Apa itu diet TLC?


Dilansir dari detik.com, TLC yang merupakan singkatan dari Therapeutic Lifestyle Changes merupakan diet yang dilakukan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi penyakit kardiovaskular.
source: http://www.healthbeckon.com/tlc-diet/
Diet ini pertama kali digagas oleh the National Cholesterol Education untuk membantu orang-orang memperbaiki kesehatan fisik dengan cara makan makanan bergizi, mendapatkan tubuh yang sehat dan menurunkan berat badan.
source: http://www.vemale.com/kesehatan/72697-tlc-diet-diet-khusus-penurun-kolesterol.html
Secara jelas diet TLC ini dirancang untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dan bukan menurunkan berat badan. Tapi ada juga penelitian yang menunjukkan secara umum diet rendah lemak juga bisa membantu penurunan berat badan.
source: http://health.detik.com/read/2012/12/13/143814/2117626/1413/diet-tlc

Aturan Diet TLC

Secara umum, kira-kira seperti ini aturan diet TLC:
  • Anda boleh mengonsumsi 25-35 persen asupan lemak, terutama lemak tak jenuh.
  • Sebanyak 10 persen lemak tak jenuh yang dikonsumsi sebaiknya merupakan jenis lemak tak jenuh tunggal.
  • Asupan lemak jenuh tidak boleh melebihi tujuh persen.
  • Jangan mengonsumsi kolesterol lebih dari 200 mg setiap hari.
source: http://www.merdeka.com/sehat/turunkan-kolesterol-dengan-diet-tlc/pengertian.html
source: http://www.vemale.com/kesehatan/72697-tlc-diet-diet-khusus-penurun-kolesterol.html
  • Asupan sodium tidak boleh melebihi 2400 miligram per hari.
  • Diet harus diikuti dengan aktivitas fisik secara teratur, 30 menit per hari.
source: http://www.healthbeckon.com/tlc-diet/

Bagaimana Cara Kerja Diet TLC?

source: http://tlcdiet.org/
Dilansir dari healthbeckon.com, diet TLC bertujuan untuk menurunkan kadar lemak jenuh yang juga akan menurunkan kadar kolesterol. Dengan mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh, diet ini dapat menjaga kadar kolesterol dalam batas-batas normal. Untuk menjaga tingkat kolesterol, asupan kalori harus 2.500 kalori perhari untuk pria, sedangkan untuk wanita 1.800 kalori per hari. Oleh karena itu, konsumsi makanan berlemak seperti mentega dan daging perlu dibatasi. Kadar kolesterol harian tidak boleh melebihi 200 miligram per hari. Untuk menurunkan berat badan, dibutuhkan asupan 1.600 kalori per hari untuk pria, sedangkan wanita 1.200 kalori per hari.

Manfaat Diet TLC

source: http://www.thecherryshare.com/food/easy-to-follow-heart-healthy-diet-tips.-1812
1. Kesehatan Jantung
Dikenal dengan diet yang ramah dengan jantung karena berfokus hanya pada buah-buahan, sayuran dan biji-bijian dengan sedikit atau tanpa garam. Diet TLC telah terbukti sangat efektif untuk mengobat serta mencegah penyakit kardiovaskular.
source: http://www.healthbeckon.com/tlc-diet/
source: http://newdiabetesmedication.blogspot.com/2014/08/diabetes-2-diet-and-exercise.html
2. Diabetes
Menurut penelitian yang terdapata di dalam Journal of Atherosclerosis and Thrombosis, diet TLC sangat efektif dalam menurunkan kadar insulin pada orang yang menderita kolesterol tinggi. Hal ini sangat penting untuk mencegah kemungkinan diabetes tipe 2.
source: http://www.healthbeckon.com/tlc-diet/
source: http://healthmeup.com/photogallery-healthy-living/weight-loss-should-you-follow-eat-clean-diet/19450/2
3. Menurunkan Berat Badan
Target utama diet TLC bukan penurunan berat badan melainkan menurunkan kolesterol. Tetapi diet TLC dapat menjaga berat badan agar tetap ideal dan menjaga asupan kalori harian.
source: http://www.healthbeckon.com/tlc-diet/

Varian Resep Menu Diet TLC

A Sample Menu for a Low-Fat Diet
source: http://www.health.com/health/gallery/0,,20313653,00.html
10 Easy Low-sodium Recipes for Dinner
source: http://recipes.howstuffworks.com/fresh-ideas/low-sodium-dinners/5-easy-low-sodium-recipes-for-dinner.htm#page=0