1. Menggosok Area Mata Terlalu Keras Saat Menghapus Riasan

Kandungan pigmen dalam produk kosmetik merupakan salah satu penyebab kulit wajah yang kusam. Oleh karena itu, pastikan untuk menghapus make up dengan benar agar tidak ada sisa-sisa yang menempel di wajah. Namun kini banyak produk kosmetik yang menawarkan keunggulan seperti waterproof make up yang akhirnya membuat sebagian orang terkadang menggosok kulit wajah terlalu keras untuk menghapusnya.
source: http://www.moderatestyles.com/tips-remove-eye-makeup-properly.html
Kulit di sekitar area mata sangat sensitif maka usahakan bersihkan riasan secara perlahan dan lembut menggunakan eye make up remover.
Saat menghapus make up, lakukanlah dengan lembut dan pelan. Terutama daerah mata yang cenderung sensitif. Anda mungkin bisa saja mengabaikan hal tersebut, tetapi kenyataannya menggosok kulit terlalu keras akan menyebabkan penuaan dini terhadap kulit Anda.
source: http://www.prilly.web.id/kabar/read/read/2015/05/25/194/1154746/kesalahan-ini-sering-dilakukan-saat-hapus-make-up?=utm_source=br
source: http://www.milkteef.com/2013/07/loreal-paris-absolute-make-up-remover.html
Bila menggunakan remover pada area mata, pakailah kapas dan tempatkan pada area mata tersebut sekitar 10-30 detik agar remover bisa lebih meresap ke dalam . Setelah itu, angkat kapas tersebut, hasilnya kotoran dan semua riasan maskara akan mudah terangkat.
source: http://www.prilly.web.id/kabar/read/read/2015/05/25/194/1154746/kesalahan-ini-sering-dilakukan-saat-hapus-make-up?=utm_source=br

2. Kelopak Mata Tertarik Saat Menggunakan Alat Pelentik Bulu Mata

Alat pelentik bulu mata atau eyelash curler sering digunakan oleh para wanita untuk memperoleh tampilan bulu mata yang lentik. Namun ternyata kita harus hati-hati dalam penggunaannya karena dapat mempengaruhi kulit di sekitar mata.
source: http://www.makeuptalk.com/all-about-eyelash-curlers/
Apakah Anda pernah secara tidak sengaja menjepit kelopak mata hingga ikut tertarik ke atas saat melentikkan bulu mata? Jika hal ini dilakukan secara terus menerus dapat menyebabkan kerutan serta perubahan warna kulit di sekitar area mata.
source: http://beauty-matome.net/skin/kusumi-ng.html
Pastikan untuk meletakkan bantalan eyelash curler di antara bulu mata. Untuk mempermudah penggunaannya, tarik kelopak mata ke arah atas dengan bantuan jari yang diletakkan di atas alis. Jepit bulu mata secara perlahan dan jangan terlalu banyak memberikan tekanan.

3. Eye Brush yang Kotor

Bukan hanya spons untuk foundation yang harus dibersihkan, make up brush termasuk eye brush yang digunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow harus dibersihkan secara rutin. Penggunaan eye brush yang kotor dapat menyebabkan iritasi pada kulit sekitar mata.
source: http://www.facetofeet.com/makeup/478/cara-membersihkan-makeup-brush-dengan-mudah-dan-aman
Membersihkan kuas makeup itu penting, super penting. Percuma kuas makeup-mu harganya super mahal tapi tak pernah dibersihkan. Kuas makeup yang kotor justru bisa menimbulkan jerawat dan iritasi pada kulit lho, Fimelova. Oleh karena itu, keep in mind kalau kamu harus rutin membersihkan kuas-kuas makeup kesayanganmu ini.
source: http://www.fimela.com/beauty-health/bersihkan-kuas-makeup-dengan-brush-cleaner-pilihan-1501092.html
Eye brush yang kotor karena tidak pernah dibersihkan dapat mengalami penurunan kualitas sehingga membuat warna eyeshadow susah untuk menempel pada kelopak mata. Hal ini terkadang membuat kita memberikan tekanan saat mengaplikasikan eyeshadow yang tentunya tidak baik bagi kulit di sekitar mata. Jadi, pastikan untuk selalu merawat make up brush dengan baik ya!

4. Sering Mengucek Mata

Bagi kalian yang memiliki kebiasaan mengucek mata saat bangun tidur di pagi hari, sudah saatnya untuk menghentikannya. Kulit di sekitar mata sangat sensitif, oleh karena itu sebisa mungkin hindari untuk menggosok atau mengucek mata.
source: http://www.ci-labo.jp/hay-fever/123/
Selain kurang tidur, lingkar hitam pada mata disebabkan oleh kebiasaan menggosok atau mengucek mata. Karena, kulit di sekitar mata cenderung tipis, hingga lebih sensitif dibandingkan bagian kulit lainnya. - Jeannine Downie, M.D., Dermatologis dan Penulis Buku Berjudul Beautiful Skin of Color
source: http://female.kompas.com/read/2013/09/08/1929593/Tanpa.Disadari.Andalah.Penyebab.Wajah.Tampak.Lebih.Tua
Kebiasaan menggosok mata dapat berakibat pada pecahnya pembuluh darah kecil yang mengelilingi mata Anda. Seiring waktu, hal tersebut dapat memberikan efek bayangan pada penglihatan, dan mata terlihat terlihat lelah.
source: http://halosehat.com/gaya-hidup/gaya-hidup-buruk/11-bahaya-mengucek-mata-dengan-tangan
Mungkin bagi sebagian orang yang sering berada di depan layar komputer sering menggunakan obat mata untuk menyegarkan mata yang kering. Terkadang kita akan mengusap obat mata yang mengalir saat diteteskan ke mata dan hal ini bisa menjadi salah satu penyebab menghitamnya kulit di area mata.
Apakah kamu sering melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas? Ayo stop kebiasaan-kebiasaan buruk mulai sekarang untuk dapatkan mata yang cantik dan cerah!