Bau badan merupakan salah satu topik pribadi dan sensitif yang sepertinya sulit untuk dibicarakan secara langsung. Selain karena takut  orang lain merasa tidak nyaman, topik mengenai bau badan juga sensitif dan jika dibicarakan dengan salah, nantinya malah bisa menimbulkan rasa malu ataupun sakit hati. 

Di sisi lain, bau badan juga sangat mengganggu lingkungan sekitar dan bisa membuat seseorang dikucilkan. Kamu punya teman atau kolega yang memiliki bau badan mengganggu? Yuk bantu mereka dengan trik dan berbagai cara menghilangkan bau badan ini!


Beri Tahu Secara Privat

Saat kamu ingin memberitahu temanmu mengenai masalah bau badannya, pastikan kamu tidak memberitahukannya di depan umum, apalagi dengan suara lantang, agar tidak membuat Ia malu dan menjadi bahan olokan. Ajak Ia untuk berbicara empat mata dan katakan secara halus mengenai masalahnya, atau kamu juga bisa memberitahukannya melalui media lain seperti chat ataupun telepon.

source: https://www.pexels.com/@tirachard-kumtanom


Jika Perlu, Beri Tips dan Masukan

Saat membicarakan masalah ini pun kamu jangan sampai terdengar menghakimi atau memojokkan dirinya. Utarakan pesanmu dengan penuh perhatian, bukan dengan kritikan. Jika diperlukan, kamu juga bisa memberikan tips atau saran tentang bagaimana cara menghilangkan bau ketiak yang efektif.

source: https://www.pexels.com/@kaboompics
baca juga


Yakinkan Bahwa Ia Tidak Dikucilkan dan Dibenci

Setelah mengetahui hal ini, biasanya orang yang memiliki masalah bau badan bisa merasa malu dan takut berhadapan dengan orang lain karena dirinya merasa dijauhi. Kamu di sini juga bisa bertugas sebagai teman baik yang meyakinkan dia bahwa tidak ada orang yang menjauhi atau bahkan membencinya hanya karena masalah bau badan. Lakukan hal ini agar temanmu bisa kembali percaya diri.

source: https://unsplash.com/@priscilladupreez


Jika Tidak Berani Berkata Langsung…

Sulit atau merasa tidak enak untuk membicarakan hal ini secara langsung? Kamu bisa coba teknik memberikan “kode” pada temanmu yang memiliki masalah bau badan. Misalnya, saat sedang mengobrol, kamu bisa mengarahkan pembicaraan mengenai sabun mandi kesukaanmu dan minta Ia mencobanya, atau ajak temanmu ke toko parfum dan belikan Ia sebotol parfum dengan dalih sebagai hadiah ulang tahun.

source: https://www.pexels.com/@valeriya