Sabun Wajah yang Mengandung Minyak

Kandungan minyak terhadap produk perawatan wajah seperti facial wash harus kamu hindari. Minyak seperti petroleum, petrolatum, mineral oil, propylene glycol, parraffin, butylene glycol dan isopropyl alcohol tidak akan bermasalah pada produk seperti lipbalm, tapi tidak untuk facial wash. Mungkin tujuannya memang sebagai pelembap, tapi banyaknya kandungan minyak tersebut justru dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat. Oleh karena itu, tips kecantikan bebas jerawat dan komedo adalah memilih sabun pencuci wajah yang bebas minyak atau yang mengandung minyak nabati alami karena tidak akan menyumbat pori-pori.

 

source: http://spesialisjerawat.net


 

Sabun Wajah yang Mengandung Alkohol

Dalam produk kecantikan, termasuk perawatan wajah alkohol banyak digunakan dan tak terkecuali facial wash. Alkohol dapat membuat produk yang formulanya berat terasa lebih ringan dan membantu kandungan bahan seperti vitamin C dan retinol lebih mudah diserap ke dalam kulit. Meskipun demikian, kandungan alkohol dapat menyebabkan kerusakan jaringan kulit terutama bila kamu memiliki jenis kulit kering atau sensitif. Bahkan eeknya secara langsung bisa menimbulkan rasa gatal dan iritasi. Hindari produk yang mengandung formula seperti SD alcohol, denatured alcohol dan isopropyl alcohol. Pilihlah jenis alcohol seperti cetyl alcohol, cetearyl alcohol dan stearyl alcohol untuk menghindari iritasi berlebih.

 

source: https://cantik.tempo.co


 

baca juga

Sabun Wajah yang mengandung Sodium Lauryl Sulfate

Cara merawat wajah yang benar berikutnya adalah menghindari pemakaian sabun wajah yang mengandung sodium lauryl sulfate. Kenyataannya, kebanyakan produk pembersih wajah yang menghasilkan banyak busa mengandung sodium lauryl sulfate. yang membuat kulit terasa sangat bersih. Bahkan, sabun wajah yang mengandung bahan kimia satu ini juga akan mengangkat minyak alami yang ada pada kulit sehingga menyebabkan kulit terasa kering, kaku, bahkan iritasi dan alergi. Oleh karena itu kamu harus berhati-hati memilih sabun wajah. 

 

source: http://www.alodokter.com


 

Sabun Wajah yang Mengandung Sodium Tallowate atau Cocoate

Pernahkah kamu memakai produk perawatan wajah yang mengandung sodium tallowate atau cocoate? Ternyata kandungan bahan kimia ini bisa membuat kulit kamu menjadi sangat kering, kemerahan dan gatal. Oleh karena itu, selalu perhatikan baik-baik kandungan yang terdapat dalam sabun wajah yang kamu beli ya, Beautynesian!


 

source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Sabun Wajah yang Mengandung Propylene Glycol

Sabun pembersih wajah yang mengandung propylene glycol ternyata juga berbahaya lho! Propylene glycol dapat membuat kulit kamu kemerahan dan bisa juga menyebabkan penyakit dermatitis.

 

source: https://id.pinterest.com


 

Bahan Pengawet atau Paraben

Jika kamu perhatiakn beberapa tips kecantikan dan cara merawat wajah yang benar saat ini selalu menekankan untuk menghindari produk-produk yang mengandung paraben. Bahan pengawet satu ini memang berpotensi memancing alergi dan iritasi pada kulit. Bahkan FDA (Badan pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat) pun kini melarang penggunaan paraben. Namun, kita mungkin sekarang ini masih sulit menghindari skincare seperti sabun wajah yang mengandung bahan pengawet. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia sendiri menentukan penggunaan bahan pengawet paraben yang diperkenankan adalah maksimum 0,4% - 0,8% saja. namun, akan lebih baik lagi jika kamu memilih sabun wajah atau produk perawatan wajah lainnya yang sudah paraben free. 

 

source: https://id.pinterest.com


 

Sabun Wajah yang Comedogens

Tips kecantikan bebas komedo adalah menghindari pemakaian sabun wajah comedogens atau yang mengandung bahan comedogenic yang memang dapat menyebabkan masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Bahan yang termasuk comedogenic misalnya asetat lanolin alcohol, ethylhexyl palmitate, sodium laureth sulfate, dan kalium klorida. Meskipun akan baik-baik saja jika kandungan tersebut masih dalam taraf yang sedang atau wajar, namun sebaiknya kamu menghindari bahan-bahan dengan tingkat comedogenic yang tinggi.

 

source: https://id.pinterest.com


 

Sabun Wajah yang Mengandung Pewangi

Jangan mudah tergiur dengan facial wash yang wangi. Hal ini justru berbahaya karena bahan pewangi bisa saja menyebabkan kulit kering dan iritasi. Beberapa bahkan mengandung bahan pewangi yang sama dengan pewangi detergen. 

 

source: https://id.pinterest.com