1. Setelah Sarapan Pagi

Tubuh manusia pada saat tidur di malam hari mengaktifkan “energy save mode E oleh karena itu metabolisme tubuh mudah meningkat beberapa jam setelah bangun di pagi hari. Makan di pagi hari dapat membantu meningkatkan metabolisme dan yogurt hangat bisa menjadi salah satu menu pilihan untuk sarapan.
source: http://www.101cookbooks.com/archives/pomegranate-yogurt-bowl-recipe.html
Menurut penelitian yang dilakukan industri susu Glico, orang yang mengonsumsi yogurt setelah sarapan pagi memiliki frekuensi buang air besar 1,5 kali lipat lebih tinggi daripada orang yang mengonsumsi yogurt setelah makan malam.
source: http://beauty-matome.net/diet/yogurutodaietto.html
Jadi, bagi kalian yang memiliki masalah sembelit cobalah untuk mengonsumsinya pagi hari setelah sarapan pagi.

2. Sebelum Makan

Metode Diet yang Efektif
Menurut US News, Greek yogurt unggul karena kandungan proteinnya yang lebih tinggi  Ehal ini bisa berfungsi untuk menahan rasa lapar lebih lama.
source: http://mommiesdaily.com/2015/03/18/clean-eating-5-alasan-anda-harus-mencoba-greek-yogurt/
source: http://www.earthtimes.org/green-blogs/green-living/greek-yogurt-whey-12-Jun-13/
Kurangi Resiko Penyakit Diabetes
Mirip dengan keju, yoghurt sangat baik untuk mestabilkan gula darah dan memberikan ekstra kalsium.
source: http://meetdoctor.com/article/camilan-untuk-diabetes
Peneliti dari Inggris meneliti makanan 4.000 orang selama 11 tahun. Mereka menemukan partisipan yang paling banyak mengonsumsi yogurt dapat mengurangi risiko diabetes sebanyak 24 persen dibandingkan mereka yang tidak memakan yogurt.
source: http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/14/02/07/n0lnq1-kurangi-risiko-diabetes-dengan-konsumsi-yogurt
Membantu Penyerapan Nutrisi
Bila dilihat dari waktu aktivasi untuk sistem pencernaan, ada pendapat bahwa waktu terbaik mengkonsumsi yogurt adalah sebelum makan (pagi, siang, atau malam). Hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi yogurt, maka sistem pencernaan kita teraktivasi oleh probiotik dalam yogurt tersebut yang membuat penyerapan nutrisi semakin baik. Dengan penyerapan nutrisi yang baik, maka nutrisi dari makanan yang kita konsumsi akan bisa terserap lebih baik.
source: http://heavenlyblush.com/blog/2011/01/08/adakah-waktu-terbaik-untuk-konsumsi-yogurt/

3. Malam Hari

Kamu bisa dapatkan kulit cantik dengan konsumsi yogurt saat malam hari
Pukul 22:00 malam hingga 02:00 dini hari merupakan “prime time Ebagi usus. Dengan mengonsumsi yogurt setelah makan malam fungsi usus akan meningkat saat “prime time E sehingga kondisi di sekitar usus terjaga dan dapat mendorong untuk buang air besar saat keesokan harinya.
source: http://beauty-matome.net/diet/yogurutodaietto.html
source: http://reclaimingyesterday.com/is-unhealthy-yogurt-making-its-way-into-your-fridge/
Jika kondisi di sekitar usus terjaga dengan baik maka sirkulasi darah pun lancar sehingga dapat membuat kulit cantik dan bersih. Selain itu, pembentukan tulang terjadi saat tidur di malam hari. Jadi, dengan mengonsumsi yogurt tinggi kalsium di malam hari dapat membantu pembentukan tulang yang kuat.
Ada pula pendapat bahwa yogurt baik untuk dikonsumsi pada malam hari sebelum tidur. Hal ini terpaut bukan karena probiotiknya tapi lebih karena yogurt memberikan supplai kalsium yang bisa dicerna dengan lebih mudah oleh sistem pencernaan kita dibandingkan dengan susu.
source: http://heavenlyblush.com/blog/2011/01/08/adakah-waktu-terbaik-untuk-konsumsi-yogurt/
Dengan mengetahui manfaat yang didapat dari mengonsumsi yogurt di waktu-waktu tertentu, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan mendapatkan hasil yang lebih efektif. Selamat mencoba! :)