Pilih Catok yang Bagus

Catokan rambut yang bagus terbuat dari keramik, tourmaline atau titanium. Jangan karena ingin cara meluruskan rambut dengan cepat kamu asal memilih catokan rambut yang memiliki satu suhu tinggi saja, namun pilih yang memiliki beberapa pilihan temperatur sehingga kamu bisa menentukan temperatur yang tepat sesuai tekstur dan ketebalan rambut. Selain itu, pilih catokan rambut dengan kelebaran sekitar 4 cm atau lebih kecil dari itu agar mudah mencapai bagian rambut yang dekat dengan kulit kepala. 

 

source: https://super.mataharimall.com


 

Gunakan Pelindung Rambut

Sebelum melakukan cara meluruskan rambut dengan cepat alangkah baiknya kamu aplikasikan terlebih dahulu pelindung rambut atau heat protector baik dalam bentuk krim, spray atau serum. Gunakan heat protector secukupnya sesuai dengan tipe rambut dan panjangnya. Hal ini untuk meminimalisir kerusakan pada rambut akibat dari alat meluruskan rambut yang kamu pakai.

 
source: https://www.allthingshair.com


 

baca juga

Keringkan Rambut Sebelum Memakai Catokan Rambut

Hal yang sering terjadi, entah karena terburu-buru atau ingin menjadi cara meluruskan rambut dengan cepat, seringkali dijumpai menggunakan alat meluruskan rambut ketika rambut masih dalam keadaan basah. Hal ini justru akan merusak rambut lho, Beautynesian! Rambut yang basah atau setengah kering lebih lemah dan rentan mengalami kerusakan, terutama saat bersentuhan dengan catokan rambut. Sebaiknya biarkan rambut benar-benar kering alami atau keringkan dengan handuk. 

 

source: https://blog.bukalapak.com


 

Setel Pada Temperatur yang Tepat

Sebagai langkah untuk mencegah rambut menjadi rusak, tips lain dalam mencatok rambut adalah dengan menyetel catokan rambut pada suhu terendah yang bisa meluruskan rambut sesuai dengan tipe rambut masing-masing. Jika rambut kamu termasuk halus, maka suhu catokan rambut tidak boleh terlalu tinggi.

Cukup posisikan pada suhu low atau antara 120 - 150 derajat celsius. Untuk rambut yang medium atau rata-rata, gunakan suhu sekitar 150 - 180 derajat celsius. Sedangkan jika rambut kamu sangat tebal atau kasar, sebaiknya gunakan suhu antara 180 - 200 derajat celsius.

 

source: http://istanamurah.com


 

baca juga

Membagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Untuk cara meluruskan rambut dengan cepat menggunakan catokan ambut, sangat dianjurkan untuk membagi rambut menjadi beberapa bagian yang masing-masing memiliki ketebalan sekitar 1,25 - 5 cm. Tarik bagian atas rambut dan mulailah dengan rambut yang berada di bagian bawah. Jangan mencatok rambut dengan mengambil bagian rambut secara acak karena membuat proses meluruskan rambut menjadi lama dan tidak sama tingkat kelurusannya.

 

source: https://lifestyle.okezone.com


 

Hindari Mencatok Berulang-ulang

Hindari mencatok satu bagian secara berulang-ulang karena justru akan membuat rambut kamu rusak. Pada setiap sisi rambut, cukup kamu catok sekali saja. Jangan biarkan alat meluruskan rambut berada pada satu bagian rambut lebih dari 3 - 4 detik karena bisa merusak atau membuat rambut menjadi hangus. 

Setelah selesai dengan rambut di bagian bawah segera lanjutkan pada bagian lapisan rambut di tengah dan kemudian di atas. Namun jika rambut kamu keriting, kemungkinan memang kamu harus melakukannya berulang-ulang sampai lurus. Akan tetapi kamu juga harus memperhatikan tips sebelumnya, yaitu pengaturan suhu yang tepat dan tidak lupa memakai heat protector. 

 

source: http://medan.tribunnews.com


 

Bersihkan Catokan Rambut

Nah, setelah memakai catokan rambut penting juga nih untuk selalu membersihkannya. Biasanya akan banyak kotoran atau residu yang menempel terlebih jika kamu menggunakan pelindung panas pada rambut. Agar tidak menggangu proses pelurusan rambut selanjutnya, lap catokan rambut dengan kain basah saat catokan dalam keadaan mati. Selanjutnya simpan baik-baik ke dalam pouch khusus alat catok agar aman dan tidak mudah kotor. 

 

source: https://id.carousell.com


 

Lakukan Perawatan Rutin

Tips yang tak kalah pentingnya ketika menggunakan catokan rambut adalah perawatan rambut rutin setelah memakai catokan rambut. Agar rambut tetap lembut dan sehat, lakukan perawatan rutin setidaknya seminggu sekali menggunakan masker rambut atau hair spa. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah kok kalau malas ke salon. Sekarang sudah banyak tersedia produk perawatan rambut yang bisa disesuaikan dengan kondisi rambut kamu. 

 

source: https://www.facetofeet.com