Tekstur

Perbedaan yang paling terlihat adalah tekstur keduanya. Body lotion memiliki tekstur yang lebih encer sedangkan body butter lebih kental atau bahkan padat seperti butter atau mentega. Hal ini merupakan alasan beberapa body butter lebih sering dijumpai dalam kemasan jar dibanding tube atau botol.
source: http://womenlovebeauty.com/beauty-counter/body-shop-biotherm/24675
Body butter sangat pekat menyerupai mentega. Memiliki bahan dasar yang mengandung lemak seperti kacang-kacangan dan buah-buahan.
source: http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/42384-perbedaan-serta-manfaat-body-lotion-dan-body-butter.html

Pemakaian

Body Lotion :
source: http://www.kawankumagz.com/read/apa-bedanya-body-lotion-body-cream-dan-body-butter
Pelembap ini paling encer karena mengandung air. Jadi formulanya lebih ringan dibandingkan dengan pelembap lainnya. Pilih lotion yang menyerap dengan cepat dan enggak terlalu berminyak. Gunakan pada seluruh tubuh setelah mandi dan setiap saat bila kulit terasa kering.
source: http://www.gadis.co.id/gaya/cantik/pilih.lotion.body.cream.atau.body.butter/001/001/58
Body lotion cocok digunakan pada siang hari atau pagi hari setelah mandi dan sebelum beraktifitas karena daya serapnya yang tinggi. Body lotion juga pas digunakan pada musim panas karena tidak akan membuat kulit terasa lengket.
Body Butter :
source: http://dreawood.com/2015/01/whipping-body-butter-and-making-it-cute/
Body butter cocok buat dioleskan ke bagian kulit yang super kering, kayak sikut, lutut dan tumit. Kita juga bisa memakainya pas malam hari, soalnya body butter bakal menempel pada kulit dan enggak akan menempel ke mana-mana.
source: http://www.kawankumagz.com/read/apa-bedanya-body-lotion-body-cream-dan-body-butter
Saat berada di tempat dengan cuaca yang dingin, body butter cocok digunakan karena kandungannya yang kaya akan pelembab.