Mengunjungi dokter kulit bisa menjadi salah satu solusi ketika kamu memiliki masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan skincare rumahan. Sebenarnya tidak perlu khawatir takut erasa “ketergantungan” atau tidak efektif, kamu juga punya hak kok untuk melontarkan pertanyaan seputar perawatan dan pengobatan yang diberikan oleh dokter agar bisa lebih memahami efekya pada kulitmu. Sebagai panduan awal, ini dia berbagai pertanyaan yang bisa kamu siapkan sebelum mengunjungi dokter kulit.


Penyebab Jerawat atau Masalah Kulit yang Kamu Alami


Hal pertama yang akan dilakukan dokter kulit ketika kamu berkunjung yaitu menanyakan keluhan yang kamu alami dan kemudian akan memeriksanya secara langsung. Setelahnya, kamu bisa  meminta penjelasan rinci seputar masalah kulit apa yang sedang kamu alami, seperti misalnya jenis jerawat dan penyebab jerawat yang ada di wajah atau mengapa kulitmu selalu terasa kering. Tak perlu takut bertanya, karena biasanya dalam biaya perawatan wajah di klinik, kamu sudah membayar biaya untuk jasa konsultasi. Manfaatkan momen ini untuk mengenali penyebab masalah kulitmu lebih dalam ya, Ladies!

source: https://unsplash.com/@chrisjoelcampbell


Kandungan dan Fungsi Obat


Setiap kamu berkunjung, pasti dokter akan memberikan obat, baik itu obat oral (berupa antibiotik) ataupun obat topikal (berupa krim). Pastikan kamu mengetahui setiap fungsi dan kandungan dari obat yang diberikan, agar kamu kemudian bisa menilai obat mana yang bekerja dengan baik dan mana yang tidak memberikan efek. Hal ini juga bisa kamu jadikan sebagai referensi ketika ingin lepas dari obat dokter dan mencoba skin care sendiri. Kamu bisa lho mencari skin care dengan kandungan yang sama dengan obat dokter yang cocok kamu pakai.

source: https://unsplash.com/@charissek
baca juga


Perawatan yang Cocok dan Efek Samping yang Ditimbulkan


Selain dengan menggunakan obat yang bisa kamu pakai di rumah, beberapa masalah kulit tertentu perlu diatasi dengan tindakan langsung di klinik dokter, seperti tindakan laser misalnya. Tanyakan secara jelas perawatan apa yang cocok untuk masalah kulitmu, dan jangan lupa pastikan juga efek sampingnya agar kamu nanti tidak kaget ketika mengalami reaksi kulit setelah melakukan perawatan.

source: https://unsplash.com/@binthieu2808


Hal yang Perlu Dilakukan


Beberapa dokter memiliki kebijakan tersendiri dalam perawatan yang akan diberikan, misalnya tidak boleh melakukan facial selama masa kontrol ataupun perlu pantang makanan tertentu. Pastikan kembali hal ini dengan dokter kulitmu agar kamu bisa mendapatkan hasil maksimal selama menjalani perawatan wajah.

source: https://unsplash.com/@rsanchescarvalho