Kemampuan membuat pakaian sendiri merupakan salah satu skill berguna yang bisa kamu pelajari. Selain untuk dipakai sendiri, kamu yang bisa menjahit pakaian juga memiliki kesempatan untuk berbisnis fashion dan membuat label sendiri! Tertarik untuk belajar menjahir? Ketahui dulu langkah-langkah yang perlu kamu lakukan berikut ini.


Belajar Menggambar Pola Pakaian


Langkah pertama dalam proses membuat pakaian tentu saja menggambar model serta pola pakaian. Kamu bisa menggambar model baju wanita terlebih dahulu, kemudian baru memecah model pakaian menjadi beberapa bagian pola yang kemudian akan dijahit dan disatukan. Tak perlu khawatir jika kamu belum bisa menggambar pola pakaian. Kamu bisa belajar dari buku-buku seputar pola jahitan atau menggambar modelnya saja dan kemudian bawa ke tukang jahit.

source: http://myrightstyle.co.uk


Pilih Bahan yang Sesuai


Elemen utama dari sebuah pakaian tak lain adalah bahan. Ada berbagai jenis kain yang bisa kamu pilih untuk dijadikan sebagai bahan pakaian, namun jangan sembarangan memilih ya Ladies! Perhatikan beberapa faktor seperti model baju, jenis baju, hingga pola jahitan agar bisa menentukan bahan terbaik untuk baju buatanmu.


 

source: https://www.pexels.com/@tookapic
baca juga


Bawa ke Tukang Jahit


Sangat baik apabila kamu bsia menjahit dan membuat bajumu sendiri. Namun jika kamu tidak bisa menjahit, jangan ragu untuk meminta bantuan dari jasa konveksi atau tukang jahir. Bawa gambar model atauu pola baju yang sudah kamu buat beserta dengan detail ukuran ke tukang jahit dan jelaskan secara rinci bagaimana model baju yang ingin kamu buat.

source: https://www.pexels.com/@fancycrave-60738


Buat Kesempatan Berbisnis


Berhasil mendesain pola dan membuat bajumu sendiri? Nah Ladies, jadikan kesempatan ini untuk berbisnis! Kamu bisa bekerja sama dengan konveksi dan tukang jahit untuk membuat beberapa model pakaian wanita yang berbeda dan pasarkan baju buatanmu itu. Siapa sangka, nantinya banyak yang suka dan kamu bisa sukses berbisnis di bidang fashion!

source: https://www.pexels.com/@tookapic