Kenapa Make Up Luntur?

Make up luntur disebabkan keringat dan minyak berlebih yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit wajah. Sebagian besar produk make up memiliki kandungan minyak dan minyak tersebut akhirnya bercampur dengan minyak berlebih yang dikeluarkan oleh pori-pori kulit wajah.
source: http://www.ahcswiss.com/column/asemakekuzure.html
Kadar keringat serta minyak berlebih yang dikeluarkan sangat terkait dengan seberapa besar pori-pori kulit terbuka dan juga tingkat pengeringan kulit. Pori-pori wajah yang terbuka lebih banyak mengeluarkan minyak dan keringat bila dibandingkan saat pori-pori wajah tertutup. Saat kulit kering pun, kulit akan berusaha mengeluarkan minyak berlebih untuk mencegah kekeringan pada wajah.
Benar sekali, kelebihan minyak pada wajah cepat membuat make-up luntur, demikian menurut Amy Wirabudi, Pemimpin Redaksi Majalah InStyle Indonesia. Apalagi jika udara panas sekaligus lembab.
source: http://female.kompas.com/read/2012/12/09/14210724/Wajah.Berminyak.Bikin.Make-up.Mudah.Luntur

Perbaiki Rutinitas Perawatan Kulit

Mencuci muka sudah menjadi salah satu kegiatan wajib dalam serangkaian perawatan kulit wajah. Cara mencuci muka yang tepat dapat membantu mengatasi minyak berlebih pada wajah.
Wajah yang berminyak sebenarnya cukup di atasi dengan kebiasaan mencuci muka yang benar. Pada intinya, wajah berminyak akan semakin terlihat lusuh ketika Anda jarang mencuci muka, atau menggunakan produk sabun pencuci muka yang tidak sesuai.
source: http://cararahasia.com/mengatasi-wajah-berminyak-cuci-muka-2462014.html
source: http://www.skincare-univ.com/daily/column/010106/
1. Cucilah tangan terlebih dahulu sebelum mencuci muka.

Penggunaan Base Make Up yang Salah

Foundation atau alas bedak memang merupakan base make up penting yang biasa digunakan untuk menyamarkan ketidaksempurnaan pada wajah seperti bekas jerawat, garis-garis halus, maupun warna kulit yang tidak merata. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaanya.
source: http://www.facetofeet.com/makeup/435/4/5-kesalahan-penyebab-foundation-tidak-bekerja-seperti-yang-kamu-harapkan
Foundation bukanlah hal yang wajib?
Foundation atau alas bedak sendiri bukanlah hal yang wajib, tergantung pada kondisi kulit dan selera pemakai. Bagi wanita dengan kulit yang berminyak, disarankan tidak menggunakan alas bedak karena sebagian besar foundation mengandung olive oil atau minyak zaitun. Menggunakannya dapat menambah kadar minyak di permukaan wajah.
source: http://gaya.tempo.co/read/news/2012/03/04/110387883/Rahasia-Agar-Make-Up-Bertahan-Sepanjang-Hari
Untuk menyiasati hal tersebut, kamu perlu cermat dalam pemilihan foundation. Salah satunya adalah dengan memilih matte foundation.
source: http://www.marieclaire.co.uk/beauty/best/13867/9/foundations-for-oily-skin.html#index=4
Matte foundation. Sangat cocok untuk kulit berminyak karena tidak mengandung minyak. Namun ingat, matte foundation juga cepat kering. Oleh karena itu jangan pernah mengaplikasikan foundation jenis ini terlalu tebal.
source: http://female.kompas.com/read/2010/11/11/10225316/10.jenis.foundation.yang.perlu.anda.tahu
Selain foundation kamu juga perlu memperhatikan pemakaian primer. Primer dapat digunakan untuk menjaga ketahanan foundation lebih lama, tetapi penggunaan yang berlebihan memiliki efek yang sebaliknya.
source: http://www.facetofeet.com/makeup/435/3/5-kesalahan-penyebab-foundation-tidak-bekerja-seperti-yang-kamu-harapkan
Meskipun penggunaan primer berfungsi untuk membantu memperlama ketahanan pemakaian foundation, tapi menggunakannya secara berlebihan justru dapat memberikan efek yang sebaliknya. Primer yang terlalu banyak dapat menyebabkan foundation mudah luntur. Gunakan primer secukupnya pada bagian wajah yang memerlukannya seperti pada area T-zone.
source: http://www.facetofeet.com/makeup/435/3/5-kesalahan-penyebab-foundation-tidak-bekerja-seperti-yang-kamu-harapkan

Gunakan Bedak Tabur untuk Mengunci Make Up

Gunakan bedak tabur pada area-area wajah yang sering bergerak seperti pada daerah mata agar riasan tahan lebih lama.
source: https://locari.jp/posts/27874?utm_content=content-categorised
Mengaplikasikan bedak sebelum menggunakan riasan mata seperti eyeliner atau eye shadow akan membuat riasan tahan lebih lama.
source: http://tips-cara.info/make-up-agar-tahan-lama/
Selain untuk riasan mata, bedak tabur juga dapat dimanfaatkan agar warna lipstik tahan lebih lama di bibir.
source: http://lifestyle.liputan6.com/read/2218373/tips-cara-pakai-lipstik-agar-warna-tahan-lama
Selain berfungsi sebagai foundation agar wajah tampak tidak berminyak, bedak juga dapat membantu membuat warna lipstik tahan lebih lama. Pertama, ambil selembar tissue dan pisahkan layer tissue satu sama lain. Kedua, letakan 1 layer tissue pada bibir. Ketiga, dengan kuas yang sudah dibubuhi bedak, sapukan kuas ke atas bibir yang dilapisi tissue.
source: http://lifestyle.liputan6.com/read/2218373/tips-cara-pakai-lipstik-agar-warna-tahan-lama
Dengan selalu memperhatikan kondisi kulit wajah, pemilihan produk yang tepat, serta trik make up yang benar maka kamu tidak perlu takut lagi akan permasalahan make up luntur. :)