Physical vs Chemical Exfoliator

Sebelum masuk kedalam tema pembahasan, kamu harus mengtahui terlebih dahulu apa itu Physical Exfoliation dan Chemical Exfoliator? Physical Exfoliation dan Chemical Exfoliator adalah proses pengangkatan sel kulit mati. Meskipun punya tujuan yang sama, namun perbedaan signifikan diantara keduanya adalah pada proses treatment.

Physical Exfoliation merupakan proses penggangkatkan sel kulit mati dengan melakukan kontak fisik dan menggunakan alat bantu. Contoh Physical Exfoliator adalah mengangkat sel kulit mati dengan menggunakan sponge atau sikat mandi dengan cara menggosoknya ketubuh. Adapun alat lainnya bisa berupa sabun scrub yang identik dengan tekstur yang berpasir dan kasar.

Chemical Exfoliator merupakan proses pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan produk skincare seperti toner atau lotion pada umumnya. Untuk proses pengangkatan, toner yang memiliki kadar enzim tinggi yang berguna untuk memacu pertumbuhan sel kulit baru.
 

source: https://journal.sociolla.com

Nah, pertanyaan adalah diantara kedua proses diatas, yang mana proses yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu?

Pada dasarnya setiap orang punya jenis kulit yang berbeda, so berikut perbandingan antara Physical Exfoliation dan Chemical Exfoliator untuk kebutuhan kulit kamu.

 

Physical Exfoliation

Physical Exfoliation bisa menjadi cara menghilangkan bekas jerawat yang masih tersisa. Umumnya, penyebab bekas jerawat yang sulit hilang bisa disebabkan karena terlalu banyaknya sel kulit mati yang menumpuk sehingga pertumbuhan sel kulit batu para permukaan kulit menjadi terhambat.

So, untuk mengatasi hal tersebut, Physical Exfoliation bisa menjadi cara menghilangkan jerawat yang cukup ampuh Selain itu, Physical Exfoliation juga merawat kesehatan sekaligus mencerahkan warna kulit kamu.

 
source: http://dailypost.ng

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk melakukan proses Physical Exfoliation kamu bisa menggunakan scrub/lulur sebagai treatment. Tips : Berikan pijatan yang sedikit keras agar proses pengangkatan sel kulit mati lebih maksimal hasilnya.

 

baca juga

Chemical Exfoliator

Buat kamu yang punya jenis kulit sensitif, Chemical Exfoliator bisa menjadi cara menghilangkan jerawat dan menghilangkan flek hitam paling cocok. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, proses physical Exfoliation menggunakan alat dan scrub bertekstur kasar yang akan mudah melukai kulit sensitif kamu.

source: http://www.alyyce.com

So, solusi untuk kamu yang memiliki jenis kulit ini adalah dengan menggunakan proses Chemical Exfoliator (soft treatment)  untuk mengatasi permasalahan kulit seperti menghilangkan bekas jerawat yang membandel dan menghilangkan flek hitam (bintik hitam di wajah).