Perlu kamu ketahui, salah satu tips awet muda buat para wanita ialah dengan menggunakan produk atau mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen, ladies. Kolagen mampu memberikan banyak manfaat buat kulit kamu, seperti membuat kulit menjadi kencang dan halus,  menghilangkan kerutan di wajah, mencerahkan wajah, menyamarkan bekas jerawat, serta sebagai anti aging. Dengan manfaatnya yang oke banget ini, tentunya enggak heran kan jika kolagen dijadikan sebagai tips awet muda, ladies? Nah, kolagen sendiri tidak hanya bisa ditemukan dalam produk skincare, tetapi juga makanan alami yang bisa kamu konsumsi langsung, lho. Apa sajakah itu? So, without any further do, let’s check this out!
 

source: https://www.freepik.com



Kacang-kacangan
Buat kamu yang ingin menghilangkan kerutan di wajah, jangan malas mengonsumsi kacang-kacangan ya. Kacang-kacangan seperti almond, mete, kacang tanah, dan pistachio, dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh kamu, lho. Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsi kacang-kacangan setidaknya 2 sendok makan setiap harinya, ladies.
 

source: https://www.mnn.com
baca juga



Tiram
Walaupun tidak sedikit orang yang alergi dengan makanan ini, faktanya tiram bisa berkontribusi dalam pembentukan kolagen dalam tubuh, lho. Tiram mengandung seng alami yang merupakan salah satu unsur terpenting dalam pembentukan kolagen. Selain itu, tiram juga mengandung vitamin B12, tembaga, dan zat besi, Beautynesian. So, jangan ragu untuk mengonsumsi makanan satu ini jika kamu tidak punya alergi tiram ya!
 

source: http://www.foodandwine.com/



Produk Kedelai
Selain itu, ada pula produk kedelai, lho. Yup, produk kedelai seperti susu kedelai, tahu, dan tempe merupakan makanan yang mengandung kolagen yang tinggi, ladies.
 

source: https://www.splendidtable.org
baca juga



Sayuran Hijau Gelap
Sayuran hijau gelap seperti bayam, pakcoy, dan kangkung, mengandung vitamin C, mineral, dan aktioksidan yang tinggi. Ketiga zat ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh sehingga dapat menyehatkan kulit kamu. Yup, sayuran hijau gelap ini bisa membantu meningkatkan tingkat elastisitas kulit sehingga bisa berperan sebagai anti aging buat kulit wajah kamu, Beautynesian.
 

source: https://www.cooksillustrated.com/



Ubi
Selain manis dan mengeyangkan, ubi juga bisa mendukung proses pembentukan kolagen dalam tubuh, lho. Hal ini dikarenakan vitamin A yang terkandung didalamnya dimana vitamin A ini merupakan salah satu zat yang berperan penting dalam proses produksi kolagen, ladies.
 

source: https://www.cooksillustrated.com



Ikan
Kamu juga sebaiknya mengonsumsi ikan terutama ikan tuna dan salmon, Beautynesian. Kandungan omega 3 dalam jenis ikan ini mampu mencegah kerusakan kolagen dalam tubuh kamu, lho. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi minyak ikan salmon yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuhmu secara maksimal, ladies!
 

source: https://www.washingtonpost.com