Kamu butuh serat setiap paginya untuk membantumu tetap merasa kenyang dan tetap berenergi. Serat juga pilihan terbaik untuk makan sahur, jadi pastikan kamu memasukkan makanan kaya serat dalam menu sahur, ya :)

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sejenis kacang kedelai, kacang hijau, dan lain sebagainya ini juga mengandung serat yang tinggi dan sangat baik bagi pencernaan. Jenis kacang-kacangan ini baik untuk menunda rasa lapar lebih lama sehingga sering kali disarankan bagi orang yang sedang menjalani diet.
source: http://www.express.co.uk/comment/columnists/dr-rosemary-leonard/416710/Have-I-developed-a-nut-allergy
Protein nabati dari kacang-kacangan itu baik lho untuk tubuh kamu. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung serat, antioksidan, vitamin B, dan zat besi yang bisa bikin kamu kenyang lebih lama dan mengontrol keinginan kamu untuk makan. Katanya sih orang yang makan kacang akan bisa menahan lapar selama 31% lebih lama.
source: http://m.malesbanget.com/2015/06/6-makanan-yang-bisa-bikin-kamu-gak-gampang-lapar-pas-puasa/

Gandum Utuh

Selain sumber serat, gandum utuh juga merupakan sumber karbohidrat kompleks yang stay longer dalam perutmu. Gandum utuh juga merupakan pilihan baik saat kamu sedang diet karena dapat menjaga perutmu kenyang lebih lama.
source: http://www.topinspired.com/top-10-antioxidant-foods/

Brown Rice

Brown rice merupakan jenis beras yang hanya dibuang kulit luar atau gabahnya saja. Sehingga kandungan gizi dalam beras itu sendiri masih utuh. Tak seperti beras putih yang telah kehilangan banyak kandungan gizinya karena proses penggilingan. Brown rice sangat baik bagi pencernaan dan tubuh, terutama dalam menjaga agar kamu tak mudah lapar :D
source: http://shop.honeyville.com/long-grain-brown-rice-50lb.html
Proses penggilingan dan pemolesan padi (sosoh/selip) berbagai varietas sampai menjadi beras berwarna putih ternyata telah menghilangkan sekitar 80% vitamin B1, 70% vitamin B3, 90% vitamin B6, 50% mangan (Mn), 50% fosfor (P), 60% zat besi (Fe), 100% serat, dan asam lemak esensial. Pada akhirnya yang tersisa hanyalah beras berwarna putih bersih dan hanya mengandung karbohidrat saja, padahal seharusnya beras merupakan bahan makanan yang kaya vitamin, mineral, serat, dan asam lemak esensial.
source: https://vionida.wordpress.com/2012/08/10/beras-coklat-brown-rice-atau-beras-pecah-kulit/

Kacang dan Biji-bijian

Jenis kacang seperti kacang tanah, almond, kenari, dan lain sebagainya mengandung serat, lemak baik, dan protein tinggi yang baik bagi tubuh khususnya pencernaan. Biji-bijian termasuk di dalamnya adalah beras alias nasi sebagai sumber karbohidrat, ya.
source: http://bizna.co.ke/new-bean-types-can-tolerate-heat/
Kandungan serat yang tinggi pada kacang tanah sangat baik untuk kelancaran fungsi usus. Kacang tanah bisa membantu menurunkan risiko kanker usus besar dan pembentukan batu empedu.
source: http://kabarimbo.com/manfaat-kacang-tanah-untuk-kesehatan/

Buah-buahan

Selain baik untuk kesehatan tubuh dan kulit, buah sangat kaya akan serat yang baik dalam menjaga perutmu kenyang lebih lama. Jangan salah, bukan hanya karbohidrat seperti nasi saja lho yang bisa membuat perutmu merasa kenyang :)
source: http://www.thenaturesfarmacy.com/can-sugar-derived-from-fruits-increases-the-risk-of-type-2-diabetes/
Sempurnakan sarapan sahur dengan mengonsumsi makanan yang juga mengandung magnesium dan potassium yang bisa Anda temukan pada pisang, jeruk, dan kacang almon. Magnesium membantu tubuh memproduksi energi untuk beraktivitas sepanjang hari.
source: http://www.pesona.co.id/sehat/diet.nutrisi/7.tip.sahur.sehat/002/001/77

Sayuran

Sama seperti buah-buahan, sayuran juga sangat baik bagi kesehatan. Kandungan gizi seperti serat dan vitamin dalam sayuran membuatnya wajib masuk dalam menu makanan apapun, terlebih lagi sahur. Semakin renyah sayuran, maka akan semakin baik karena kandungan seratnya sangat tinggi.
source: http://www.localharvest.org/wrenhaven-farm-M25698
Sayur-sayuran seperti bayam, brokoli, wortel, dan kacang panjang kaya akan serat. Serat tergolong dalam karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna, namun sangat penting untuk menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh. Sayur-sayuran tersebut dapat dijadikan lalap, direbus, dikukus, atau ditumis untuk santapan sahur.
source: http://forum.kompas.com/teras/138863-biar-kuat-puasa-seharian-coba-makan-ini-saat-sahur.html
Jangan lupa lengkapi dengan minum 2 gelas air putih untuk menjaga supaya kamu tak mudah lapar, dehidrasi, dan kelelahan. Air kelapa juga pilihan bagus sebagai pengganti elektrolit. Elektrolit memegan peranan penting dalam keseimbangan cairan tubuh, distribusi oksigen dalam tubuh, dan mencegah gangguan pencernaan.
source: http://articles.mercola.com/sites/articles/archive/2011/11/27/coconut-water-ultimate-rehydrator.aspx
Jika kamu sibuk dan tak sempat menyiapkan makan sahur setiap paginya, lakukan malam hari. Cara praktis adalah dengan memasukkan bahan-bahan siap masak yang akan kalian buat untuk makan sahur dalam kantong-kantong plastik.
source: http://urbanasian.com/lifestyle/2014/07/ramadan-tips-the-best-foods-to-eat-during-suhoor/
Yuk penuhi kebutuhan tubuh saat sahur agar puasamu lancar :D