Cerdas Menggunakan Pemanis Buatan

Pada awalnya pemanis buatan memang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi para penderita diabetes atau produk pangan yang rendah kalori. Namun, pemanis buatan ini kini juga sudah mulai banyak digunakan masyarakat yang tidak menderita diabetes. Meskipun begitu, jumlah yang boleh dikonsumsi tetap terbatas baik bagi penderita diabetes atau bukan adalah sama. Salah satu contoh pemanis buatan adalah aspartam yang lebih dikenal dengan gula jagung. Aspartam adalah gula diet yang penggunaannya disetujui oleh badan pengawasan obat dan makanan Amerika atau FDA (Food and Drugs Administration) dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan Indonesia (BPOM). Jika Minasan memang harus menggunakan pemanis buatan, maka penggunaannya sebaiknya untuk 2 kali minum teh atau kopi saja karena batas dosis anjuran penggunaan yang disarankan hanya 40 mg per kg berat badan.
source: http://www.menshealth.co.id/nutrisi/nutrisi.umum/jenis.pemanis.buatan/003/002/29

Konsumsi Kopi Tanpa Gula

Ahli penyakit jantung dari Eka Hospital, BSD, Tangerang, dr Daniel Tanubudi, SpJP, terang-terangan mengatakan bahwa penikmat kopi sejati itu menyeruput secangkir kopi tanpa gula dan susu. Lebih bagus lagi jika biji kopi yang dinikmati adalah biji kopi arabika. Minuman kopi jadi tak sehat ketika ditambahkan gula dan krim. Sebisa mungkin hindarilah minum kopi three in one. Kopi dengan banyak tambahan itu biasanya berkualitas kurang baik.
source: http://m.tribunnews.com/kesehatan/2014/08/15/minum-kopi-jadi-tak-sehat-bila-ditambah-gula-dan-krim

Hindari Saat Perut Kosong

Minum secangkir kopi di pagi hari saat perut kosong dapat memicu sekresi asam klorida dalam saluran pencernaan. Pada orang yang memiliki masalah lambung efeknya akan lebih cepat terasa. Apalagi jika Minasan memiliki kebiasaan makan teratur, kamu akan merasakan adanya masalah dengan perut karena asam klorida yang berfungsi untuk mengurai makanan tidak dapat bekerja dengan baik dan sulit menyerap protein. Protein yang tidak terdegradasi dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti mual, iritasi, atau radang usus, dan lebih buruk lagi dapat menyebabkan kanker usus.
source: http://www.kuncitips.com/2015/04/begini-akibatnya-jika-anda-minum-kopi.html

Hitung Kalorinya

Seorang pakar dari Harvard University, Dr. Rob Van Dam mengatakan bahwa bila kita mengonsumsi sejumlah kopi kemudian mengalami efek samping kafein seperti tremor, berdebar, gangguan tidur, merasa stres, gelisah, atau tidak nyaman, berarti kita telah minum kopi secara berlebihan. Dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan, minum sampai 6 cangkir kopi sehari tidak ada pengaruhnya dengan kematian, atau masalah kesehatan lainnya. Cuma yang perlu diingat adalah bahwa yang dimaksud satu cangkir kopi dalam penelitian-penelitian yang dilakukan adalah kopi hitam yang mengandung kafein 100 mg. Sementara kalau kamu menikmati satu cangkir kopi ukuran besar di Starbucks misalnya, kandungan kafeinnya dapat mencapai 330 mg, satu cangkir kecil espresso mengandung kafein 117 mg. Kopi hitam yang sering dikonsumsi dalam rumah tangga dalam satu cangkirnya kira-kira mengandung kafein kurang dari 100 mg. Sesuai dengan penelitian yang pernah dilakukan, bila Minasan menikmati kopi sebanyak itu dianggap masih aman. Namun perlu diingat bahwa efek samping kafein itu sangat individual, seseorang dapat lebih sensitif daripada yang lain.
source: http://health.kompas.com/read/2012/11/27/1013517/Berapa.Cangkir.Kopi.Masih.Sehat.untuk.Anda.

Minum Kopi Siang Hari

Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Endocrinology and Metabolism, menyatakan bahwa hormon kortisol dihasilkan oleh tubuh sekitar jam 8-9 pagi. Hormon ini cukup untuk membuat Minasan tetap bersemangat kerja. Jika Minasan menambahkan minum kopi di pagi hari maka kafein yang terdapat dalam tubuh akan meningkatkan produksi kortisol dalam tubuh. Dampak hormon yang berlebihan ini menyebabkan kecemasan yang berlebihan dan akibatnya di sore hari kamu merasa kehilangan tenaga. Untuk mengganti kebiasaan ini sebaiknya kita meminum kopi setelah makan siang.
source: http://buletinwanita.com/jam-terbaik-minum-kopi