1. Olahraga Sebelum Berbuka Puasa

Jangan berolahraga saat waktu berbuka masih panjang karena justru akan membuatmu kekurangan cairan dan tubuh makin lemas. Sebaiknya gerakkan badanmu 20-30 menit menjelang adzan maghrib agar Minasan bisa langsung minum air dan makan setelah olahraga selesai. Selain itu, olahraga juga lebih efektif di sore hari lho.
source: http://butohsanfrancisco.net/
Kebugaran tubuh, kecepatan, daya tahan otot dan fleksibilitas tubuh secara keseluruhan lebih tinggi di sore hari dibandingkan pagi hari. Selain itu produksi glikogen yang merupakan sumber energi untuk menggerakkan otot ini cenderung lebih sedikit di pagi hari, karena tubuh tidak mengkonsumsi makanan dalam waktu yang lama di saat tidur. Oleh karena itu tubuh lebih mudah merasa lelah di pagi hari.
source: http://blogs.yahoo.co.jp/anpanpocky/33981575.html

2. Pilih Olahraga Ringan

Lupakan olahraga yang berat dan membebani otot dalam keadaan perut kosong karena tidak baik bagi tubuh dan perkembangan otot. Sebaiknya pilihlah olahraga yang ringan seperti jalan keliling kompleks, bersepeda atau yoga.
source: http://www.radarbangka.co.id/berita/detail/global/20749/yuk-ikut-jalan-sehat-kpu-belitung.html
Hindari olahraga berat seperti lari atau olahraga permainan seperti bola saat puasa. Olahraga berat bisa menguras energi dan membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat sehingga kekurangan cairan.
source: http://www.manfaatpuasa.com/2015/01/cara-olahraga-saat-puasa.html

3. Tunggu 2-3 Jam Setelah Buka Puasa

Jika Minasan ingin pergi ke gym atau melakukan olahraga yang berat, tunggulah 2-3 jam setelah berbuka puasa karena berarti Minasan sudah memiliki asupan energi yang cukup.
source: http://jezebel.com/gym-going-man-knows-exactly-how-to-hit-on-women-at-the-1693036953
Hal ini diperlukan untuk memberi waktu transit bagi makanan di lambung. Setelah sholat taraweh, Anda dapat ngegym sesuai dengan kemampuan Anda. Latihan beban selama 30 hingga 40 menit misalnya.
source: http://www.manfaatpuasa.com/2015/01/cara-olahraga-saat-puasa.html

4. Cukupi Kebutuhan Cairan

Orang yang berpuasa tentu kekurangan cairan tubuh. Jangan lupa untuk tetap mencukupi kebutuhan cairan di saat sahur dan buka puasa . Dengan minum air yang cukup, olahraga selama puasa pun tidak akan menyebabkan tubuh lemas maupun dehidrasi.
source: http://tokoalkes.com/blog/minum-air-pada-saat-makan-ternyata-berbahaya
Saat sahur, lebih sehat meminum air putih untuk menyediakan cadangan cairan selama berpuasa. Perbanyak juga konsumsi buah dan sayur tinggi air seperti semangka atau ketimun. Hindari kopi dan teh terlalu banyak karena bisa sebabkan dehidrasi.
source: https://klinikpengobatanalami.wordpress.com/2013/07/06/tips-sehat-saat-sahur-dan-berbuka-puasa/

5. Pilih Tempat yang Teduh

Di saat olahraga, keringat bercucuran dan kondisi cuaca yang terik dapat membuat tubuh kehilangan lebih banyak cairan. Saat berpuasa, sebaiknya hindari hal ini dengan melakukan olahraga di ruangan yang terlindungi dari sinar dan panas matahari.
source: http://lizklug.com/workshops/
Olahraga yang baik dilakukan saat puasa yaitu olahraga di tempat yang sejuk. Jika olahraga dilakukan di area terbuka, lakukan di bawah pepohonan dan kawasan yang sejuk. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kelelahan dan muncul rasa haus yang berlebih.
source: http://www.manfaatpuasa.com/2015/01/cara-olahraga-saat-puasa.html
Mari kita jaga kondisi tubuh kita dengan berolahraga ringan sambil menjalankan ibadah puasa.