Tidak selamanya kamu akan hidup dengan mengandalkan uang orang tua. Salah satu momen dimana kamu haru mulai belajar mandiri dan menghasilkan uang sendiri yaitu saat akan mulai bekerja atau melepas status sebagai mahasiswa. Di masa-masa inilah kamu sebaiknya sudah mulai belajar dan memahami tanggung jawabmu, salah satunya dengan bisa mengatur uang sendiri. Agar kamu bisa belajar mengatur keuangan dengan lebih baik, terutama untuk anak rantau yang tinggal sendiri di kota besar, ini beberapa life hacks dan trik yang perlu kamu ketahui agar bisa menabung dan mandiri secara finansial.


Beda kota, beda juga rata-rata pendapatan dan biaya hidupnya. Kamu yang akan merantau jauh dari kampung halaman sebaiknya melakukan survei terlebih dahulu dan mengetahui perkiraan biaya hidup di kota yang akan kamu tuju. Bisa saja pengeluaranmu lebih tinggi ataupun lebih rendah, tergantung dari kota yang akan kamu tinggali. Bandingkan juga jumlah pengeluaran dengan jumlah penghasilan agar kamu bisa tetap hidiup nyaman tanpa harus pusing memikirkan kondisi keuangan.

source: https://unsplash.com/@helloquence
baca juga

Agar pengeluaranmu lebih terkontrol dan mudah untuk dilacak, buat anggaran dan catat setiap pengeluaranmu. Mulai dari pengeluaran utama untuk kos, makan, transportasi, hingga pengeluaran untuk asuransi ataupun pulsa  HP, sebaiknya kamu catat semua secara detail. Tidak perlu repot membawa buku catatan untuk ini, kamu juga bisa membuat catatan di HP atau unduh aplikasi pengatur keuangan.

source: https://unsplash.com/@neonbrand
baca juga


Satu hal yang harus kamu pelajari saat akan hidup mandiri yaitu membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Ingin beli baju baru tapi belum gajian? Tahan dulu keinginan belanjamu dan gunakan uangnya untuk hal yang lebih penting, seperti membeli makanan misalnya. Laptop untuk bekerja rusak? Segera prioritaskan dan sisihkan gajimu untuk biaya servis laptop agar kamu pekerjaanmu tidak terganggu. Dengan begini, kamu bisa mengatur mana pengeluaran yang harus didahulkan dan mana pengeluaranyang bisa ditahan.

source: https://unsplash.com/@foulsterr