Soda Kue atau Baking Soda

Tak hanya dimanfaatkan untuk membuat kue, soda kue atau baking soda juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi sepatu yang bau. Pastikan sepatu dalam keadaan kering dan kamu bisa taburkan sedikit bubuk soda kue ke dalam sepatu kemudian diamkan semalaman. Bubuk soda kue akan menyerap bau pada model sepatu apapun dan bahan aktifnya akan menghilangkan jamur dalam sepatu yang biasanya merupakan sumber utama bau tidak sedap. Jangan lupa untuk membersihkannya kembali sebelum kamu pakai lagi.

 
source: https://www.hipwee.com


 

Koran

Model sepatu terbaru tak menjamin juga bisa bebas dari bau. Untuk mengatasinya kamu bisa memanfaatkan koran bekas. Buat gumpalan kertas koran lalu pakai untuk menyumpal rongga sepatu. Selain dapat menyerap bau sepatu, koran tersebut juga sekaligus dapat menjaga bentuk sepatu.

 

source: https://www.hipwee.com


 

baca juga

Kulit Jeruk atau Lemon

Bahan-bahan dengan aroma menyengat bisa menggantikan bau di dalam sepatu. Jika kamu kebetulan memeiliki buah jeruk atau lemon di rumah, jangan buang kulitnya. Letakkan kulit jeruk tadi di dalam sepatu dan biarkan semalaman. Kandungan minyak esensial dari kulit jeruk dapat menguap, sehingga bau sepatu menjadi hilang dan akan berubah menjadi wangi citrus.

 

source: http://sync.teads.tv


 

Teh

Model sepatu terbaru apapun tidak bisa menjamin kan kamu tidak akan mengalami yang namanya masalah sepatu bau? Jika kamu memiliki kantung teh bekas jangan buru-buru dibuang. Keringkan dan masukkan kantung teh tersebut ke dalam sepatu. Kandungan tanin di dalam teh akan membantu membasmi bakteri penyebab bau di dalam sepatu. 

 
source: http://www.liputan6.com


 

baca juga

Pasir Kucing


Punya peliharaan kucing di rumah dan memakai cat litter atau pasir kucing? Manfaatkan saja pasir kucing itu untuk menghilangkan bau pada sepatu kamu. Pasir kucing memang sudah didesain secara spesifik untuk menghilangkan bau tidak sedap. Taburkan sedikit pasir kucing ke dalam sepatu atau masukan pada kaos kaki yang sudah tidak terpakai dan diamkan semalaman. Keesokan paginya bersihkan sepatu dari pasir kucing sebelum dikenakan kembali.

 
source: https://homehacks.co


 

Kopi

Beberapa model sepatu memang kemungkinan mudah berbau. Jika hal ini terjadi pada sepatu kamu, maka manfaatkan saja kopi untuk menghilangkan bau pada sepatu kamu. Bungkus kopi dengan tisu, lalu masukkan ke dalam sepatu. Pastikan juga sepatu dalam keadaan 100% kering ya! Diamkan selama beberapa jam dan kamu bisa memakainya kembali.

 

source: http://www.canalrural.com.br


 

Cuka

Bahan dapur lainnya ang juga bisa menghilangkan bau tak sedap pada sepatu adalah cuka. Cukup campurkan larutan cuka dan air dengan perbandingan 50:50. Kemudian gunakan semprotan air untuk menyemprot bagian dalam sepatu secara merata dan diamkan selama 30 menit atau sampai sepatu kering. Mudah bukan?

 

source: http://obatkencingmanis.net


 

Silica Gel

Seringkali dijumpai ketika kamu membeli tas atau sepatu, di dalam kemasannya terdapat silica gel. Hal ini bertujuan untuk menyerap uap air dan menjaga sepatu tetap kering. Oleh karena itu, gunakan selalu silica gel untuk menjaga kelembapan sepatu sehingga bau tak sedap bisa dicegah kemunculannya. Langsung masukkan saja silica gel ke dalam sepatu, jika kamu sudah terlanjur membuangnya bisa juga kok membelinya di toko bahan kimia. 

 

source: http://www.provoke-online.com


 

Bedak Bayi

Selain harum, bedak bayi itu memiliki kemampuan untuk menyerap keringat dan menghentikan pertumbuhan bakteri. Oleh karena itu, bedak bayi juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah bau tak sedap pada sepatumu. Caranya sangat mudah, sehari sebelum dipakai taburi bedak bayi terlebih dahulu di dalam sepatu kamu.

 

source: http://www.alodokter.com