Tidak semua minuman baik untuk tubuh, terutama untuk berbuka puasa. Misalnya saja minuman yang terlalu manis, terlalu asam, berkadar alkohol atau soda. Terlebih, kita perlu memperhatikan dampak saat kita banyak mengonsumsi minuman manis saat berbuka puasa. Sama halnya dengan makan dalam porsi besar yang bisa secara drastis menaikkan kadar insulin dalam darah, begitu pula yang terjadi saat kita banyak mengonsumsi minuman yang terlalu manis. Lalu apa minuman yang tepat?

Teh

Teh banyak menjadi suguhan untuk berbuka puasa, baik dihidangkan hangat maupun dingin. Di dalam teh terkandung antioksidan yang bermanfaat untuk antiaging dan menguatkan sistem imun tubuh. Untuk menjadikan teh manis sebagai minuman berbuka puasa tidak ada salahnya kok, karena bisa menggantikan kadar gula tubuh yang hilang. Namun hindari terlalu banyak gula, karena bisa menyebabkan diabetes.
source: https://www.octaviatea.com/teaguide/Images/tea-pocket.jpg&imgrefurl=https://www.octaviatea.com/pages/Tea-Guide-Page-Ten.html&h=289&w=500&tbnid=2ru8okHrRxRh5M:&zoom=1&docid=EPcA06hN63BSGM&ei=Si-BVbPuDeLsmAW_pIKgBQ&tbm=isch&ved=0CCIQMygIMAhqFQoTCLO72Z6nlsYCFWI2pgodP5IAVA
Teh manis saat berbuka bisa mengganti kadar gula yang hilang. Namun Dr. Inayah Budiasti, MS, SPGK, seorang ahli gizi di Jakarta, menyarankan jangan terlalu banyak karena teh justru punya sifat mengurangi cairan tubuh.
source: http://m.bola.viva.co.id/news/read/518494-menakar-manfaat-dan-bahaya-minuman-berbuka-puasa

Air Kelapa

Menurut Dr. Tirta Prawita Sari, MSc, SpGK, spesialis gizi, jika memungkinkan sebaiknya pilihlah air kelapa murni untuk berbuka puasa. Air kelapa murni mengandung elektrolit yang baik untuk tubuh setelah seharian tidak mendapat cukup asupan cairan. Air kelapa yang diminum juga sebaiknya tidak perlu ditambahkan gula pasir, lebih baik yang alami. Jika memang ingin cita rasa yang lebih manis, ada baiknya menggunakan madu atau gula aren sebagai pengganti gula pasir," terang Dr Tirta yang kini aktif sebagai Ketua Yayasan Gema Sadar Gizi
source: http://health.detik.com/read/2013/07/18/145630/2307077/763/minuman-terbaik-untuk-berbuka-puasa-agar-tetap-sehat-menurut-dokter
source: http://www.ecloudtimes.com/wp-content/uploads/2015/02/coconut-water-2.jpg&imgrefurl=http://www.ecloudtimes.com/coconut-water-best-sports-drink/&h=364&w=644&tbnid=1iCkd07ShqO7JM:&zoom=1&docid=t_8BOu_J2QmBBM&ei=iy-BVZ0NhduaBfq_gfAE&tbm=isch&ved=0CAkQMygFMAU4ZGoVChMI3f7KvaeWxgIVha2mCh36XwBO

Kafein

Tak hanya dalam kopi. Kafein juga banyak terkandung dalam teh, cokelat, minuman bersoda, dan minuman penambah energi. Kafein memiliki manfaat yang baik untuk tubuh asalkan dikonsumsi dalam porsi yang tepat. Salah satu manfaatnya bisa meningkatkan adrenalin sehingga membuat kita lebih bersemangat. Namun, kafein juga bersifat diuretik, sehingga membuat kita lebih sering buang air kecil. Jika terlalu banyak mengonsumsi kafein saat bulan puasa, cadangan air pada tubuh bisa lebih cepat berkurang, lho.
source: http://static.guim.co.uk/sys-images/Guardian/Pix/pictures/2013/8/15/1376588619240/Flat-White-Coffee--008.jpg&imgrefurl=http://www.theguardian.com/lifeandstyle/2013/aug/15/coffee-drinkers-risk-death-rate&h=276&w=460&tbnid=otWw6900nP9S9M:&zoom=1&docid=MiBLfobdY9qdWM&ei=si-BVe34Ooe2mwWG34K4Aw&tbm=isch&ved=0CD0QMygbMBtqFQoTCO2Z0tCnlsYCFQfbpgodhq8ANw

Air Putih

1 gelas air putih bisa menjadi salah satu pilihan yang baik untuk berbuka puasa. Terlebih jika kita ingin mengonsumsi hidangan buka puasa yang mengandung banyak gula, seperti kolak atau es buah.
source: http://www.gingerchai.com/wp-content/uploads/2010/11/why-you-should-drink-water.jpg&imgrefurl=http://www.gingerchai.com/2010/11/02/why-you-should-drink-water/&h=406&w=480&tbnid=eaxeHczr0J06xM:&zoom=1&docid=4x2DGaYZPGH7fM&ei=_i-BVa7kGOTFmAXRvpCgBQ&tbm=isch&ved=0CDwQMygaMBpqFQoTCK7bzvSnlsYCFeQipgodUR8EVA