Bukan Penyebab Penyakit Jantung

Salah satu hasil studi menyatakan bahwa bagi beberapa orang, minum secangkir kopi bisa memicu serangan jantung dalam waktu satu jam setelah meminumnya. Namun, ini terjadi umumnya pada mereka yang tidak teratur minum kopi atau jarang minum kopi. Demikian hasil penelitian Ahmed El Sohemy, PhD, pakar nutrisi dari University of Toronto, Kanada. Namun, hal ini tidak berlaku bagi mereka yang secara rutin, misalnya setiap pagi minum kopi. Kafein menyebabkan peningkatan tekanan darah sementara, sehingga mereka yang tidak terbiasa minum kopi akan mengalami sentakan kafein berupa gelombang kenaikan tekanan darah yang berbahaya bagi jantung yang rentan. Ini terjadi pada mereka yang memiliki variasi genetik dengan metabolisme kafein lambat sehingga berdampak serangan jantung setelah mengonsumsi kopi. Sedangkan mereka yang memiliki metabolisme kopi cepat, kopi justru bermanfaat bagi kesehatan jantung.
source: http://www.rumahjamu.com/blog/index.php/kopi/45-kopi-dan-kesehatan-kopi-bukan-penyebab-penyakit-jantung-dan-stroke

Menurunkan Risiko Stroke

Penelitian terbaru yang diterbitkan di Jurnal Stroke mengungkapkan, wanita yang minum secangkir kopi sehari, lebih kecil risikonya untuk terkena serangan stroke. Belum diketahui zat di dalam kopi yang mungkin bisa menurunkan risiko terkena stroke. Kopi mungkin bisa mengurangi inflamasi dan membantu tubuh lebih responsif terhadap insulin. Mungkin juga, sebetulnya wanita yang tidak minum kopi terkena faktor risiko lain yang tidak diketahui.
source: http://www.tribunnews.com/kesehatan/2013/05/29/kopi-mampu-turunkan-risiko-stroke?page=2

Mengurangi Risiko Kanker

Menurut penelitian, minum satu hingga dua cangkir kopi sehari bisa mengurangi risiko kanker usus besar. Dibandingkan dengan risiko orang yang minum kopi kurang dari secangkir per hari, kemungkinan menderita kanker kolorektal pada orang yang minum satu sampai dua gelas per hari 22 persen lebih rendah. Ada hipotesis bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan risiko kanker kolorektal dengan mempercepat lintasan zat dalam usus besar, yang membuat jaringan tidak lama terpapar bahan-bahan penyebab kanker. Selain itu ada kemungkinan minum kopi memengaruhi komposisi mikroba di usus atau bahwa senyawa dalam kopi mengandung pencegah kanker. Studi yang lain juga mengaitkan konsumsi kopi dengan risiko kanker kulit tertentu seperti kanker payudara dan kanker prostat yang lebih rendah.
source: http://www.jpnn.com/read/2014/04/10/227554/Minum-Kopi-Bisa-Kurangi-Risiko-Kanker-Usus

Mengurangi Risiko Diabetes

Dr.Rob van Dam dari Harvard School of Public Health dan timnya meneliti ratusan bahkan ribuan komponen kopi yang diduga menyebabkan efek pengurangan diabetes. Bagi mereka, mungkin bukan kafein, karena minum kopi berkafein dan non kafein memiliki efek yang sama dalam mengurangi risiko diabetes. Asam chlorogenik merupakan kandidat terkuat, yang berfungsi sebagai antioksidan yang bekerja mengurangi penyerapan glukosa di dalam usus. Sementara itu ada penelitian dan hasil riset lain yang berasal dari Alan L Rubin, M D, assistant clinical professor di University of California San Francisco School of Medicine, penulis Diabetes for Dummies. Salah satu cara meredam kelebihan kadar gula darah dengan minum kopi sebelum makan atau saat perut kosong. Tentu saja hal ini berlaku bagi siapa saja yang tidak memiliki masalah dengan lambung. Para periset ini menduga, kopi yang kaya phenols dan antioksidan-antioksidan lainnya itu dapat meningkatkan produksi insulin, yakni suatu hormon yang berfungsi membantu tubuh mempertahankan kadar gula darah.
source: http://www.smallcrab.com/diabetes/371-kopi-kurangi-resiko-diabetes

Baik untuk Gigi

Penelitian dari Universitas Boston menemukan bahwa minum kopi bisa bermanfaat bagi kesehatan gigi. Menurut penelitian ini, minum kopi membantu melindungi kita dari penyakit periodontal seperti peradangan gusi dan tulang rahang. Periodontal merupakan jaringan yang menghubungkan antara gigi dan tulang penyangga gigi. Penyakit ini disebabkan adanya infeksi akibat bakteri yang menempel pada gigi. Penyakit ini menyebabkan gigi menjadi goyang atau tidak kuat. Kemudian berakibat pada copotnya gigi. Para peneliti menemukan bahwa meminum kopi bisa menghentikan perkembangan bakteri mengumpul di gigi. Mereka meyakini, kandungan antioksidan dalam kopi dapat mencegah penumpukan plak pada permukaan gigi.
source: http://health.kompas.com/read/2014/09/09/150810623/Minum.Kopi.Baik.untuk.Kesehatan.Gigi.

Meningkatkan Energi

Mengontrol asupan kopi efektif untuk meningkatkan energi tubuh. Minum secangkir setiap hari bisa membantu mengurangi rasa kantuk, meningkatkan kewaspadaan, dan juga mampu untuk meningkatkan semangat dalam beraktivitas. Usahakan untuk selalu mengonsumsi kafein pada dosis rendah, di samping menyehatkan juga efektif untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Dalam suatu penelitian diketahui bahwa asupan kafein dalam dosis rendah atau sekitar seperempat cangkir kopi ternyata lebih efektif untuk meningkatkan stamina dan kewaspadaan tubuh dari pada asupan kafein dalam dosis yang lebih besar.
source: http://health.diwarta.com/2012/02/08/tingkatkan-energi-tubuh-dengan-mengontrol-asupan-kopi.html

Mengurangi Sakit Kepala

Menurut Kuno Guttler, farmakolog dan ahli toksikologi Universitas Koln, kopi dapat memiliki efek menenangkan migrain atau sakit kepala. Ketika terjadi sakit kepala, pembuluh otak memperlebar reseptor rasa sakit. Tekanan darah dan detak jantung meningkatkan tekanan pada dinding pembuluh darah. Kafein dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di otak, sehingga mengalirkan darah lebih cepat dan mencegah peluasan rasa sakit.
source: http://www.dw.de/kopi-mengurangi-sakit-kepala/a-17158299

Bangkitkan Suasana Hati

Dengan meminum kopi dua cangkir setiap hari secara teratur, kandungan antioksidan yang terdapat dalam kopi akan menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf bekerja lebih baik. Kafein akan berfungsi sangat baik sebagai stimulan pada tubuh, merangsang indra dan meningkatkan metabolisme. Sehingga mengonsumsi kopi dapat meningkatkan konsentrasi, mengatasi perubahan suasana hati, dan depresi.
source: http://www.kulinermedan.com/blog/kopi-dapat-mengatasi-perubahan-suasana-hati-dan-depresi