1. Angkat Ranselmu

Minasan, siapkan tas ransel yang tidak terlalu berat dan bisa diangkat oleh anak-anak kita. Pastikan juga barang-barang penting bagi mereka sudah masuk. Misalnya saja: popok, tabir surya, makanan ringan, botol air, dan yang lainnya.
source: http://playfullearning.net/2012/05/ten-tips-for-hiking-with-kids-by-helen-olsson/

2. Bawa Makanan dan Minuman yang Cukup

source: http://travel.detik.com/read/2013/03/08/095027/2189239/1382/5-makanan-penting-yang-wajib-dibawa-saat-kemping
Dibandingkan orang dewasa, anak-anak tidak hanya membutuhkan makanan untuk bahan bakar selama perjalanan, tetapi makanan berperan juga sebagai motivasi yang bagus untuk tetap membuat mereka bergerak.
source: http://www.active.com/parenting-and-family/articles/6-tips-for-hiking-with-kids

3. Siapkan Peralatan yang Tepat dan Nyaman

Pilihlah pakaian yang nyaman dan sesuai untuk medan yang akan ditempuh. Pastikan juga kamu dan sang buah hati menggunakan alas kaki yang tepat. Selain itu, Minasan juga bisa mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan selama perjalanan.
source: http://www.makeandtakes.com/10-tips-for-hiking-with-kids

4. Fokus pada Kesenangan, Bukan Jarak

source: http://travelling.perempuan.com/agar-tak-sakit-saat-liburan/
Anak-anak adalah penjelajah alam dan selalu ingin mengambil atau menyentuk segala sesuatu. Ini adalah salah satu hal yang paling baik dari hiking - ada begitu banyak dari alam yang bisa ditemukan dan diperiksa oleh anak-anak - pastikan mereka mempunyai waktu yang cukup untuk mengisi rasa haus mereka akan hal baru.
source: http://wilderness.org/blog/take-your-kids-hiking-10-tips-make-adventure-fun-whole-family

5. Mainkan Permainan Imajiner

Anak-anak akan senang sekali jika diajak melakukan permainan yang menarik. Ajak mereka seolah sedang berpetualang di negeri ajaib, lalu jelajahi alam sekitar.
source: http://www.vemale.com/relationship/keluarga/82628-6-tips-hiking-bersama-anak-anak.html

6. Eksplorasi Daerah Sekitar

Dengan hasrat yang menggebu untuk menemukan hal baru, anak-anak akan dengan mudah tertarik pada apa yang mereka lihat. Tunjukkan pada mereka hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Pastikan juga untuk memberikan pengetahuan kepada mereka tentang apa yang dilihat di sepanjang perjalanan.
source: http://www.makeandtakes.com/10-tips-for-hiking-with-kids

7. Siapkan Jurnal Perjalanan dan Dokumentasi

Untuk memberikan penghargaan atas kerja keras buah hati, Minasan bisa memberikan jurnal perjalanan kepada mereka. Ini berfungsi untuk mengetahui hasrat obeservasi, daya ingat anak serta kemampuan menulis atau mengungkapkan sesuatu. Jangan lupa pula untuk mengambil kenang-kenangan dengan cara berfoto bersama atau mengambil momen-momen spesial selama perjalanan.
source: http://beritaterkini.perpus.web.id/read/read/2015/01/16/406/1093193/lima-alasan-harus-buat-jurnal-perjalanan

8. Istirahat

source: http://travel.detik.com/read/2015/05/28/104324/2927296/1048/kelelahan-saat-naik-gunung-begini-cara-menyiasatinya
Berhentilah untuk istirahat dan minum, melempar batu di danau, atau duduk dekat sungai yang beriak sambil membaca buku bergambar. Misalnya buku: Curious George Goes Camping. Luangkan waktu sejenak untuk mendengarkan suara burung atau menghirup aroma pinus.
source: http://playfullearning.net/2012/05/ten-tips-for-hiking-with-kids-by-helen-olsson/