Apa itu diet Atkins?

Diet Atkins adalah program menghilangkan berat badan lewat konsumsi makanan rendah karbohidrat yang paling gencar dipasarkan dan yang paling terkenal. Program diet ini diadaptasi oleh Dr. Robert Atkins pada tahun 1960an dari sebuah program diet yang ia baca dalam Journal of American Medical Association. Ia kemudian menggunakannya untuk memecahkan masalah kondisi berat badannya yang kegemukan setelah menyelesaikan pelatihan sekolah kedokteran dan sekolah kedokteran spesialis.
source: http://id.wikipedia.org/wiki/Diet_Atkins
source: http://profhariz.com/diet-atkins-itu-apa/
Diet Atkins biasanya dilakukan dengan membatasi asupan karbohidrat untuk mengalihkan metabolisme tubuh. Biasanya tubuh mengubah glukosa menjadi energi, tapi diganti dengan mengubah lemak yang disimpan menjadi energi.
source: http://health.detik.com/read/2012/10/16/115210/2063679/1413/diet-atkins

Bagamana cara kerja diet Atkins?

Dilansir dari stylecraze.com, teori diet Atkins dapat dijelaskan secara sederhana. Tubuh kita mirip dengan mesin dan karbohidrat merupakan bahan bakar yang dibutuhkan untuk membuatnya berjalan. Ketika persediaan atau lebih tepatnya konsumsi karbohidrat dibatasi, maka mesin (tubuh kita) terpaksa menggunakan bahan bakar alternatif, yaitu lemak yang tersimpan.

Penurunan drastis jumlah karbohidrat memaksa tubuh untuk membakar lemak tubuh untuk dijadikan sebagai energi. Proses ini dikenal dengan istilah 'Ketosis', mengubah lemak yang disimpan menjadi asam lemak. Seseorang dalam keadaan ketosis mendapat energi dari 'Keton'. Keton merupakan fragmen karbon kecil yang terbuat karena rusaknya lapisan lemak yang tersimpan. Pada tahap ini, kita cenderung merasa tidak lapar maka kita pun makan lebih sedikit.

source: http://www.stylecraze.com/articles/atkins-diet-foods-to-eat-advantages-and-disadvantages/

Saat tubuh anda membakar lebih banyak lagi kalori dengan cara membakar lemak dan bukannya karbohidrat (seperti biasanya), maka secara otomatis berat badan anda pasti akan menurun dengan cepat.

Selain itu, dengan mengurangi jumlah karbohidrat yang dikonsumsi, maka kadar gula darah akan tetap stabil sepanjang hari, sehingga bisa mencegah anda untuk makan berlebih.

source: http://kesehatan.kompasiana.com/makanan/2011/04/14/atkins-diet-354720.html

