Milia Si Jerawat Bayi

Milia adalah salah satu jenis kondisi kulit populer dengan sebutan jerawat bayi. Ini disebabkan milia memang seringkali muncul pada bayi yang baru lahir. Meskipun begitu, milia sendiri dapat dikategorikan sebagai benjolan pada kulit yang tidak berbahaya dan tidak memerlukan perawatan khusus. Selain bayi, milia juga sering muncul pada bayi dengan segala usia, baik itu remaja hingga dewasa.
 

source: http://home.bt.com/


Berbeda dengan jerawat pada umumnya, milia terlihat sedikit berbeda dari sisi bentuk maupun efeknya. Milia biasanya timbul dalam bentuk benjolan kecil berwarna putih dengan warna seperti mutiara atau putih agak kekuningan. Jerawat ini biasanya muncul berkelompok pada wajah sekitar area hidung, mata, dahi, kelopak mata, dan dada. 
 


Penyebab Milia

Pada umumnya, milia muncul karena kulit proses pengelupasan kulit tidak terjadi dengan baik. Hal itu menyebabkan adanya keratin yang terperangkap dalam sebuah kelenjar bernama pilosebasea yang berada pada lapisan dermis. Penyebab lain munculnya milia antara lain :

  • Paparan sinar matahari yang mengganggu kelejar pilosebasea sehingga memicu munculnya milia.
  • Adanya sel kulit mati yang tidak hilang sepenuhnya sehingga masih menempel di kulit dan terjebak dalam lapisan kulit yang baru.
  • Berlebihan dalam penggunaan pelembap kulit.
  • Penggunaan shampoo rambut yang terlalu keras.
  • Terlalu sering menggunakan makeup berbasis minyak.
source: http://www.scarymommy.com/


Dengan kata lain, kamu perlu benar-benar selektif dalam menggunakan segala macam produk skincare, khususnya untuk kulit wajah bagian sensitif seperti sekitar mata. Jangan terlalu berlebihan dan gunakanlah sesuai aturan pakai.

 

baca juga


Cara Mencegah Milia

Apabila milia muncul, siapapun pasti menjadi merasa tidak nyaman karena benjolan-benjolan kecilnya sangat mengganggu penampilan. Untuk itulah penting bagi kamu agar mengetahui cara mencegah milia sejak dini :

  1. Bersihkan wajah secara teratur dua kali sehari. Pastikan kamu menggunakan pembersih wajah yang meang benar-benar bisa mengangkat kulit mati dengan sempurna.
  2. Jika kamu sudah cukup dewasa, kamu bisa melakukan proses pilling, scrubbing ataupun perawatan pengelupasan kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang belum terlepas dari wajahmu.
  3. Hindari paparan sinar matahari berlebih. Gunakan tabir surya sebelum berpergian di siang hari.
  4. Hindari produk tabir surya dan makeup dengan kandungan dasar minyak. Produk dengan kadar minyak tinggi dapat menyumbat pori-pori mengakibatkan munculnya milia.
source: http://theskiny.com/


 


Cara Mengobati Milia

Namun, apabila kamu sudah terlanjur mendapatkan kulitmu dipenuhi oleh milia, kamu tidak perlu khawatir sebab pada dasarnya milia dapat hilang dengan sendirinya. Jika memang tidak pernah hilang, kamu dapat melakukan pemeriksaan ke dokter kulit atau mencoba perawatan kulit seperti facial treatment atau chemical peeling agar kulit mati dapat terangkat dengan sempurna. Kamu juga bisa mencoba menggunakan skincare untuk mengatasi milia dalam bentuk retinol atau retinoid untuk membantu melepaskan sel mati pada kulit sehingga tidak menumpuk dan terjebak di dalam kulit. 
 

source: https://www.news-medical.net/


Nah, itulah beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui seputar milia. Semoga bermanfaat, ya!