Tidur dalam keadaan kondisi perut yang kosong memang tidak disarankan. Perut lapar dapat menyebabkan tidur yang tidak nyenyak yang pada akhirnya mempengaruhi kualitas tidur. Mengisi perut sebelum tidur tidak dilarang, tetapi kamu perlu memperhatikan asupan mana yang aman dan tidak jika dikonsumsi sebelum tidur. Berikut merupakan 3 makanan dan minuman yang dilarang serta yang disarankan untuk dikonsumsi sebelum tidur.
3 Makanan/Minuman yang Dilarang untuk Dikonsumsi Sebelum Tidur

Air Putih

Minum banyak air putih setiap harinya memang dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan akan air bagi tubuh kita. Tetapi, sebaiknya hindari meminum air putih saat 1 jam sebelum waktu tidur. Sebuah penelitian membuktikan bahwa meminum air putih sebelum tidur dapat mengganggu kenyamanan saat istirahat malam.
source: http://godo713.com/kobut/?p=563
But drinking a lot of any liquid within the last hour or two before you go to bed will lead to those dreaded late night bathroom breaks, and further disrupt your slumber. You shouldn窶冲 go to bed thirsty, however, as you窶冤l likely wake up in the middle of the night to get a drink of water. Balance is key here.
source: http://www.care2.com/greenliving/stop-doing-these-things-before-sleep.html/1
Terbangun di tengah malam hanya karena harus pergi ke kamar mandi dapat mengganggu kualitas tidur kita. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu penuhi kebutuhan air jauh sebelum waktu tidur.

Makanan Pedas

Makanan pedas dapat mendorong produksi asam lambung dan tidak jarang pula menyebabkan perut terasa mulas. Hal ini mungkin dapat membuatmu sering terbangun saat tidur di malam hari dan pada akhirnya kualitas tidur pun akan terganggu.
source: http://healthmeup.com/photogallery-healthy-living/foods-to-avoid-before-going-to-bed/25945/5
Meningkatknya suhu tubuh yang diakibatkan oleh makanan pedas dapat mengurangi kenyamanan saat tidur. Selain itu, ternyata makanan pedas bisa menjadi salah satu pemicu mimpi buruk, lho!
Makan makanan pedas bisa membuat Anda mengalami penurunan kualitas tidur karena meningkatnya suhu tubuh, tidur jadi tidak nyenyak dan mudah terbangun di malam hari. Tubuh akan mengalami kesulitan menyesuaikan diri karena pencernaan bekerja penuh lagi. Bahkan menurut seorang ahli Tore Nielsen, beberapa orang mungkin sensitif terhadap komposisi kimia makanan pedas sehingga bisa merangsang mimpi buruk dan mimpi aneh.
source: http://www.vemale.com/kesehatan/78519-tips-tidur-nyenyak-hindari-makanan-pedas-malam-hari.html

Makanan atau Minuman Berkafein

Kafein mampu merangsang sistem saraf sehingga kita tidak mengantuk dan konsentrasi tetap terjaga. Oleh karena itu sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi sebelum tidur. Tidak hanya kopi, makanan seperti cokelat pun mengandung kafein, maka hindari juga konsumsi cokelat sebelum tidur.
source: http://www.care2.com/greenliving/stop-doing-these-things-before-sleep.html
Cokelat memiliki zat yang berfungsi menenangkan dan memunculkan perasaan senang, tapi bukan makanan yang baik untuk dikonsumsi sebelum tidur. Bahkan jenis dark chocolate sekalipun, mengandung kafein dan banyak gula. Seperti kita tahu, gula akan menaikkan gula darah dengan cepat namun cepat pula turun sehingga menimbulkan rasa lapar yang berlebihan. Akibatnya, Anda pun akan makan berlebihan.
source: http://wolipop.detik.com/read/2012/08/08/090412/1985916/849/9-makanan-terlarang-untuk-dikonsumsi-sebelum-tidur
3 Makanan atau Minuman yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Sebelum Tidur

