Komedo yang muncul akibat tersumbatnya pori-pori oleh kotoran di wajah terbagi menjadi dua jenis yaitu komedo putih atau disebut juga whiteheads dan komedo hitam atau blackheads.
Perbedaan dari kedua komedo ini adalah yang pertama, komedo hitam lebih terlihat karena berada di atas permukaan kulit sedangkan komedo putih berada di dalam kulit.

Komedo yang berada di permukaan kulit kemudian mengalami oksidasi karena terkena udara luar sehingga warnanya jadi menghitam dan terlihat mencolok. 

Kedua jenis komedo berbeda ini ternyata membutuhkan cara menghilangkan komedo yang berbeda juga. Berikut adalah perbedaan cara menghilangkan komedo hitam dan putih yang harus kamu ketahui!


 

Cara menghilangkan komedo hitam


Komedo hitam memang lebih terlihat tapi ternyata justru lebih sulit untuk menghilangkannya. Pertama-tama kamuu harus membersihkan wajah dengan benar terlebih dahulu. Kemudian kamu bisa menggunakan berbagai macam produk masker yang dapat menggangkat komedo seperti masker aloe vera yang mengandung antibateri dan antiinflamasi. Kamu juga bisa menggunakan clay mask untuk mengangkat komedo. Penggunaan pore strip juga boleh dicoba sesekali untuk membantu mengangkat komedo hitam.

Kamu juga bisa menggunakan pinset penjepit komedo atau alat pencet komedo yang ujungnya berbentuk lingkaran.Sebelum menggunakannya pastikan kamu suda mensterilkannya dan pastikan juga wajahmu dalam keadaan bersih agar tidak ada kesempatan untuk bakteri berkembang biak.

source: https://journal.sociolla.com/


 

baca juga

Cara menghilangkan komedo putih


Komedo putih yang berada di bawah kulit bisa kamu hilangkan dengan metode facial di salon. Tapi jika kamu ingin lebih hemat, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Kamu bisa menggunakan alat yang yang sama seperti alat yang digunakan untuk mengeleuarkan komedo hitam. 

source: https://www.bellamariefrance.com.sg/


 

Mencegah komedo datang kembali


Setelah komedo hilang atau berkurang, kamu harus memikirkan bagaimana agar tidak kembali lagi. Sulit memang menghindari komedo untuk datang kembali, tapi paling tidak kamu bisa mencegahnya datang lagi dalam waktu dekat.

Cara untuk mencegah komedo adalah dengan rajin membersihkan wajah dengan benar terutama setelah penggunaan make up atau setelah wajah terpapar polusi. Kamu juga sebaiknya menggunakan produk kosmetik oil free agar tidak memicu timbulnya komedo kembali. 

source: http://noticiasdeponce.net/