Munculnya jerawat di wajah terkadang membuat kita resah bahkan stres. Selain menimbulkan perih di wajah, jerawat juga sangat membuat para wanita jadi enggak percaya diri. Akibatnya, berbagai cara menghilangkan jerawat pun dilakukan. Tapi kamu harus berhati-hati ladies, dalam memilih cara menghilangkan jerawat.

Cara yang salah justru bisa membuat jerawat meninggalkan bekas seperti noda hitam bahkan bruntusan di wajah. jika sudah seperti ini, tentu akan lebih sulit megembalikan wajah agar kembali bersih dan mulus.

Pililah cara menghilangkan jerawat yang tepat supaya jerawat kamu bisa hilang tanpa meninggalkan bekas. Nah, buat kamu yang masih bingung bagaimana caranya, berikut beautynesia.id akan bagikan bagaimana cara menghilangkan jerawat tanpa meninggalkan bekas. Check this out!


 

Tomat
Cara menghilangkan jerawat yang pertama adalah dengan menggunakan masker tomat. Kandungan Vitamin A, C, E, K, B1, B2, B3, dan B6 dalam tomat sangat ampuh membantu menghilangkan jerawat tanpa bekas. Tomat juga sangat ampuh memperbaikin sel-sel kulit yang rusak sehingga jerawat enggak akan meninggalkan bekas. Berikut adalah cara menghilankan jerawat dengan tomat :
 - Hancurkan 1 buah tomat dengan cara ditumbuk atau diblender.
 - Oleskan dengan tomat yang sudah hancur ke bagian wajah berjerawat.
 - Diamkan kurang lebih selama 30 menit sebelum bilas dengan air bersih.
 - Gunakan setiap hari untuk hasil maksimal

source: http://www.stylecraze.com/
baca juga


Lemon

Lemon memang dipercaya memiliki khasiat untuk wajah, termasuk untuk menghilangkan jerawat tanpa bekas. Asam sitrat dalam lemon memiliki peran sebagai exfoliate agent yang mampu menghilankan segala faktor penyebab jerawat meradang. Selain itu, kandungan Vitamin C dalam lemon mampu memicu produksi kolagen kulit yang dapat membuat kulit lebih halus. Sayangnya cara ini akan sedikit menimbulkan rasa perih di wajah dan lebih baik enggak dilakukan oleh kamu yang memiliki kulit sensitif. Berikut adalah cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis :
 - Siapkan 1 buah lemon dan sedikit air
 - Campurkan perasan jeruk nipis dan air dengan skala 2:1
 - Oleskan cairan tersebut ke wajah menggunakan kapas atau jari
 - Diamkan selama 30 menit hingga mengering lalu bisa dengan air bersih

source: https://www.rd.com/


Es Batu

Kamu juga bisa menghilangkan jerawat menggunakan es batu. Hal ini disebabkan karana es batu akan memiliki efek anti-inflamasi ketika diaplikasikan ke kulit. Caranya sangat mudah, hanya dengan membungkus es batu menggunakan handuk, kemudian pakai untuk mengompres wajah yang berjerawat. Efeknya biasanya akan cepat terlihat dan jerawat akan mengempes perlahan.

source: https://runningdoc.com/
baca juga


Lidah Buaya

Lidah buaya juga merupakan tanaman yang sangat banyak manfaatnya untuk kulit. Lidah buaya juga mengandung beberapa zat yang ampuh berperan sebagai antibakteri yang ampuh menyingkirkan bakteri penyebab jerawat. Berikut adalah cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya :
 - Potong lidah biaya agar gelnya dapat keluar
 - Oleskan gel lidah buaya ke bagian wajah yang terdapat jerawat
 - Diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air bersih
 - Lakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal

source: http://acegardener.com/

Selain keempat cara di atas, tips lainnya agar jerawat enggak meninggalkan bekas adalah jangan memencet jerawat yang belum 'matang', karena tindakan ini justru akan membuat jerawat meradang dan akhirnya berbekas. Hati-hati juga dalam mengaplikasikan masker alami agar jerawat enggak semakin parah. Nah, setelah jerawat hilang, jangan lupa lakukan tips seperti di bawah ini, ya!

Tips Mencegah Jerawat Timbul Kembali
1. Jaga pola makan, perbanyak konsumsi buah dan sayuran.
2. Perbanyak minum air putih agar kulit terhidrasi dengan baik.
3. Jaga kebersihan kulit dan jangan lupa menggunakan sunblock ketika keluar rumah.
4. Gunakan make up sesuai kebutuhan saja dan pastikan kamu selalu membersihkannya dengan baik.
5. Hindari stres.