Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda dapat memicu timbulnya gas berlebih pada lambung. Adanya gas yang berlebihan pada lambung akan memicu gas ini untuk membawa asam lambung ke area di luar lambung, misalnya ke rongga diafragma. Hal ini akan menyebabkan rasa sakit pada area sekitar perut dan dada.
source: http://www.ahlinyaasamlambung.web.id/berikut-ini-5-macam-makanan-yang-membuat-asam-lambung-meningkat/

Hindari Minuman yang Mengandung Kafein

Kopi atau minuman lain yang mengandung kafein dapat memicu produksi asam yang berlebih pada lambung. Jika jumlah asam di lambungmu terlalu banyak, maka akan melukai dinding lambung sehingga menimbulkan rasa sakit. Hal ini juga akan memperparah kondisi sakit maagmu.
source: http://www.extremeupdate.com/blacklist-7-foods-can-not-used-empty-stomach/

Hindari Langsung Tidur Setelah Sahur

Setelah selesai makan sahur, sebaiknya jangan langsung tidur. Dari segi kesehatan, hal ini tidak baik karena makanan yang belum sepenuhnya sampai ke lambung kemungkinan akan kembali naik ke kerongkongan ketika kita merebahkan diri sehingga makanan tidak tercerna dengan baik. Hal ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada dada dan sekitar kerongkongan.
source: http://antsonafarm.blogspot.com/2012/05/dangers-of-sleep-after-eating.html
Jika kita tidur setelah sahur, pada saat bangun bukannya merasa fit, kita justru akan merasa lapar dan haus.

Tidak Makan Terlalu Banyak Saat Berbuka

Pada saat berbuka puasa, jangan langsung menyantap makanan dalam jumlah besar. Makan terlalu banyak saat berbuka puasa hanya akan mengejutkan lambungmu. Tidak menutup kemungkinan hal ini akan menimbulkan rasa sakit juga.
source: http://inspire-nyc.com/top-stories/overeating-during-the-holidays/
Makanlah sedikit demi sedikit secara bertahap. Beri kesempatan pada lambungmu untuk berdaptasi mencerna makanan setelah seharian penuh berpuasa.

Hindari Makanan Asam dan Pedas

Walaupun makanan ini lezat, lebih baik hindari saja. Makanan yang asam dan pedas hanya akan melukai dinding lambung sehingga akan memperparah kondisi lambungmu.
source: http://infosehatonline.com/bahaya-makanan-pedas/

Konsumsi Buah Pisang

Selain baik untuk pencernaan, pisang juga bersifat ramah terhadap lambung. Kandungan Kalium pada pisang mampu menyeimbangkan pH lambung. Selain itu, pisang juga mampu memberikan rasa kenyang. Pas kan buat camilan sehatmu?
source: http://adiraclubmember.com/lima-cara-alami-atasi-sakit-maag.html
Selain mengandung potasium, mineral alkalising dengan nilai pH yang baik untuk menyeimbangkan keasaman tubuh, pisang juga membantu lapisan perut dalam memproduksi lendir yang mengamankan lapisan dalam lambung.
source: http://adiraclubmember.com/lima-cara-alami-atasi-sakit-maag.html
Semoga bermanfaat!