Susu Hangat

Kandungan tirptofan dan kalsium yang terdapat di dalam susu dikatakan memiliki efek penenang dan membuat tidur lebih nyenyak. Selain dapat menghangatkan tubuh, susu hangat juga baik untuk pencernaan serta penyerapan dalam tubuh tanpa membebani lambung.
Secara teori para ahli berspekulasi bahwa triptofan yang terkandung dalam susu bisa membuat seseorang menjadi ngantuk akibat melatonin yang dilepaskan.
source: http://health.detik.com/read/2011/08/23/182336/1709602/766/kenapa-susu-bikin-tidur-lebih-nyenyak
source: https://howtosurviveinparis.wordpress.com/2015/05/29/9-tips-for-sleeping-well/
Selain kandungan triptofan yang dimiliki susu, ternyata juga ada efek psikologis yang ditimbulkan dari meminum segelas susu hangat.
Namun para ahli menuturkan bahwa rasa kantuk yang dihasilkan dari segelas susu hangat lebih terkait pada efek psikologis. Susu identik dengan seorang ibu, kebanyakan orang akan mengingat pengalaman yang menyenangkan mengenai ibunya.
source:
Tetapi, susu memiliki kandungan kalori yang tinggi, jadi perlu diperhatikan juga jumlah yang dikonsumsi. Kamu bisa pilih susu rendah lemak atau bahkan bebas lemak sebagai asupan sebelum tidur.

Sup

Selain dapat menghangatkan tubuh, semangkuk sup dapat mengenyangkan perut sehingga membuat tidur lebih nyenyak.
source: http://www.dailymail.co.uk/femail/article-2223412/According-new-diet-book-eating-soup-make-slimmer-just-10-days-.html
Eat soup before bed for a restful and restorative night窶冱 sleep.
source: http://www.dailymail.co.uk/femail/article-2223412/According-new-diet-book-eating-soup-make-slimmer-just-10-days-.html
Namun hati-hati, kamu juga perlu mempertimbangkan sup yang akan kamu santap sebelum tidur. Hindari corn soup atau potage soup (sejenis sup yang kental) karena memiliki kalori yang tinggi. Kamu bisa konsumsi sup sejenis consomme soup, yaitu sup yang terbuat dari kaldu serta sayuran karena kandungan kalorinya lebih rendah namun mengenyangkan.
Dengan selalu memperhatikan kondisi kulit wajah, pemilihan produk yang tepat, serta trik make up yang benar maka kamu tidak perlu takut lagi akan permasalahan make up luntur. :)

Madu

Mengonsumsi madu yang kaya akan nutrisi sebelum tidur dipercaya dapat mendorong pelepasan hormon pertumbuhan saat tidur. Madu juga dapat diandalkan para wanita yang sangat meperhatikan kecantikan karena kaya akan mineral dan vitamin.
source: http://onejive.com/losing-weight-with-a-honey-diet/
Selain itu, mengonsumsi madu sebelum tidur juga dapat menurunkan berat badan. Cocok bagi kamu yang sedang berdiet!
Madu bertindak sebagai bahan bakar bagi hati untuk menghasilkan glukosa. Glukosa ini membuat kadar gula otak tinggi dan memaksanya untuk melepaskan hormon pembakaran lemak. - Mike McInnes, Pendiri Diet Madu
source: http://www.jpnn.com/read/2014/10/08/262367/Mau-Diet-Cukup-Sesendok-Madu-Sebelum-Tidur
Untuk mendapatkan manfaat dari diet madu, Anda cukup mengganti asupan gula dengan madu sepanjang hari. Selain itu, Anda harus mengonsumsi tiga sendok madu dengan air panas setiap malam sebelum tidur. Kombinasikan hal ini dengan olahraga, minimal tiga kali seminggu dan Anda akan melihat penurunan berat badan yang cukup besar.
source: http://www.jpnn.com/read/2014/10/08/262367/Mau-Diet-Cukup-Sesendok-Madu-Sebelum-Tidur
Pemilihan asupan yang tepat sebelum tidur tidak hanya membuat tidur lebih nyenyak namun juga menghilangkan kekhawatiran makan sebelum tidur. Bagaimana, sudah siap tidur nyenyak malam ini?