Sama seperti pakaian, sepatu juga biasanya memiliki berbagai macam bahan dan model yang berbeda. Hal ini tentunya juga mempengaruhi cara perawatan yang berbeda pula, dan tentunya tidak bisa sembarangan. Sepatu kulit memiliki cara perawatan yang berbeda dengan sandal jepit atau sepatu kanvas. Nah, sebaiknya kamu perlu tahu nh tips dan trik membersihkan berbagai mcam sepatu sesuai model dan bahannya. Sayang kan kalau model sepatu terbaru yang kamu beli nantinya cepat rusak hanya karena salah perawatan?


Sepatu Berbahan Patent Leather


Patent leather adalah bahan kulit yang memiliki tampilan glossy atau mengkilap. Kamu yang punya koleksi heels dengan bahan ini tak perlu khawatir karena cara membersihkan relatif lebih mudah dibandingkan sepatu berbahan kulit. Caranya, kamu bisa mengoleskan petroleum jelly pada sehelai kain dan usapkan pada permukaan sepatu. Untuk membersihkan noda goresan pada sepatu, kamu bisa menggunakan penghapus kutek (nail polish remover) pada bagian yang bernoda.

source: http://us.christianlouboutin.com


Sepatu Berbahan Suede


Bahan beludru atau suede sering diasosiasikan dengan cara perawatan yang rumit karena rentan rusak. Kuncinya, kamu bisa menggunakan suede protector spray sebelum menggunakan sepatu berbahan suede agar tidak rentan rusak ketika kamu pakai keluar ruangan. Hindari juga memakai sepatu suede saat sedang musim hujan atau ketika jalanan basah. Untuk membersihkan sepatu suede, gunakan suede brush untuk menyikat permukaan sepatu dalam keadaan kering. Agar permukaannya tidak rusak, sebaiknya kamu menyikat sepatu dalam 1 arah ya, Ladies!

source: https://www.ebay.co.uk
baca juga


Sepatu Kanvas


Dibanding bahan sebelumnya, bahan satu ini merupakan bahan yang paling mudah untuk dibersihkan. Untuk noda lumpur, kamu bisa menyikat permukaan sepatu dengan menggunakan sikat gigi dan bilas dengan air. Setelah noda-noda mulai pudar, kamu bisa mencuci sepatu kanvas dengan mesin cuci. Kuncinya, jangan lupa perhatikan instruksi pada label sepatu ya! Selain dengan mesin cuci, kamu juga bisa menggunakan baking soda atau sabun untuk menuccinya dengan tangan.

source: https://guide.alibaba.com


Sepatu Olahraga


Mencuci sepatu olahraga juga relatif mudah dan bisa dilakukan sendiri. Jika banyak noda membandel, kamu bisa sikat terlebih dahulu dengan menggunakan sikat gigi dan deterjen. Jangan lupa juga cuci bagian tali sepatu dengan deterjen. Banyak sepatu olahraga juga bisa dicuci menggunakan mesin cuci, karena itu perhatikan baik-baik instruksi pemakaian dan perawatan yang tertera pada label ya!

source: http://www.ebay.co.uk
baca juga


Sandal Jepit


Sebagai orang Indonesia, kamu pasti punya dan sering memakai alas kaki satu ini. Flip flops atau sandal jepit merupakan alas kaki yang tidak hanya praktis saat dipakai, tetapi juga praktis saat dibersihkan. Kamu bisa menyiram sandal jepit dengan air hangat, taburkan sedikit baking soda, diamkan selama 5 menit, dan baru sikat dengan menggunakan sikat gigi.

source: http://www.shoesdrawer.com