Makanan Berlemak

Makanan yang tinggi lemak jenuh seperti santan, gorengan, dan fast food sebaiknya kamu buang jauh-jauh dari menu makan sahurmu. Selain tidak baik bagi kesehatan, makanan tinggi lemak lebih sulit dicerna tubuh sehingga tubuh kehabisan nutrisi sebelum proses mencerna makanan selesai. Akibatnya kamu akan merasa mengantuk di siang hari saat puasa.
source: http://majalahkesehatan.com/gorengan-sehatkah/
Organ pencernaan membutuhkan waktu 6 hingga 8 jam untuk mencernanya, oleh karena itu jika tubuh tidak punya persediaan energi yang lain kemungkinan Anda akan merasa lemas dan mengantuk.
source: http://wolipop.detik.com/read/2012/10/15/174404/2063169/1135/hati-hati-4-makanan-ini-bisa-bikin-anda-ngantuk-di-siang-hari

Makanan Asam

Makanan yang mengandung cuka seperti acar akan memicu naiknya asam lambung sehingga menyebabkan perasaan tak enak pada perutmu. Bagi penderita maag, naiknya asam lambung ini sangat berbahaya karena dapat memicu timbulnya sakit maag dan mengganggu puasamu. Selain itu, makanan seperti nangka, sawi, kol juga harus dihindari karena dapat memicu naiknya asam lambung.
source: http://holykaw.alltop.com/11-tips-for-opening-a-stubborn-jar-lid
...makanan asam menjadi pemicu keluarnya asam lambung tinggi. Sehingga tidak baik dikonsumsi terlalu banyak, apalagi ketika Anda hendak sahur. Jenis makanan dengan kandungan gas tinggi, memicu keluarnya cairan asam lambung tinggi dan sulit dicerna. Makanan asam bisa menyebabkan maag, sehingga bisa mengganggu aktivitas.
source: http://www.tooloz.com/2012/07/4-makanan-yang-harus-dihindari-saat.html

Makanan yang Terlalu Pedas

Makanan pedas tak baik dikonsumsi di pagi hari atau saat sahur karena dapat menimbulkan masalah pencernaan bahkan diare. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa zat capsaicin yang membuat rasa pedas ini justru berperan sebagai anti bakteri. Namun walaupun demikian kamu harus membatasi konsumsi makanan pedas saat sahur untuk menghindari resiko sakit perut, ya.
source: http://www.alodokter.com/apakah-makanan-pedas-menyebabkan-sakit-maag
Malah sebaliknya, beberapa peneliti yang berpendapat bahwa capsaicin memiliki efek mencegah maag dengan cara menstimulasi saraf lambung untuk melepaskan bahan kimia yang melindungi perut dari luka. Capsaicin juga mengubah keseimbangan asam dalam lambung sehingga membuat bakteri H. pylori sulit untuk bertahan hidup.
source: http://www.alodokter.com/apakah-makanan-pedas-menyebabkan-sakit-maag

Karbohidrat Olahan

Sama seperti makanan manis, jenis makanan yang mengandung karbohidrat olahan seperti roti putih, kue, dan biskuit ini tak baik untuk dikonsumsi saat sahur. Makanan jenis ini bisa memicu naiknya gula darah dengan cepat dan membuat tubuh berenergi seketika. Namun perlu diingat, hal ini tak berlangsung lama. Makanan manis di pagi hari justru akan membuat tubuh lebih mudah lelah dan lemas karena gula darah yang cepat naik akan turun secara drastis.
source: http://healthimpactnews.com/2014/how-eating-processed-food-made-the-world-sick-and-fat/
Gula dan karbohidrat sederhana mungkin bisa meningkatkan energi, tapi bisa menurunkannya juga dengan cepat. Penurunan gula dalam darah yang terlalu drastis mengakibatkan tubuh lemas dan sering menguap guna mendapatkan oksigen lebih banyak untuk pembakaran energi.
source: http://wolipop.detik.com/read/2012/10/15/174404/2063169/1135/hati-hati-4-makanan-ini-bisa-bikin-anda-ngantuk-di-siang-hari

Makanan Olahan

source: http://icity.indosat.com/t5/Forum-Lounge/Misi-3-Duta-IM3-2014-Jenis-Makanan-Yang-Berbahaya-Bagi-Tubuh/td-p/226535
Makanan olahan seperti nugget, sosis, kornet, dan makanan kalengan memang mudah dibuat dan menjadi pilihan praktis untuk makan sahur. Tapi kamu perlu tahu, makanan olahan ini telah diberi bahan pengawet untuk menjaga kualitas makanan. Selain itu, vitamin dan mineral alami dalam makanan olahan akan hilang akibat proses pengolahan dan digantikan oleh bahan buatan.