Apa Itu Cacao Nibs?

Banyak yang mengatakan memakan cacao nibs rasanya sama dengan memakan biji cokelat, tapi dengan manfaat kesehatan yang lebih baik. Mengapa bisa begitu?
source: http://sweets.seriouseats.com/2010/06/what-to-do-with-cocoa-nibs-recipes-chocolate.html
Cacao nibs terbuat dari biji kakao yang telah melalui proses pengeringan alami, dipanggang dan dihancurkan. Karena melalui proses pengolahan yang minimum, gizi yang dikandung sama dengan gizi pada biji kakao itu sendiri. Cacao nibs juga banyak mengandung polifenol dan antioksidan, sehingga dipercaya dapat membuat kulit makin cantik dan memiliki efek anti-aging.
source: http://trilltrill.jp/beauty/articles/18203
Cacaos nibs adalah wujud cokelat yang paling alami. Karena minim proses pengolahan dan tidak ditambahkan gula, rasa pahitnya terasa sangat khas dan agak mirip dengan kacang.
source: http://www.lifehack.org/articles/lifestyle/7-health-benefits-cocoa-nibs.html
Oke, secara rasa kurang lebih sama dengan dark chocolate. Lalu bagaimana dengan manfaatnya?

Kaya Akan Serat

Serat yang tinggi pada cacao nibs dapat memperlancar pergerakan usus bahkan membantu permasalahan perut seperti sembelit. Hal ini juga dapat mengontrol tekanan darah dan gula darah dalam tubuh sekaligus mengurangi kadar kolestrol.
source: http://grosirobatherbal.co.id/tips-memperlancar-pencernaan/

Mencegah Anemia

Selain serat, cacao nibs juga kaya akan kandungan mineral, magnesium dan zat besi. Kalau Minasan rutin mengkonsumsi cacao nibs, ucapkan selamat tinggal pada anemia bulanan!
source: http://www.womansworld.club/anemia-of-woman/

Menjaga Kesehatan Mulut

Tahukah Minasan bahwa cacao nibs juga mengandung antimikroba bahkan lebih baik dibandingkan teh hijau atau teh oolong? Dengan antimikroba, bau mulut dapat teratasi serta dapat mencegah perkembangan plak atau kerusakan gigi lainnya.
source: http://www.all4women.co.za/300134/health/dental-health/kiss-bad-breath-goodbye

Pengganti Camilan yang Sehat

Kelebihan cacao nibs adalah proses pengolahannya yang minimum. Walaupun begitu cacao nibs dapat dimakan tanpa perlu diolah lebih lanjut sebagai camilan yang sehat. Karena tidak mengandung garam, gula maupun zat-zat yang dapat membangkitkan nafsu makan, cocok sekali untuk camilan sehat di saat diet!
source: http://nutritioncpr.com/sitecontent/2015/02/01/chocolate-and-hearts-a-healthy-relationship/

Mood Booster

Masih ingat kan cokelat dapat memperbaiki mood dan merasa lebih bahagia? Karena cacao nibs juga berasal dari bahan mentah yang sama dengan cokelat, Minasan juga akan merasakan manfaat yang sama dalam bentuk yang lebih sehat!
source: http://youqueen.com/life/health/why-chocolate-is-good-for-your-health/

Mudah Dikonsumsi

Makanan sehat pasti identik dengan proses pengolahan yang ribet dan sulit. Jangan salah! Mengkonsumsi cacao nibs justru mudah sekali. Minasan bisa memakannya langsung, menaburkannya pada di atas milkshake rendah gula favorit Minasan, atau ditaburkan di atas biskuit diet bikinan sendiri sebagai pengganti choco chip di saat diet.
source: http://thefrostedvegan.com/2014/01/17/dark-chocolate-cocoa-nib-banana-smoothie/
Wah ternyata cacao nibs ini hampir sama dengan dark chocolate, tapi dengan segudan manfaat lainnya. Yuk, segera cari cacao nibs di toko makanan sehat langgananmu!