Detak Jantung Lebih Cepat

Kandungan kafein kopi dapat memicu sistem saraf simpatik sebagai pengendali respon fight atau flight tubuh. Respon itu berupa reaksi dengan cara melepaskan sejumlah energi pada otot, meningkatkan kewaspadaan mental dan memacu aliran darah menuju anggota gerak tubuh melalui peningkatan tekanan darah dan denyut jantung. Pada sebagian besar kasus, efek samping kafein menyebabkan terjadinya gangguan irama jantung yang membuat penikmati kopi merasa berdebar-debar karena adanya peningkatan denyut jantung. Walaupun sebagian besar kasus tidak berbahaya, tetapi Minasan mungkin harus memeriksakan keadaan jantung pada dokter, terutama jika pemacuan denyut jantung terjadi berulang kali setiap minum kopi.
source: http://kanalsatu.com/id/post/24406/jantung-berdebar-kencang-usai-minum-kopi

Memperparah Sakit Maag

Kopi banyak mengandung berbagai senyawa seperti katekol dan kafein yang bersifat mengiritasi lambung serta mendorong produksi asam lambung. Setelah meninjau kandungan dalam kopi, ternyata minuman ini memiliki bahan kimia penghasil asam yang bisa memperburuk sakit maag.
source: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/apakah-minum-kopi-bisa-menyebabkan-sakit-maag.html

Pemicu Serangan Jantung

Efek kafein adalah memacu kerja jantung dan meningkatkan aliran darah ke otot, sehingga meningkatkan tekanan darah. Pecandu kopi rata-rata 1,5 lebih rentan mengalami serangan jantung dalam waktu 1 jam sesudah minum kopi.
source: http://www.pbpapdi.org/papdi.php?pb=detil_berita&kd_berita=15

Meningkatkan Risiko Stroke

Secangkir kopi dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke iskemik, terutama orang-orang yang jarang minum kopi. Penelitian yang dipimpim oleh Elizabeth Mostofsky, MPH, dari Harvard Medical School di Boston, Massachusetts, USA dan dipublikasikan dalam jurnal Neurology November 2010 menemukan peningkatan risiko stroke 2 kali lipat dalam waktu satu jam setelah minum secangkir kopi. Risiko tertinggi terjadinya stroke iskemik ini terjadi pada satu jam setelah minum kopi. Namun hal ini akan kembali pada kondisi awal dalam dalam jeda waktu 2 jam. Peneliti mengatakan kemungkinan adanya hubungan kausatif yang kuat antara kejadian stroke dengan konsumsi kopi khususnya pada jam-jam awal.
source: http://warungmassahar.blogspot.com/2010/11/kopi-meningkatkan-atau-menurunkan.html

Menimbulkan Gejala Insomnia

Studi yang dipublikasi dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, melibatkan 12 orang sehat yang memiliki pola tidur normal. Saat ikut serta dalam studi, peserta diminta untuk melanjutkan waktu tidur normal mereka. Christopher Drake dan timnya dari Henry Ford Sleep Disorder and Research Center di Detroit, Amerika Serikat mengatakan, studi ini adalah studi pertama yang melacak efek kafein dosis tertentu pada beberapa waktu sebelum tidur. Mereka mengatakan, orang perlu menghindari kafein setelah jam 17.00 untuk mendapatkan tidur malam yang baik.
source: http://health.kompas.com/read/2013/11/17/0952082/Ngopi.Sore.Bikin.Susah.Tidur.

Dampak pada Ibu Hamil

Konsumsi kopi pada ibu hamil berdampak terjadinya peningkatan kafein dan metabolit di dalam darah janin dan cairan ketuban (selain darah ibu pastinya). Kemampuan ibu hamil untuk metabolisme kafein juga menurun akibat kehamilan, dan paling rendah kemampuannya pada trimester ketiga. Penelitian tentang kopi dan kehamilan memang tidak terlalu banyak, tetapi para ahli sepakat untuk membatasi konsumsi kopi untuk wanita yang ingin hamil, akan hamil, hamil, dan menyusui untuk membatasi konsumsi kafein kurang dari 200-300 mg per hari.
source: http://health.detik.com/artikelpilihan/read/2014/12/31/184811/2791441/757/konsultasi-kandungan-dampak-minum-kopi-bagi-ibu-hamil