1. Gula

Gula masuk ke aliran darah dengan cepat dan akan menyebabkan level glukosa dalam darah naik. Kenaikan glukosa dalam darah akan menyebabkan metabolisme melambat. Akibatnya, kalori yang terbakar akan menjadi sedikit dan penimbunan lemak pun dimulai. Oleh sebab itu, kurangi makanan yang manis-manis mulai dari sekarang, ya!
source: http://bembu.com/foods-that-slow-metabolism

2. Makanan Olahan

Makanan olahan mengandung banyak bahan pengawet, pewarna, gula, serta bahan kimia lainnya. Semua bahan itu bersifat merugikan terhadap proses pencernaan alami tubuh. Untuk mengatasinya, cobalah memilih bahan yang alami dan segar, bukan yang olahan. Itu lebih baik untuk pencernaanmu.
source: http://www.merdeka.com/sehat/ini-bahaya-yang-tersimpan-dalam-makanan-olahan.html

3. Makanan Cepat Saji

Hampir semua makanan cepat saji tinggi lemak tetapi rendah serat, vitamin serta mineral. Oleh sebab itu, tubuh perlu bekerja lebih keras untuk mencernanya dan menyimpannya sebagai timbunan lemak. Lemak yang tinggi dan kandungan serat yang rendah membuat proses metabolisme menjadi lambat.
source: http://dilut.com/5-makanan-ini-tidak-sehat-untuk-otak/

4. Minuman Berkarbonasi

source: http://bembu.com/foods-that-slow-metabolism
The caffeine in colas and other carbonated beverages might give you a surge of alertness, but in the long run it stands a big chance of shooting down your metabolism.
source: http://bembu.com/foods-that-slow-metabolism

5. Makanan yang Digoreng Kering

Makanan yang digoreng cenderung sedikit kandungan nutrisinya dan tinggi lemak. Sama seperti makanan cepat saji, hal ini akan membuat proses metabolisme terganggu.
source: http://directorsblog.health.azdhs.gov/tag/fried-food/
Semoga bermanfaat!