Kulit berjerawat biasanya memiliki beberapa karakteristik yang mirip, seperti berminyak, sensitif, hingga rentan berkomedo, walaupun ada juga kulit acne prone yang kering dan flaky. Apapun jenis kulitmu, sebaiknya kamu menggunakan skin care yang sesuai agar bisa ampuh dalam menangani dan menghilangkan jerawat yang muncul. Sebagai panduan awal, intip beberapa jenis skin care yang bisa kamu pertimbangkan untuk melawan jerawat membandel!

 

Oil dan Foam Cleanser

Kenapa kamu butuh: Kedua produk ini dibutuhkan untuk membersihkan wajah secara maksimal dengan metode double cleansing. Cara ini disarankan untuk kamu yang berjerawat agar kulitmu bisa bersih sempurna dari make up, kotoran, debu, polusi, hingga sisa suncreen yang menempel pada wajah setelah beraktivitas seharian.

Bagaimana cara menggunakannya: Gunakan oil cleanser (atau bisa juga dengan micellar water atau cleansing cream) dengan kapas untuk menghapus seluruh make up, bahkan yang waterproof sekalipun. Lalu, cuci wajah dengan foam cleanser dan bilas dengan air bersih.
source: https://darklipstips.com


Exfoliator (AHA/BHA)

Kenapa kamu butuh: Kulit acne prone yang berminyak cenderung lebih mudah membentuk komedo yang berpotensi menjadi jerawat. Sebaliknya, kulit acne prone yang kering biasanya terlihat kusam karena banyaknya penumpukan sel kulit mati.

Bagaimana cara menggunakannya: Kamu dengan kulit berminyak bisa menggunakan BHA, karena BHA bisa menyerap lebih dalam dan membersihkan pori-pori dari minyak berlebih dan juga komedo. Sedangkan AHA lebih baik digunakan untuk menangani sel kulit mati pada kamu yang berjenis kulit kering. Gunakan AHA/BHA di langkah awal skincare routine-mu sebelum menggunakan toner atau essence.
source: https://supermarketuncle.wordpress.com
baca juga


Acne Pad/Acne Cream/Acne Patch

Kenapa kamu butuh: Dalam melakukan perawatan kulit, jangan lupakan juga perawatan yang memang ditargetkan khusus untuk menangani masalah utama kulitmu: jerawat! Karena produk ini biasanya mengandung bahan-bahan yang memang dikhususkan untuk melawan jerawat, seperti salicylic acid misalnya.

Bagaimana cara menggunakannya: Gunakan acne cream atau acne patch hanya di bagian yang berjerawat agar bisa cepat kering dan sembuh.

source: https://www.blushedlife.com