1. Kenali Karakteristik Bahan

Hal pertama yang harus kamu tahu untuk dapat merawat hijab dengan lebih baik adalah dengan mengenali jenis dan karakteristik bahan hijab yang rutin kamu gunakan. Cara mengenalinya cukup mudah, yaitu dengan merenggangkan bahan hijab dengan lembut. Jika hijabmu memperlihatkan pori-pori atau serat kain yang besar, seperti misalnya model hijab bahan rajut atau viscose, hindari penggunaan peniti karena peniti memiliki batang jarum yang relatif lebih tebal dibanding pentul. Selain itu, peniti yang memiliki bagian lilitan besi di ujungnya juga berpotensi mengakibatkan serat-serat benang pada hijab tersangkut pada peniti sehingga membuat hijab bolong dan rusak.
 

source: https://www.pinterest.com/


 


2. Sesuaikan Ukuran Jarum

Setelah kamu mengetahui bahan hijab yang rutin kamu gunakan, ada baiknya kamu mencari ukuran jarum yang memang benar-benar sesuai dengan bahan hijab kamu. Misalnya, untuk hijab dengan bahan yang tipis, seperti chiffon, hindarilah penggunaan peniti dengan ukuran yang terlalu besar karena akan membuat lubang pada bagian yang terkena jarum. Hindari juga penggunaan peniti menyemat lipatan yang berlapis karena dapat mengakibatkan lubang lebih banyak.
 

source: https://www.pinterest.com/


 

baca juga


3. Hati-Hati Dalam Memilih Bros

Setelah mencermati jenis bahan serta peniti atau pentul yang digunakan, jangan sampai kamu terlewat pada penggunaan bros yang kamu pilih. Sebagian besar bros memiliki jenis jarum dengan ukuran yang cukup besar. Tidak hanya itu, terkadang besi jarum yang melilit juga sering membuat serat bahan pada hijab tersangkut. 
 

source: https://www.pinterest.com/


 


4. Gunakan Klip Hijab

Terakhir, sebagai salah satu cara aman yang bisa kamu pilih agar penggunaan jarum tidak merusak hijabmu, cobalah untuk menggunakan klip atau magnetic pin untuk memakai hijab. Klip atau pin magnet dapat merekatkan bagian2 hijab, khususnya pada bagian bawah dagu. Tidak hanya aman, desainnya yang manis dan cantik juga akan menambah kesan fashionable pada penampilan hijab modern kamu, lho.
 

source: https://www.pinterest.com/


Nah, itulah beberapa tips untuk merawat hijab kamu agar tidak rusak dan bolong karena jarum. Dijamin, style fashion hijab modern kamu akan tetap terlihat stunning tanpa harus mengorbankan hijab kesayangan kamu.