Meningkatkan Daya Ingat

Sebuah penelitian di City University of New York pada tahun 2010 menemukan bahwa mereka yang memiliki kebiasaan tidur siang memiliki daya ingat yang lebih tajam dibandingkan orang-orang yang tidak memiliki kebiasaan itu. Tetapi hal ini tidak akan terjadi jika Minasan tidur siang sembarangan. Satu hal yang harus diperhatikan adalah waktu atau durasi yang pas untuk mendapatkan manfaat yang tepat. Menurut para peneliti dari Australia, tidur siang selama 10 menit dapat mengurangi kelelahan dan mendongkrak ketajaman otak, untuk setidaknya 2,5 jam. Lalu menggandakan waktu tidur siang dari 10 menit menjadi 20 menit akan meningkatkan reaksi dan performa kita terhadap tugas-tugas yang berhubungan dengan angka. Tapi, ini tidak akan terjadi seketika itu juga, kita akan memerlukan beberapa waktu untuk mendapatkan manfaat ini. Sementara itu, tidur 30 menit akan membuat kita merasa sedikit mengantuk selama 5 menit pertama setelah bangun. Tapi, selanjutnya kita akan merasa lebih segar hingga 90 menit setelahnya.
source: http://www.menshealth.co.id/kesehatan/antar.kita/tidur.siang.daya.ingat.lebih.tajam/004/004/120

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Menurut Andrei Madvedev, PhD dari Georgetown University, walau cuma sejenak, saat tidur siang terjadi banyak hal di otak. Saat tidur siang atau pun kondisi rileks lain seperti meditasi, otak kita tetap aktif namun di bagian yang berbeda dengan cara yang unik. Otak melakukan berbagai perawatan kognitif seperti mengorganisasi dan memroses informasi. Selain itu, tidur siang juga bisa meningkatkan kreativitas.
source: http://health.kompas.com/read/2012/10/19/14044627/Tidur.Siang.Tingkatkan.Produktivitas.Kerja

Mencegah Insomnia

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menegaskan bahwa tidur siang akan membuat penderita insomnia jadi lebih bugar. Ini dikarenakan total waktu istirahatnya jadi lebih panjang.
source: http://intips-kesehatan.blogspot.com/2012/11/manfaat-tidur-siang-sehat.html

Melawan Stres

Menurut kajian para ahli dari Sarah Conklin of Allegheny College di Meadville, Pennsylvania Amerika Serikat, beristirahat setidaknya selama 45 menit pada siang hari dapat membantu menjaga tekanan darah pada level yang lebih rendah meskipun kita akan menghadapi kondisi penuh tekanan. Para peneliti tidak menjelaskan secara detail alasan dibalik pengaruh tidur siang terhadap tensi darah. Namun, mereka menduga, tidur dapat mempercepat pemulihan kondisi jantung pascamomen stress. Temuan mereka mengindikasikan bahwa tidur di siang hari menawarkan manfaat baik bagi kesehatan kardiovaskular dengan mempercepat pemulihan pembuluh darah dan jantung setelah menghadapi pemicu stres.
source: http://health.kompas.com/index.php/read/2011/03/04/15454045/Lawan.Stres.dengan.Tidur.Siang

Menyehatkan Jantung

Tidur siang dan gangguan pembuluh darah memiliki hubungan yang cukup berarti. Fenomena ini dijumpai pada negara yang mayoritas populasinya menjalani rutinitas tidur siang secara berkala, dan hasilnya tingkat kematian karena gangguan pembuluh darah sangat rendah. Begitulah hasil penelitian pimpinan Dr Dimitrios Trichopoulos dari Harvard School of Public Health. Trichopoulos juga menambahkan, meskipun berbagai studi tentang tidur siang kerap dilakukan dengan hasil yang berbeda, namun ada poin penting yang bisa ditarik dari studi ini, yakni: kita jadi mengetahui batas kesehatan dan kemampuan seseorang untuk mengontrol aktivitas fisiknya.
source: http://duniafitnes.com/news/studi-rajin-tidur-siang-sehatkan-jantung.html