1. Bersihkan Mata Dengan Eye Make Up Remover

Untuk membersihkan make up pada area mata gunakanlah produk khusus berlabel "eye make up remover" karena area mata merupakan area dengan kulit yang sensitif. Yang termasuk eye make up adalah maskara, eye shadow dan eyeliner. Usapkan juga cleansing oil setelahnya untuk membersihkan permukaan kulit di sekitar mata.
source: http://www.gbtyl.com/best-eye-makeup-remover.html/eye-makeup-remover
Jangan menggosok sambil menarik terlalu berlebihan pada kulit mata Anda, karena akan menyebabkan iritasi pada kulit. Jika riasan mata cukup sulit untuk dibersihkan, cobalah pembersih khusus makeup dengan oil base, supaya lebih mudah dalam membersihkannya dan tidak membuat kulit kering.
source: http://skin.co.id/5-cara-membersihkan-makeup-dengan-benar/
Penting untuk membersihkan make up pada area mata dengan benar untuk mencegah penuaan dini dan timbulnya garis-garis halus atau kerutan pada mata.

2. Buka Pori-Pori Dengan Steam Wajah

Foundation dan bedak dapat mengisi pori-pori dan menutupi kekurangan pada wajah. Tapi di satu sisi, sisa-sisanya dapat menyumbat pori-pori wajah jika tidak dibersihkan dengan benar. Ambillah baskom yang diisi air panas dan dekatkan wajah Minasan selama beberapa detik pada uap panas hingga kulit terasa hangat, tutupi dengan handuk selama beberapa saat.
source: https://putriazhari.wordpress.com/2014/10/26/cara-menghilangkan-jerawat-dan-bekasnya/
Steam wajah ini berguna untuk membuka pori-pori wajah, dan mengeluarkan sisa-sisa make up yang ada di pori-pori kulit, sehingga lebih mudah dibersihkan.
source: http://caramenghilangkanjerawatalananospray.blogspot.com/2015/05/cara-yang-benar-membersihkan-make-up-di-wajah.html

3. Awali Proses Cleansing dari T-zone

Tuangkan cleansing milk pada kapas dan usapkan pada daerah T-zone, yaitu area dahi hingga ke hidung. Daerah ini merupakan daerah yang produksi minyaknya paling tinggi sehingga perlu dibersihkan terlebih dulu. Bersihkan dengan gerakan melingkar untuk mengangkat kotoran pada dahi, dan gerakan naik turun pada hidung. Setelah area dahi dan hidung bersih, lanjutkan membersihkan area bawah mata, pipi, bibir dan sekitarnya.
source: http://obsession.pk/2014/09/03/remedies-to-care-for-combination-skin-type/
Fungsi milk cleanser adalah membantu membersihkan kotoran yang larut dalam lemak, antara lain sisa sisa make up. Jika Anda menggunakan make up yang cukup tebal, Ada mungkin membutuhkan tambahan make up remover. Selain itu milk cleanser juga dapat membantu mengatasi kulit yang kering sehingga mutlak digunakan pada kulit kering dan pada usia tua.
source: http://favouritebeautycare.com/product/cleansing/

4. Besihkan Wajah Dengan Facial Wash

Belum cukup sampai di sini saja, Minasan harus melanjutkan langkah berikutnya yaitu mencuci wajah dengan facial wash! Gunakan facial wash pada seluruh wajah dengan gerakan melingkar untuk mengangkat sisa-sisa make up yang tidak terangkat pada langkah sebelumnya. Bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit wajah dan mencegah kotoran masuk kembali ke dalam lapisan kulit. Gunakan facial wash yang sesuai dengan kondisi kulit Minasan, ya!
source: http://beauty.yahoo.co.jp/beauty/articles/180246
Untuk jenis wajah kering, sebaiknya gunakan facial wash yang berbentuk krim dan mengandung pelembab yang tinggi. Sementara bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan facial wash yang mengandung busa dan berbentuk gel.
source: https://blog.tokopedia.com/2014/09/9-kesalahan-yang-sering-kamu-lakukan-saat-mencuci-wajah/

5. Jangan Lupakan Toner

Walaupun Minasan merasa sisa make up sudah terangkat, penting untuk memakai toner agar dapat mengangkat sisa-sisa sabun yang belum terangkat sempurna dari kulit. Selain itu, mencuci wajah juga bisa membuat kulit wajah terasa kering sehingga memakai toner juga berguna untuk melembabkan dan mengembalikan pH kulit kulit wajah seperti semula.
source: http://royalbeautycares.blogspot.com/2013/11/do-you-need-to-use-toner.html
Toner penting untuk mengangkat sisa pembersih, makeup, sel-sel kulit mati, dan debu yang tersisa dan tidak berhasil dibersihkan oleh pembersih wajah. Fungsinya mirip pembilasan pada pencucian baju. Setelah pencucian baju, tentau butuh dibilas, kan?
source: http://www.beritasatu.com/fashion/64889-pentingkah-penggunaan-toner-dalam-perawatan-kulit-wajah-harian-.html

6. Segera Oleskan Pelembab

Kulit tidak dapat bernafas selama Minasan menggunakan make up. Gunakan pelembab pada langkah akhir agar kulit Minasan memiliki kesempatan untuk 'bernafas' terutama di malam hari. Kulit yang bersih dan lembab tentu akan membuat wajah kita terlihat lebih cerah, segar dan bercahaya bukan?
source: http://lifestyle.liputan6.com/read/2233275/begini-cara-yang-benar-saat-memakai-pelembab
Make up dapat menyebabkan kulit menjadi kering, oleh karena itu agar kulit wajah selalu terjaga kelembabannya, oleskan pelembab setelah wajah dibersihkan.
source: http://caramenghilangkanjerawatalananospray.blogspot.com/2015/05/cara-yang-benar-membersihkan-make-up-di-wajah.html
Kalau Minasan rajin membersihkan make up sesuai dengan langkah-langkah di atas, tak perlu khawatir lagi wajah berjerawat atau pori-pori tersumbat karena make up!