Langkah-Langkah Diet Atkins


Diet Atkins terdiri dari 4 fase.
Fase 1 - Induction
Tahap ini bertujuan untuk membiasakan tubuh agar membakar karbohidrat menjadi membakar lemak yang harus dilakukan selama dua minggu. Anda harus membatasi asupan karbohidrat sebanyak 20 gram per hari (biasanya kita mengkonsumsi karbohidrat sekitar 250 gram per hari).
source: http://caramenurunkanberatbadan9.blogspot.com/2014/06/cara-melakukan-diet-atkins-untuk.html
source: http://uk.atkins.com/new-atkins/the-program/phase-1-induction.html
Awalilah pagi Anda dengan 2 telur dan semangkuk sayur. Di siang hari Anda dapat menikmati ayam panggang serta makanan ringan seperti keju dan kacang-kacangan. Pada malam hari Anda bisa makan daging dan semangkuk yogurt.
source: http://www.merdeka.com/sehat/4-fase-diet-sehat-ala-atkins.html
Fase 2 - On-going Weight Loss (OWL)
Ongoing Weight Loss merupakan tahap penurunan berat badan. Anda diperbolehkan untuk meningkatkan jumlah karbohidrat sebanyak 5 gram perhari selama satu minggu hingga Anda menemukan Critical Carbohydrate Level for Losing Weight (yaitu jumlah maksimum karbohidrat yang boleh anda konsumsi setiap hari untuk menurunkan berat badan). Sehingga total asupan karbohidrat Anda sebanyak 25 gram.
source: http://caramenurunkanberatbadan9.blogspot.com/2014/06/cara-melakukan-diet-atkins-untuk.html
source: http://uk.atkins.com/new-atkins/the-program/phase-2-ongoing-weight-loss.html
2 telur dan segelas jus jeruk segar atau buah di pagi hari. Kemudian semangkuk besar sayuran dengan Chappati (dadar roti) dan Dahi (snack khas India) sebagai pilihan menu makan siang, sedangkan untuk makanan ringan Anda bisa menyantap kacang atau keju. Buatlah semangkuk kecil salad dengan ikan, kari ayam atau daging panggang sebagai menu makan malam Anda.
source: http://www.merdeka.com/sehat/4-fase-diet-sehat-ala-atkins.html
Fase 3 - Pre-Maintenance
Pada tahap ini Anda dapat menaikkan asupan karbohidrat sebanyak 10 gram per hari selama seminggu. Hal ini bertujuan untuk memperlambat penurunan berat badan untuk mempersiapkan tubuh dalam memasuki tahap akhir yaitu untuk mempertahankan berat badan.
source: http://caramenurunkanberatbadan9.blogspot.com/2014/06/cara-melakukan-diet-atkins-untuk.html
source: http://uk.atkins.com/new-atkins/the-program/phase-3-pre-maintenance.html
Mulailah aktifitas pagi Anda dengan semangkuk bubur gandum dan susu atau 2 butir telur dengan sepotong roti dan buah-buahan. Untuk menu makan siang Anda memiliki 2 Chappati, semangkuk sayur, dan ayam. Makanan ringan yang boleh Anda makan seperti Dosa (crepe India) dan Idlis (kue dari beras dan kacang) atau semangkuk Moong (seperti kacang hijau) setiap hari. Tutuplah makan malam Anda dengan sajian nasi atau salad.
source: http://www.merdeka.com/sehat/4-fase-diet-sehat-ala-atkins.html
Fase 4 - Lifetime Maintenance
Lifetime Maintenance merupakan tahap final yang bertujuan untuk mempertahanan berat badan. Pada tahap terakhir ini Anda sudah diperbolehkan mengkonsumsi makanan karbohidrat namun tetap dalam batasan dibawah 90 gram per hari. Ini merupakan sepertiga dari karbohidrat normal yang sering kita konsumsi.
source: http://caramenurunkanberatbadan9.blogspot.com/2014/06/cara-melakukan-diet-atkins-untuk.html
source: http://uk.atkins.com/new-atkins/the-program/phase-4-maintenance.html
Kontrollah makanan atau karbohidrat apapun yang masuk ke tubuh Anda. Balance alias seimbang. Setelah 1-2 bulan, Anda mampu mengontrol berat badan dengan lebih mudah.
source: http://www.merdeka.com/sehat/4-fase-diet-sehat-ala-atkins.html

Varian Menu Diet Atkins

Atkins Diet Recipes: Low Carb Chicken Salad
source: http://cogitoergoconsume.blogspot.com/2012/06/broccoli-and-friends-salad.html
Atkins Friendly Broccoli Cheddar Soup
source: http://www.justapinch.com/recipes/soup/creamy-soup/atkins-friendly-broccoli-cheddar-soup.html
Menu Diet Atkins Kim Kardashian
source: http://www.eonline.com/news/490269/kim-kardashian-s-post-pregnancy-atkins-diet-here-s-how-to-get-her-hot-bod?cmpid=sn-111021-facebook-na-eonline

Selebritis Bertubuh Indah Berkat Diet Atkins

source: http://www.vemale.com/kesehatan/40112-5-selebritis-bertubuh-langsing-berkat-diet-atkins.html