source: http://www.stylecraze.com/

Komedo adalah salah satu masalah wajah yang paling meresahkan para wanita. Komedo terbentuk akibat adanya kotoran yang tersumbat di pori-pori kulit. Terdapat dua jenis komedo yaitu komedo hitam atau blackheads dan komedo putih atau whiteheads.

Komedo hitam biasanya lebih terlihat, sedangkan komedo putih akan baru akan terlihat ketika permukaan kulit ditekan.Umumnya komedo muncul di hidung atau bisa juga di daerah lain di wajah namum bisanya tidak terlalu terlihat. Meskipun ukurannya kecil, tapi karena jumlahnya banyak tentu jadi akan terlihat dan membuat kamu jadi kurang percaya diri.

Polusi udara, penggunaan make up, atau kebiasaan tidak membersihkan wajah dengan baik sangat mampu memicu munculnya komedo. Karena memang sulit sekali menghindari komedo, paling tidak kamu harus menghilangkan komedo secara rutin. Salah satu cara menghilangkan komedo yang paling praktis adalah menggunakan pore strip. Namun cara menghilangkan komedo yang satu ini terkadang kurang efektif karena salah langkah dalam penggunaannya. Nah, supaya penggunaanya pore strip lebih efektif, ikuti tips berikut ini, yuk!

source: http://www.huffingtonpost.ca/
baca juga

1. Pore strip tidak untuk kulit sensitif
Sebelum menggunakan pore strip kamu harus memastikan terlebih dulu bahwa kulit kamu tergolong bukan kulit sensitif atau rentan alergi. Ketika kamu menggunakan pore strip akan terjadi gesekan di kulitmu, sehingga pada kulit sensitif akan memicu iritasi.

Beberapa kandungan di pore strip seperti menthol dan Polyquaternium 37 juga dipercaya dapat memperburuk tekstur kulit ketika kulit dan pore strip bergesekan saat kamu melepaskan pore strip. Meskipun begitu, pore strip masih aman digunakan bagi kamu yang memiliki kulit normal.

2. Bilas wajah dengan air hangat sebelum pemakaian
Sebelum menggunakan pore strip, bersihkan wajah dan bisa dengan ait hangat. Dengan membilas wajah menggunakan air hangat, pori-pori akan terbuka sehingga komedo lebih mudah terangkat.

3. Gunakan baking soda
Kamu juga bisa menggunakan baking soda agar proses menghilangkan komedo dengan pore strip ini lebih efektif. Cara menggunakannya adalah pertama bersihkan wajah dan bilas dengan air hangat seperti tips yang disebukan sebelumnya, kemudian gosokkan pasta baking soda(baking soda yang sudah dicampur sedikit air) keseluruh bagian yang akan dipasang pore strip selama kurang lebih 20 detik.

Lalu bisa wajah kembali dengan air hangat. Kamu  boleh melewatkan tahap ini jika kulitmu tidak cocok dengan baking soda, beberapa orang mungkin merasa gatal ketika kulitnya terkena baking soda.

4. Pastikan tangan tetap kering
Sesuai petunjuk penggunaannya, hidung kamu yang akan dipasangi pore strip haruslah dalam keadaan basah. Tapi kebalikannya tangamu justru harus dalam keadaan kering. Jika tanganmu juga dalam keadaan basah, ditakutkan pore strip justru akan menempel di tanganmu dan justru akan menjadi susah untuk ditempelkan di hidung. 

5. Jangan gunakan terlalu sering
Jangan beranggapan bahwa semakin sering kamu menggunakan pore strip maka wajahmu akan semakin bersih dari komedo. Cara menghilangkan komedo yang satu ini hanya boleh dilakukan maksimal satu minggu sekali. Jika terlalu sering, bisa timbul iritasi atau penggunaan pore strip menjadi kurang efektif karena terlalu sering digunakan.

6. Aplikasikan pelembab setelah gunakan pore strip
Setelah menggunakan pore stip, pori-porimu masih dalam keadaan membesar. So, jangan lupa untuk mencuci kembali wajahmu menggunakan air dingin supaya pori-porimu mengecil. Jangan lupa untuk aplikasikan pelembab wajah untuk membantu pori-pori segera kembali normal.

source: https://www.scottishwomanmagazine.com/

Nah itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan supaya penggunaan pore strip maksimal. Menggunakan pore strip memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Kalau menggunakannya dengan ceroboh, kita sendiri juga kan yang akan rugi?