Pengguna Instagram sejati pasti sudah hafal dengan semua fitur dari media sosial satu ini, mulai dari fitur utama untuk mengunggah foto lengkap dengan filternya hingga berbagai fitur yang terbilang baru, seperti mengunggah boomerang, menambahkan stiker, hingga yang terakhir yaitu GIF.

Sebelumnya, pengguna Instagram bisa menikmati fitur paling baru dan seru, yaitu menambahkan stiker GIF (stiker yang bergerak-gerak) pada postingan Instagram story. Untuk fitur ini, Instagram bekerjasama dengan salah satu situs penyedia konten GIF yaitu Giphy. Namun dalam beberapa waktu terakhir, fitus GIF ini dihapus dari dalam aplikasi. Apa yang terjadi ya?


Konten yang Tidak Sesuai Aturan


Usut punya usut, ternyata fitur GIF di Instagram sementara dinonaktifkan karena ditemukan konten yang tidak sesuai dengan aturan penggunaan, yaitu konten yang menyinggung ras tertentu. Perwakilan dari Instagram menyatakan bahwa “Konten seperti ini tidak memiliki tempat di Instagram. Kami telah menghentikan integrasi dengan Giphy sampai mereka selesai melakukan investigasi mengenai masalah ini”.

source: https://neow.in


Selain Instagram, Snapchat Turut Menonaktifkan Fitur GIF


Instagram bukanlah satu-satunya media sosial yang mengambil langkah tegas terkait masalah ini. Media sosial Snapchat ternyata juga mengambil langkah serupa untuk menghapus fitur GIF pada platform-nya. Perlu diketahui, Snapchat juga memiliki fitur serupa dan mengintegrasikan aplikasinya dengan Giphy.

Sangat disayangkan bahwa konten negatif seperti ini bisa muncul, mengingat Giphy merupakan salah satu situs penyedia konten GIF yang cukup besar dan lengkap. Perwakilan dari Giphy pun sudah mengeluarkan penjelasan terkait hal ini, yaitu stiker rasis tersebut ternyata muncul akibat bug atau gangguan pada sistem penyaringan konten.

source: https://www.refinery29.com
baca juga


Belum Dipastikan Kapan Fitur Akan Diluncukan Kembali


Hingga saat ini, belum bisa dipastikan kapan fitur GIF ini akan kembali dirilis. Namun tak perlu khawatir Ladies, kamu masih bisa seru-seruan di Instagram dan Snapchat dengan banyak stiker lucu dan filter keren. Nantikan saja kehadiran fitur GIF kembali ya!

source: http://www.pramborsfm.com/