Senbei

Senbei adalah makanan ringan asal Jepang yang dibuat daritepung beras atau tepung serealia yang lain. Makanan ringan ini bisa berbentukbundar, persegi, atau persegi panjang yang pipih, dan dimatangkan dengan cara dipanggang hingga berwarna kuning keemasan. Dibandingkan kerupuk, senbei jauh lebih tebal, dan berukuran lebih besar daripada okaki atau arare. Walaupun jenis senbei tertentu rasanya manis, rasa senbei umumnya sedikit asin karena diberi garam (rasa selada). Variasi rasa senbei yang umum adalah senbei rasa miso, rasa kecap asin, dan rasa wijen. Senbei rasa kecap asin yang dibungkus dengan nori atau diberi nori pada permukaannya disebut nori senbei.
source: http://id.wikipedia.org/wiki/Senbei
source: http://id.wikipedia.org/wiki/Senbei
source: http://id.wikipedia.org/wiki/Senbei
source: http://openmindedwomen.blogspot.com/2012/05/yuk-coba-jajanan-khas-jepang.html

Melonpan

Melonpan atau ditulis melon pan adalah roti manis dari Jepang berupa roti berlapis adonan biskuit (kue kering) di atasnya. Meskipun disebut roti melon, roti ini sama sekali tidak rasa melon, hanya saja bentuknya bundar serta bagian atas roti mirip kulit melon. Bagian atas roti ini renyah dan garing berkat adanya adonan biskuit yang diletakkan di atas roti sebelum dipanggang. Adonan biskuit dibuat dari telur, terigu, gula pasir, dan mentega. Melonpan berasal dari kata melon (bahasa Inggris) dan pan, bahasa Portugis untuk roti.
source: http://id.wikipedia.org/wiki/Melonpan
source: http://id.wikipedia.org/wiki/Melonpan

Hiyayakko

Bahan utama dalam membuat hiyayakko adalah tofu dingin. Tofu yang lazim digunakan ada dua macam, yaitu kinogoshi dofu atau tahu sutra yang memiliki tekstur licin dan lembut serta momen dofu alias tahu biasa. Tofu ini kemudian disajikan segar dengan topping di atasnya dan dimakan sebagai pendamping nasi atau sebagai cemilan saat minum bir.
source: http://renopedia.blogspot.com/2011/05/hiyayakko.html
source: http://renopedia.blogspot.com/2011/05/hiyayakko.html
source: http://renopedia.blogspot.com/2011/05/hiyayakko.html

Kakigori

Kakigori adalah dessert Jepang yang terbuat dari es serut dengan sirup. rasa yang populer adalah: teh stroberi, ceri, lemon, hijau, anggur, melon, biru-Hawaii plum manis, dan sirup berwarna. Beberapa toko menyediakan variasi dengan menambahkan dua atau lebih sirup berbeda. Untuk mempermanis Kakigori, susu kental sering dituangkan di atasnya. Kakigori dibuat secara tradisional dengan menggunakan alat pengeruk es yang digerakkan oleh tangan.
source:
source: http://kawaiibeautyjapan.com/article/737/makanan-festival-jepang

Kintsuba

Kintsuba atau kintsubayaki adalah kue Jepang golonganwagashi berupa selai kacang merah dibungkus terigu. Adonan pembungkus selai kacang merah dibuat dari terigu yang diencerkan dengan air lalu diulen menjadi lembaran tipis. Kue ini biasanya berbentuk bundar, dan permukaannya dipanggang di atas pelat (wajan datar) yang sudah diolesi minyak goreng.
source: http://id.wikipedia.org/wiki/Kintsuba
source: http://www.delectablehodgepodge.com/recipes/kintsuba.html
source: https://cookpad.com/us/recipes/167846-sakura-blossom-kintsuba
Itulah kelima makanan ringan khas Jepang yang juga populer di negeri asalnya, Jepang. Yuk, dicoba kelezatan makanan ringan khas Jepang tersebut!