjaan tetap. Dengan pendapatan yang bisa dibilang masih "pas-pasan", kita harus memenuhi sebuah kebutuhan hidup dan tidak jarang keinginan-keinginan yang sebelumnya tidak dapat diwujudukan ketika masih menjadi mahasiswa.

Nah, supaya kamu berhemat, ini dia 5 life hacks yang wajib kamu terapkan!

Buat Rencana Pengeluaran


Life hacks pertama yang harus kamu terapkan adalah membuat rencana pengeluaran. Mudah sekali memang menghabiskan uang hasil kerja sebulan hanya dalam hitungan hari atau bahkan beberapa jam. Supaya kamu tidak kehilagan kendali, kamu harus membuat perencanaan pengeluaran setiap bulan. Jadi, setelah kamu nemerima gaji, kamu akan tahu untuk apa saja uang tersebut akan kamu pergunakan.

source: http://www.pulse.ng/
baca juga

Tabungan adalah kewajiban


Memabung memang terkadang menjadi hal sulit untuk sebagian orang. Tapi tetap harus kamu tanamkan dalam pikiran bahwa menabung adalah sebuah kewajiban. Setiap bank biasanya memiliki program 'tabungan rencana', dimana setiap bulannya ada jumlah tertentu dalam rekeningmu yang akan didebet otomatis dan masuk dalam 'tabungan rencana' tersebut. Program ini biasanya berlangsung selama satu tahun. Ini merupakan salah satu cara paling ampuh bagi kamu yang kesulitan menyisihkan uang untuk menabung.

source: https://greatperformersacademy.com/

Hindari Hutang


Seberapapun menggiurkannya hutang, lebih baik jangan lakukan. Jika memang kamu sangat menginginkan sesuatu, maka lebih baik untuk menabung terlebih dulu. Terkangang memang sulit untuk untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Maka dari itu, kamu harus berpikir ulang ketika ingin membeli sesuatu. Jangan sampai kamu malah berhutang hanya sekedar untuk memenuhi keinginan.

source: https://gananci.com/
baca juga

Jangan memaksakan diri


Melihat hidup orang lain yang sudah lebih maju mungkin kadang membuat kamu iri. Tapi hati-hati, rasa iri itu bisa menjadi halangan kamu untuk hidup hemat. Setiap orang memiliki kehidupannya masing-masing, kamu tidak perlu menyamakan gaya hidupmu dengan orang lain. Sekali lagi, kamu harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

source: https://www.crestinortodox.ro/

Belajar Investasi


Investasi adalah hal yang harus dipelajari sejak dini. Meskipun hasil dari invetasi terkadang tidak bisa langsung kamu nikmati, tapi waktu yang paling tepat untuk belajar investasi adalah saat ini. Tidak peduli berapa banyak pendapatanmu, kamu harus bisa menyisikannya untuk berinvestasi. Karena pada dasarnya investasi memiliki sangat banyak bentuk dan jalan.

source: http://www.investollo.com/

Itu dia 5 life hacks yang wajib kamu terapkan jika ingin hidup hemat sebagai fresh graduate. Selamat mencoba!