1. Mengurangi Noda Hitam


Tahu, gak, sih? Noda hitam pada wajah adalah salah satu tanda penuaan. Well, cuka apel bisa banget menghilangkan noda hitam di wajah akibat penuaan. Karena di dalam cuka apel, terkandung asam hidroksi yang mampu menghilangkan sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit mati. Kamu hanya perlu membersihkan wajah dengan cuka apel yang sudah dicampur dengan air. 

source: https://www.vivantskincare.com

 

 

2. Mencegah Jerawat


Kulit kita memiliki kadar asam alami. Namun, pemakaian pembersih dan sabun kimia yang bersifat keras mengganggu keasaman alami dan berkurang seiring waktu. Bahan-bahan kimia ini menghancurkan lapisan asam kulit yang merupakan perlindungan terhadap kuman, bakteri, dan polusi. Nah, cuka apel mampu mengambalikan lapisan asam alami ini. Selain itu, cuka apel juga membunuh bakteri dan menghilangkan kelebihan kotoran serta minyak pada wajah. Gak heran, kan, mengapa cuka apel sering diandalkan untuk menjadi pelembab kulit?

source: https://gazettereview.com
baca juga

3. Penyeimbang pH Kulit


Cuka apel sebagai pelembab wajah dapat membantu menjaga pH kulit saat menyeimbangkan kadar minyak di kulit wajah. Biasanya pH kulit terganggu saat kita selesai membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih yang keras. Penting bagi kamu yang merasa wajah sedikit lebih kering ataupun terlalu berminyak agar menggunakan cuka apel sebagai toner untuk mengembalikan kembali pH kulit dan sebagai pelembab wajah. 

source: https://www.elemis.com

4. Produk Anti-Aging


Gak hanya menjadi pelembab wajah alami, cuka apel juga bermanfaat sebagai produk anti-aging yang melawan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan keriput. Mengusapkan area kulit wajah yang mulai terdapat keriput dan garis halus dengan cuka apel yang dituang ke atas kapas akan mengurangi tanda penuaan tersebut. Selain itu, cuka apel juga bisa mengatasi kulit kering yang juga memicu garis halus dan keriput. 

source: https://www.well-beingsecrets.com
baca juga

5. Detox Wajah


Did you know, cuka apel sangat bermanfaat sebagai detox wajah, lho! Nggak cuma mengatasi kulit kering dan menjadi pelembab wajah aja, cuka apel pun mampu menarik racun dari dalam kulit. Nggak heran jika kamu rutin menggunakan cuka apel dalam skin care routine-mu, maka wajahmu akan terlihat lebih bersinar dan segar.

source: https://draxe.com