Jika kamu perhatikan, mayoritas produk anti-aging yang dijual di pasaran ditujukan untuk mature skin dengan rentang usia 30-50 tahun. Teksturnya cukup ‘berat’, disesuaikan dengan mature skin yang cenderung kering. Namun, sebenarnya produk anti aging bukan hanya dibuat untuk orang tua saja. Meskipun menggunakan anti aging terlalu dini belum tentu direspon baik oleh kulit, dan skincare yang terlalu lembab dapat menimbulkan jerawat. Duh, bingung, ya?

source: http://beauty.grivy.com

Sebenarnya, langkah-langkah pencegahan memiliki dampak yang besar untuk kulit di masa mendatang. Waktu tidak mampu dicegah dan kulit tidak akan bisa dikembalikan ke kondisi prima layaknya kulit bayi. Ada baiknya menjaga apa yang kita miliki saat ini. Which means that kita perlu menggunakan produk anti aging sejak usia dini. Namun, bukan berarti kamu bisa menggunakan produk anti aging seenaknya, ya!

 

Perlukah Memakai Krim Anti Aging di Usia 20an?


Saat wanita baru menginjak umur 20an, kamu belum perlu cemas mencari cara untuk menghilangkan kerutan di wajah. Tanda-tanda penuaan belum akan muncul di usia ini. Menurut Joshua Zeichner, MD, seorang dermatolog, krim anti aging idealnya digunakan di awal umur 30, terlebih ketika kamu sudah melihat gejala kerutan di bagian wajah. Penggunaannya, diharapkan bisa meminimalkan penampakan pembuluh darah yang semakin jelas, mengurangi risiko timbulnya kerutan yang dalam, dan hilangnya elastisitas kulit di usia 40 hingga 50 tahun.

Sementara menurut dr. Dennis Gross, dokter kulit asal Amerika, disarankan mulai menggunakan krim mata di pertengahan usia 20-an.Pada usia tersebut, dua protein penyusun kulit (kolagen dan elastin) mulai berkurang. 

 
source: https://id.pinterest.com

Hal ini juga bukan berarti kamu harus mengabaikan kesehatan kulitmu. Pada usia 20an, sebaiknya kamu tetap merawat kulit meski belum perlu memasukkan skincare anti aging. Nah, berikut ini ada tips awet muda yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kulit tetap sehat.
baca juga
  • Kenali Jenis Kulit dan Punya Skincare Routine. Tips awet muda yang bisa kamu lakukan pertama adalah mengenali jenis kulit dan punya ritual skincare yang sesuai. Penting bagimu untuk mengenali jenis kulit agar lebih mudah mencari skincare yang tepat. Selain itu, penting juga untuk memiliki ritual skincare yang efektif dan bisa dilkakukan secara rutin.
     
source: https://meramuda.com/
  • Lawan Radikal Bebas. Hidup di tengah kepungan udara kotor ternyata juga tidak baik untuk kulit. Demi melawan radikal bebas, kamu membutuhkan bantuan antioksidan. Antioksidan bisa kamu temukan dalam produk skincare. Cari produk-produk skincare dengan kandungan antioksidan seperti vitamin C atau green tea.
source: http://healthaio.com
baca juga
  • Jangan Biarkan Kulit kering. Kebanyakan wanita menganggap pelembab atau moisturizer sebagai sesuatu yang sepele di usia 20an. Padahal, salah satu tips awet muda adalah dengan menjaga wajah tetap lembab. Jangan biarkan wajah terlalu kering, apalagi jika wajahmu sedang berjerawat. Sebaiknya tetap gunakan pelembab untuk mencegah timbulnya kerutan pada wajah. 

 
 

source: http://www.moisturizecreams.com
  • Terapkan Hidup Sehat. Semua diawali dari gaya hidup sehat, seperti istirahat teratur, menjaga pola makan, menghindari rokok dan alkohol. Rokok dan alkohol akan membuat kulitmu semakin kusam dan rusak. 
source: https://www.eatingbirdfood.com
  • Rutin Pakai Sunscreen. Kalau ini memang tips awet muda yang disarankan oleh para dokter kulit. Semua dokter kulit akan setuju kalau memakai sunscreen adalah langkah anti-aging yang paling efektif. Sunscreen melindungi kulit dari paparan UVA, yaitu sinar ultraviolet yang menyebabkan tanda-tanda penuaan seperti rusaknya kolagen, munculnya keriput, dan flek hitam.
     
source: https://www.allure.com