Dengan banyaknya tutorial make up dan toko kosmetik yang menjamur, sekarang wanita bisa dengan mudah belajar make up sendiri. Selain untuk kepentingan pribadi, tak sedikit juga wanita yang mengincar pekerjaan sebagai make up artist untuk menambah uang, apalagi kalau ternyata mereka memang memiliki passion di bidang kosmetik dan kecantikan. Namun seperti setiap jenis pekerjaan pada umumnya, menjadi make up artist pun ada suka dukanya tersendiri lho, apalagi untuk kamu yang masih pemula dan belum terbiasa berkecimpung di dunia MUA.


Bisa Menyalurkan Passion


Penelitian membuktikan bahwa generasi milenial kebanyakan lebih memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion mereka daripada pekerjaan dengan gaji besar yang tidak sesuai passion. Kamu yang memang hobi merias dan punya passion di dunia kecantikan sudah satu langkah lebih maju menuju impianmu nih dengan bekerja sebagai make up artist, dan termasuk beruntung karena bisa menjadikan hobi sebagai pekerjaan juga.

source: https://unsplash.com/@thedmcsa


Tapi Terkadang juga Harus Kerja Pagi Banget!


Pengalaman ini pasti sering dialami oleh kamu para MUA yang menangani klien pengantin. Biasanya nih, kamu sudah harus siap ke tempat klien dari jam subuh sebelum sang mempelai memulai rangkaian acara pernikahannya. Kalau sudah begini, jangan bangun sampai kesiangan deh! 

source: https://unsplash.com/@srosinger3997
baca juga


Dapat Tambahan Penghasilan untuk Ditabung, Yeay!


Make up artist merupakan satu dari sekian banyak pekerjaan yang bisa dilakukan secara lepas alias freelance. Kamu yang memiliki pekerjaan full-time juga bisa bekerja sebagai MUA saat weekend, dan bisa  punya penghasilan tambahan untuk belanja ataupun ditabung. Apalagi, rata-rata biaya yang dipatok untuk 1 klien biasanya cukup tinggi, tergantung dari jenis kosmetik dan juga kemampuan yang kamu punya.

source: https://unsplash.com/@ugmonk


Wajib Sabar Menghadapi Klien


Dalam bekerja, MUA pastinya akan bertemu dengan banyak klien dengan berbagai jenis kepribadian dan sifat yang berbeda. Karena itu, tidak perlu heran atau kesal apabila sebagai MUA, kamu ternyata bertemu dengan klien yang sedikit sulit dan banyak maunya. MUA yang profesional adalah MUA yang bisa membuat kliennya merasa puas dengan memberikan layanan terbaik. Jika mendapat klien sulit, memang sudah sewajarnya kamu jadikan motivasi dan tantangan untuk bekerja semaksimal mungkin!

source: https://unsplash.com/@saskiafairfull
baca juga


Berbagi Cerita Seputar Dunia Kecantikan


Selain menemui klien sulit, para MUA juga bisa bertemu dengan klien asik yang justru malah bisa menjadi teman ngobrol. Enggak cuma sekedar bekerja, kalau ketemu klien seperti ini, kamu juga bisa belajar banyak hal dan berbagi tips cantik atau trik make up dari klien. Emang paling seru ngobrolin soal hobi dan passion yang sama deh!

source: https://unsplash.com/@malvestida